Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram Marketing !

(Last Updated On: September 6, 2018)

Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram – Di jaman yang sudah semakin maju ini sosial media tidak hanya lagi dijadikan wadah atau media untuk membagikan status pribadi tetapi juga sudah digunakan untuk menjual sesuatu dan menjadikan bisnis. Salah satu media sosial yang sedang naik daun dan banyak digunakan adalah sosial media instagram.

Sekarang ini Instagram adalah sosial media yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis anda. Sampai saat ini pengguna instagram sudah pencapai ratusan juta bahkan hampir menyemtuh angka milyar dan likes yang diberikan bisa mencapai ratusan juta.

Instagram adalah aplikasi sosial media yang populaer karena fitur berbagi foto dan videonya, sehingga saat ini instagram banyak digemari oleh orang dan ini bisa anda ambil sebagai kesempatan untuk membangun bisnis anda dengan cara menggunakan instagram untuk menampilkan produk usaha anda.

Pasti banyak dari anda yang bertany bagaimana caranya sih membangun bisnis lewat instagram, dan apkah itu bisa berhasil ? Nah karena itu saya akan membahasnya secara mendalam disini !

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis | Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

Jika bisnis Anda belum memiliki akun Instagram for Business, Anda bisa mendaftarkan diri dengan gampang.

  1. Download aplikasi Instagram (dari App Store jika Anda menggunakan iOS, Google Play Store dari Android, dan Windows Phone Store untuk device Windows). Setelah aplikasi terinstal di handphone Anda, Anda tinggal membuka aplikasnya.
  2. Pilih Sign Up , masukkan alamat email Anda, dan klik Next . Anda juga bisa login dengan menggunakan akun Facebook Anda.
  3. Setelah Anda masuk ke dalam aplikasi, pilih Settings , dan scroll ke bawah sampai Anda menemukan Switch to Business Account.
  4. Setelah Anda mengubah akun Anda menjadi akun bisnis, Anda tinggal memasukkan informasi penting seperti waktu bisnis, alamat bisnis, dan nomor telepon bisnis Anda.

Mudah bukan? Sebelum masuk untuk teknik pemasarannya ada baiknya anda mengoptimalkan akun anda terlebih dahulu dengan cara dibawah ini:

Profile Instagram

Setelah anda memiliki akun instagram, anda bisa setting profile anda termasuk foto dan juga username. Karena ini akan sangat berpengaruh terhadap search instagram anda. Gunakan foto profile yang bagus dan username yang mudah untuk diingat !

Kemudian anda bisa set bio anda untuk memberi keterangan terhadap akun instagram anda atau memberikan tawaran kepada followers istagram anda.

Follow akun Instagram lainnya

Sebelum anda mulai untuk mengisi instagram anda, ada baiknya untuk memfollow instagram lainnya agar terlihat aktif terlebih dahulu. Misal anda dapat follow teman anda terlebih dahulu dan meminta untuk di follback. Jangan lupa juga untuk mempromosikan username Instagram Anda di website Anda dan profil social media lainnya untuk cross-promotion.

Jika anda belum punya website dan ingin belajar membuat website bisa klik gambar dibawah ini:

Membuat Authority Blog

Membuat Authority Blog

Membuat Konten Instagram | Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

Setelah anda memiliki akun bisnis, kemudian taham berikutnya adalah anda harus mengatur konten yang anda buat.

Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

  • Waktu posting

Rajin posting dengan waktu teratur adalah hal yang sangat penting di instagram, saya sudah mencoba ini dan itu berkerja selain mendapatkan banyak followers juga mendapatkan banyak insight dari luar.

Anda bisa mgantur jadwal psoting dengan tools yang sanagt keren dan sudah saya coba sendiri yaitu celebgramme. Anda bisa menghasilkan banyak followers dengan hanya menggunakan tools keren ini.

Dapatkan harga spesial seakrang! klik Gambar! dibawah:

Cara Mendapatkan Followers Instagram

Cara Mendapatkan Followers Instagram

  • Konten yang bertema

Pilihlah jenis konten yang anda akan posting misal anda memiliki instagram dengan tema kopi, maka postinglah biji2 kopi, tips bagaimana cara memilih biji kopi, cara me roasting biji kopi, jenis biji kopi dan setersunya sehingga konten anda bertema dan terstruktur dengan baik.

  • Design instagram anda

Selain membuat konten yang terstruktur dan menarik anda juga harus mendesign style instagram anda dengan baik pula, misal nda membuat design foto 3×3 untuk promosi banner. atau anda bisa membuat konten file video yang menarik.

Anda bisa mencari referensinya di google. Karena banyak sekali dan itu tergantung dari kreatifitas anda.

  • Riset Kata kunci hashtag #

Yang terakhir adalah riset kata kunci hashtag yang banyak dicari orang. Kata kunci di instagram adalah hashtag jadi jika anda posting foto harus diberi hashtag karena jika tidak postingan anda tidak akan dicari oleh orang.

Karena itu riset hashtag sangat penting. Selain itu juga nada juga bisa membuat perosonal branding hashtag sendiri, semisal #imersmuda untuk branding website saya. Jika orang search imersmuda maka akan muncul semua konten mengenai website saya.

2 hal ini harus anda bangun yaitu personal hashtag dan juga hashtag kata kunci sehingga anda dapatkan hasil yang maksimal.

Membangun dan Cara Memasarkan Produk Anda Melalui Instagram

Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

Manfaatkan fitur instagram

Seperti yang sudah sempat sedikit di bahas di atas, memasarkan produk di instagram harulah memanfaatkan semua fiturnya terutama foto dan video. Seperti yang kita tau instagram adalah sosial media yang bagus di dalam photonya, dan instagram mengelaurkan fitur instagram stories.

instagram stories adalah fitur menambahkan foto singkat dalam beberapa detik saja. Jika anda tidak paham bisa langsung coba di instagramnya.

Fitur ini sangat digemari oleh anak muda dan juga banyak sekali dimanfaatkan untuk berbisnis atau berjualan sesuatu karena sistemnya hanya menapilkan beberapa detik saja dan dalam 24 jam akan terhapus dengan sendirinya.

Gunakan caption

Setiap mengupload foto di instagram jangan lupa untuk menggunakan cacption karena itu sangat berpengaruh terhadap orang yang melihat foto anda tersebut.

Mungkin anda berpikir tidak perlu memberi caption ?

Ingat itu dari cara pandang anda berbeda bila orang lain yang memandangnya.

Berkerjasama dengan influencer

Anda bisa menggunakan artist atau influencer yang memiliki banyak followers untuk meng endorse instagram anda sehingga banyak yang akan mengujungi profile anda, atau membeli produk anda.

Cara ini bisa dibilang mudah karena anda tinggal membayar dan juga memberikan produk kepada mereka dan nantinya mereka akan mempromosikannya.

Membangun relasi dengan followers

ini adalah hal yang lagi banyak diterapkan di instagram salah satunya adalah dengan keluarnya fitur ask me di instagram agar anda dapat berinteraksi dengan followers anda.

Hal ini penting karena followers anda akan tetap mengikuti anda jika anda mengajaknya berinteraksi. Anda bisa berikan interkasi apa saja bebas. Misal anda berikan pertanyaan atau anda memberikan kuis untuk mendapatkan hadiah.

Itu semua adalah hal yang bisa anda lakukan untuk membangun relasi dengan followers.

Menggunakan tools celebgramme

Seperti yang sudah sempat saya bahas diatas bahwa ada tools yang sangat keren dimana bisa anda jadikan sebagai strategi marketing anda, karena tools ini bisa menjawab dm orang atau auto dm kepada akun instagram lainnya.

Selain itu juga akun instagram lainnya juga bisa di auto komen oleh tools ini, karena itu saya sangat merekomendasikan tools ini karena tidak hanya memiliki fitur satu saja.

Ada juga fitur auto like dan auto posting yang bisa anda pakai dan harganya pun terjangkau. Klik dibawah untuk mendapatka harga spesial !

Cara Mendapatkan Followers Instagram

 

Leave a Reply