Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis

Instagram Untuk Bisnis
Instagram Untuk Bisnis

Instagram Untuk Bisnis – Perkembangan Instagram sekarang sangat pesat sekali. Ya, bahkan banyak bisnis mulai dari produk hingga jasa mengembangkan sayap ke #Instagram. Instagram itu adalah salah satu social media platfrom yang sedang nge-trend beberapa tahun terakhir. Diketahui jumlah pengguna Instagram yang disebut “IG-ers” adalah sekitar 200 juta! Anda bisa bayangkan berapa banyak pasar yang Anda miliki?

Tidak hanya sampai di situ, terdapat 60 juta foto yang diunggah setiap harinya yang kemudian menghasilkan 1,6 miliar likes. Tidak heran kalau banyak brand dan produk-produk merambah ke instagram atau contoh lainnya adalah Online shop.

Memang tidak semua bisnis cocok dengan Instagram, mengapa? Ini karena fokus social media satu ini memang ke foto dan video, meski terdapat teks yang bisa disisipkan hashtag pula. Berikut beberapa bisnis yang cocok dengan Instagram:

  • Industri yang fokus pada pelayanan, seperti hospitality.
  • Hiburan / Entertainment.
  • Makanan dan minuman.
  • Fashion
  • Desain

Menurut riset saya, Instagram hanya cocok dipakai jualan dengan harga produk dibawah 1jt rupiah. Sehingga jika kita menjual produk yang terlalu mahal terlalu susah untuk dapat closing atau laku.

Teknik Marketing Cara Menggunakan Instagram untuk Bisnis

1. Kualitas Foto yang Menarik

Ya, kunci utama bermain di Instagram sejak awal adalah foto-foto yang diupload oleh penggunanya. Pengguna berlomba-lomba mengunggah foto-foto menarik dengan filter-filter klasik yang disajikan oleh Instagram. Tidak harus menggunakan filter-filter tersebut karena menurut statistik brand yang menggunakan filter dan tidak ada pada angka seimbang.

Namun yang pasti, agar menarik perhatian audience tentu saja Anda harus menampilkan foto yang menarik minat! Itu pasti, karena audience di sini memang mencari foto. Nah, kalau sudah menarik minat lewat foto, Anda bisa melakukan serangan atau postingan selanjutnya yang menarik minat.

2. Gunakan Hashtag

Selain social media Twitter, penggunaan hashtag menjadi salah satu yang penting dalam bermain di Instagram selain foto itu sendiri. Hashtag pada Twitter berfungsi sebagai kategori, sama seperti twitter. Anda bisa menggunakannya untuk memberi label atau kategori untuk produk Anda, ataupun kata-kata dan frase yang Anda buat sendiri. Bahkan, tahukah Anda bahwa hashtag yang dibuat sendiri tersebut akhirnya dipakai oleh pengguna Instagram lainnya.

Sedikit tips, gunakan hashtag yang bisa dipakai oleh siapapun dan mudah untuk dipakai atau di ketik. Sebagai contoh: Red Bull memakai hashtag #GivesYouWings. Frase dalam hashtag tersebut bisa cocok dengan foto lainnya. Nah, apalagi kalau Anda melancarkan serangan hastag tersebut lewat kontes.

3. Buat Kontes

Salah satu cara terbaik dan terpopuler di Instagram untuk memperkenalkan atau meningkatkan brand awareness produk / jasa Anda adalah lewat kontes. Anda bisa mengajak baik customer Anda maupun calon customer. Seperti yang sudah disinggung mengenai hashtag, nah biasanya kontes ini membidik hashtag yang dia ciptakan tersebut. Untuk apa? Dengan penggunaan hashtag ini, pengguna lainnya tentu menjadi penasaran dan akan menelusuri tentang hashtag tersebut, hingga akhirnya didapati bahwa brand Anda-lah yang sedang mengadakannya.

Sedikit tips, Manfaatkan fitur tagging dengan sebaik mungkin karena ini menentukan instagram Anda banyak dikunjungi oleh orang atau tidak. Ya, di Instagram terdapat fitur tagging seperti halnya #Facebook. Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa melakukan tag pada foto yang dia posting. Setelah itu? Ketika Anda membuat kontes, Anda bisa mendorong pada IG-ers yang mengikuti kontes Anda untuk melakukan tagging ke teman-temannya dan juga untuk mem-follow instagram Anda.

Instagram Untuk Bisnis

Lalu Apa Lagi?

Ya, apalagi yang bisa Anda lakukan di Instagram untuk bisnis Anda? Mendapatkan perhatian di antara 200 juta pengguna Instagram tentunya bukan hal yang mudah pula. Hal ini juga tidak hanya soal mendapatkan banyak follower dan likes. Anda tidak sedang hanya menjadi seleb-gram (sebutan untuk para “artis” di Instagram), bukan? Tetapi lebih dari itu, Anda sedang memasarkan bisnis Anda dan menghasilkan konversi. Jadi, apa lagi yang dibutuhkan? Berikut beberapa tipsnya:

  • Pesan Singkat dan Jelas Namun Menarik Perhatian

Sebagaimana telah disinggung tentang penggunaan hashtag, Anda bisa berfokus pada penggunaan hashtag aneh dan spesial untuk menarik perhatian. Tahukah Anda bahwa biasanya follower senang untuk melibatkan diri apabila melihat orang lain juga tertarik pada hal sama. Menjadi viral marketing, bukan?

  • Customer Jadi Pusat Perhatian

Setelah Anda menarik perhatian pada produk / jasa Anda maka sekarang saatnya untuk jadikan customer sebagai pusat perhatian. Customer senang untuk diberi apreasiasi. Caranya? Anda bisa mengajak mereka untuk mengirimkan gambar dimana terdapat produk Anda di situ. Tahukah Anda dengan cara ini Anda bisa semakin memperdalam ikatan antara brand Anda dan customer.

Anda punya beberapa tips lainnya seputar Instagram Untuk Bisnis? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat artikel ini bagi Anda.

Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *