Apa itu AIDA Pengertiannya (Attention, Interest, Desire, Action)

Apa itu AIDA – Dunia marketing saat ini sudah juga beralih ke dunia digital, pemasaran melalui website dan juga sosial media sangat dibutuhkan sekarang ini. Pernah denger istilah AIDA? Kalo dalam dunia marketing ini merupakan sebuah singkatan. Kepanjangannya adalah Attention, Interest, Desire, Action.

Keputusan seseorang untuk membeli suatu barang ditentukan dalam 4 tahap yaitu ada Attention, Interest, Desire, Anction. Dalam tahapan ini biasanya orang akan membeli produk anda atau sebuah produk, dimana orang tidak mungkin membeli produk tanpa tertarik ataupun tau produk tersebut.

Apa itu AIDA Penjelasannya dan tahapannya !

Apa itu AIDA

Apa itu AIDA

Nah kalau masih belum tau, saya beri penjelasan singkat mengenai ke 4 hal tersebut:

  • Attention

Attention adalah awal dimana kita memulai untuk memasarkan dan memberitahukan produk kita kepada pelanggan kita atau orang. Ini sangat penting, karena tanpa melalui promosi kita tidak akan dikenal oleh pelanggan kita. Cara promosi di era digital sekarang ini bisa melalui website, sosial media atau media elektronik lainnya.

  • Interest

Interest artinya pembeli tertarik atau mulai tertarik dengan produk kita dan ingin tau lebih mengenai produk kita. Ini saatnya untuk memberikan informasi manfaat apa yang didapatkan dari produk kita.

  • Desire

Desire adalah tahap dimana pembeli sudah mulai tertarik untuk membeli, tetapi masih ragu-ragu entah karena ada produk pesaing yang menjadi pembandingnya atau karena harganya. Nah karena itu kita harus dapat meyakinkan pelanggan bahwa produk kita ini memiliki manfaat lebih apa dari pesaing kita. Anda juga bisa memberi penawaran khusus jika pelanggan anda membeli hari itu misalnya.

  • Action

Nah setelah pelanggan yakin maka dia akan action untuk membeli barang anda. Setelah itu anda tetap harus menjaga relasi dengan pelanggan anda. Tidak menuntut keungkinan bahwa pelanggan akan datang lagi untuk membeli produk anda. Jadi berikan pelayanan terbaik agar pelanggan senang, karena pelayanan adalah salah satu penilaian mereka.

Aida menjadi salah satu teknik marketing didunia digital yang sedang berkembang dan wajib anda ketahui !

Baca juga: Psikologi warna untuk marketing dan branding

Nah Aida sendiri juga memiliki copywriting yang harus dipelajari agar dapat diterapkan pada artikel blog anda !

Sedikit saja saya bahas di artikel ini, jadi Attention misalnya:

Kita harus mempelajari atau melihat data terlebih dahulu bahwa manusia itu melihat sesuatu atau gambar adalah 4 detik lalu memutuskan apakah hal itu menarik atau tidak untuk dilihat. Karena itu buatlah gambar, judul atau heading yang menarik agar pelanggan ingin membaca !

Kemudian setelah itu anda harus memberikan kata-kata yang singkat padat jelas agar dapat persuasif dengan pengunjung anda !

Jika anda tertarik untuk membaca selengkapnya bisa kunjungi link dibawah ini:

Baca juga:

Leave a Reply