Cara Melihat Data Instagram Business

(Last Updated On: March 13, 2018)

Cara Melihat Data Instagram – Apakah Anda memiliki akun bisnis instagram ? Bingung bagaimana menganalisis dan melihat aktivitas Instagram Anda ? Pada artikel ini, Anda akan menemukan cara menggunakan Instagram Insight untuk mengevaluasi pengikut, pos, cerita, dan promosi Anda.

Apa itu Instagram Insight ? | Cara Melihat Data Instagram

Instagram insights adalah alat analisis asli yang menyediakan data tentang demografi dan tindakan pengikut, serta konten Anda. Informasi ini dapat membantu anda untuk membandingkat konten, mengukur iklan dan melihat kinerja masing masing postingan anda di instagram.

Untuk mengakses instagram insights, anda memerlukan akun bisnis. Jika anda mengubah akun pribadi ke akun bisnis, Anda akan melihat ikon di konten anda. Jika ada mengembalikan akun anda ke akun pribadi maka anda akan kehilangan ikon tersebut dan datanya juga.

Anda dapat menemukan data wawasan di tiga tempat yang berbeda di aplikasi Instagram. Untuk mengakses data di akun instagram anda, tinggal klik saja ikln yang ada di sudut kanan layar atas anda.

Cara Melihat Data Instagram

Cara Melihat Data Instagram

Untuk melihat analisis data setiap post, klik saja post yang ingin anda lihat datanya kemudian klik insight di pojok kiri bawah.

Cara Melihat Data Instagram

Untuk lihat melihat data mengenai stories anda, anda bisa buka stories yang mau anda lihat datanya kemudian klik di kiri bawah, akan ada tulisan seen by … people

Cara Melihat Data Instagram

Insight menampilkan ringkasan data untuk konten yang telah anda post dalam 7 hari terakhir. Dibagian atas, cari tau beberapa jumlah pengikut total yang anda miliki dan yang anda dapatkan dalam 7 hari terakhir.

Anda juga dapat melihat jumlah total posting yang anda miliki di akun anda dan berapa banyak yang telah anda tambahkan di minggu sebelumnya.

Cara Melihat Data Instagram

Scroll kebawah untuk melihat serangkaian grafik batang yang merupakan total penayangan, jangkauan, dan tampilan profil selama 7 hari terakhir. Geser untuk melihat klik situs web dan klik tombol call to action atau CTA

Cara Melihat Data Instagram

Explore demografi dan perilaku follower Anda

Di bagian insight, scroll kebawah kebagian followers untuk melihat ringkasan demografi followers anda, termasuk jenis kelamin, kelompok usia, dan lokasi. Perhatikan bahwa anda memerlukan setidaknya 100 pengikut untuk dapat bisa melihat data ini.

Cara Melihat Data Instagram

Klik see more untuk membuka halaman dengan grafik yang memecah demografi pengikut secara lebih rinci. Anda dapat mengelompokan data pengikut dengan:

  • Jenis Kelamin
  • Rentang usia
  • lokasi
  • waktu online

Informasi tersebut dapat membantu anda untuk lebih dapat memahami siapa pengikut anda sehingga anda dapat menilai target iklan anda atau postingan anda. Selain itu juga insight dapat memberikan anda informasi mengenai penargetan ikla instagram anda.

Misal, jika anda ingin menjangkau orang yang mirip dengan pengikut anda, targetkan demografi pengikut anda saat ini.

Di bagian bawah pengikut, anda akan melihat 2 grafik dimana menunjukan kapan pengikut anda paling aktif. Pada grafik pertama cari tahu kapan pengikut atau followers anda online setiap hari.

Cara Melihat Data Instagram

Dan grafik kedua untuk mengetahui hari mana pengikut anda kemungkinan besar akan online.

Dari 2 grafik tersebut anda bisa melihat pola di waktu dan hari pengikut anda online sehingga anda dapat memposting konten pada waktu yang tepat agar dapat memaksimalkan jagkauan dan keterlibatan.

Selain itu, membuat jadwal posting yang paling mencerminkan saat audiens anda online.

Lihat data untuk postingan anda

Instagram memungkinkan anda melihat data untuk beberapa posting sekaligus atau melihat metriks setiap postingan. Filter data post menurut jenis konten, metrik, dan waktu. Bagian post dari Insight menunjukan 3 entri terakhir anda.

Cara Melihat Data Instagram

Klik see more untuk melihat postingan tambahan.

Secara default, bagian post menunjukan jumlah total tayangan untuk semua postingan anda dapat satu tahun terakhir. Post insishgt instagra ini diurutkan berdasarkan tayangan.

Cara Melihat Data Instagram

Untuk mengelompokan data ini, klik salah satu tautan biru di bagian halaman dan pilih filter berikut:

  • Content type
  • Measurement ( egangement, comment, impression, likes, dan reach)
  • times

Filter posting di instagram memberi anda data yang relevan untuk mengukur sasaran, iklan, dan konten agar dapat hasil yang memuaskan.

Cara Melihat Data Instagram

Sasaran yang dapat anda ukur untuk jangka waktu tertentu adalah:

  • Engagement (komentar atau likes)
  • Impression and reach
  • Ratio of engagement
  • Mengukur sasaran iklan

Data ini juga dapat membantu anda mengindentifikasi psoting yang berhasil dan tidak berhasil di sukai atau tidak oleh followers anda. Misal anda mungkin menemukan audeins anda terlibat lebih banyak dengan foto produk dengan orang-orang daripada sekedar produk saja.

Cara Melihat Data Instagram

Cara Melihat Data Instagram

Menganalisa instagram stories data

Anda dapat mengakses insight untuk instgram stories juga dari homepage insight atau langsung dari sebuah posting cerita individu anda.

Melihat wawaan untuk beberapa cerita, jika anda mengakses data cerita dari beranda wawasan, anda dapat melihat semua postingan stories selama 2 minggu terakhir. Pandangan ini hanya menunjukan data secara keseluruhan. Anda tidak bisa klik masing-masing psotingan.

Cara Melihat Data Instagram

Cara Melihat Data Instagram

Secara default instagram menunjukan data tayangan untuk stories anda. Data Stories instagram anda akan diurutkan berdasarkan tayangan. Klik salah satu tautan biru dibagian atas halaman untuk memfilter data stories anda berdasarkan waktu dan tindakannya.

  • Taps forward
  • Taps back
  • Exits
  • Replies
  • Swipes away
  • Instagram Insight stories

Analisis ini untuk mengetahui data konten cerita apa yang relevan dengan followers anda dan konten apa yang menyebabkan mereka keluar atau tidak melihat postingan anda.

Semoga artikel Cara Melihat Data Instagram bisa bermanfaat untuk nda dan dapat menambah wawasan anda untuk mengembangkan bisnis anda.

 

 

 

Leave a Reply