Contoh Artikel Yang Berkualitas Dan Menarik

Contoh Artikel Yang Berkualitas – Artikel adalah konten berupa teks di dalam blog biasanya berisi mengenai cerita atau berita dan juga ilmu. Lalu, kenapa dibutuhkan artikel apalagi artikel yang menarik? Contoh Artikel Yang Berkualitas yang harus anda perhatikan.

Karena artikel merupakan suatu yang penting di dalam website atau blog kita yang dapat mendapatkan traffic. Kuncinya adalah Anda harus dapat membuat artikel itu menarik dan dapat menarik pembaca untuk membaca artikel anda

Belum paham?

Baiklah saya akan jelaskan bagaimana menulis artikel menarik seperti penulis terkenal hehe…

5 Contoh Artikel Yang Berkualitas Untuk Blog

 

1. Berikan Judul dan Deskripsi yang Menarik

 

Contoh Artikel Yang Berkualitas

Judul yang baik adalah judul yan lengkap, tetapi biasanya ada juga orang yang menggunakan judul dengan clickbait sehingga orang tertarik membukanya, Anda bisa memilih 2 cara ini dan jangan lupa yang terpenting untuk memperhatikan SEO. Lalu untuk deskripsi, isikan juga hal yang sama, sesuatu yang menarik. Karena biasanya kita selain membaca judul biasanya juga melihat deskripsinya, karena itu jangan lupa isi meta nya dengan tulisan menarik.

Untuk permalink, yang penting bisa dibaca dan mengandung kata kunci atau SEO. Contohnya artikel ini, permalinknya adalah http://www.imersmuda.com/blog

Penting untuk diingat:

Jika tujuan Anda adalah membuat artikel yang menarik, maka SEO jangan diutamakan. Karena banyak hal soal SEO yang malah membuat artikel kurang menarik untuk dibaca. Tetapi Usahakan SEO selalu masuk dalam artikel Anda !

2. Berikan Gambar Thumbnail yang Menggoda

Contoh Artikel Yang Berkualitas

Saya rasa Anda paham tentang masalah ini. Memberikan gambar adalah salah satu cara menghias artikel. Maka, Anda hanya perlu mencari gambar yang cocok dengan artikel yang Anda angkat. Gambar bisa mengenai artikel terkait ataupun click bait yang terkait ya !

Pesan-pesan dari saya:

  • Berikan gambar beresolusi tinggi
  • Berikan gambar yang tidak murahan atau sudah dipakai banyak orang
  • Berikan gambar yang sesuai dengan artikel
  • Jangan membohongi pembaca
  • Usahakan pakai gambar bebas lisensi
  • Mengenai ukuran,

Tips tambahan untuk Anda !

  • Saya memilih ukuran medium sebagai thumbnail (gambar pertama artikel) agar pembaca bisa langsung membaca artikel saya. Pembaca tidak perlu scroll halaman sebelum membaca kalimat pertama artikel saya.
  • Untuk setiap gambar penjelas, saya memilih extra large agar pembaca bisa dengan mudah memahami apa yang ada pada gambar. Jika blog Anda tentang fotografi usahakan memakai ukuran yang ini juga.

3. Buka dengan Kalimat yang Bagus

Contoh Artikel Yang Berkualitas

Pembukaan yang bagus adalah pembukaan yang mampu membuat pembaca melanjutkan men-scroll menuju inti artikel. Semenjak saya mengenal internet, hanya sedikit situs yang mampu membuat pembukaan artikel yang bagus dan membuat saya menggulir halaman.

…sisanya hanya menulis kalimat tidak penting alias basa-basi.

Karena cuma basa-basi tidak jelas ujungnya, saya jarang membaca pembukaan artikel blog-blog di internet.

Bosan.

Lantas bagaimana cara membuka artikel yang bagus? Ada beberapa prinsip yang bisa Anda coba untuk membuka artikel, tapi Anda perlu belajar agar bahasanya pas.

Apa saja itu?

  • Pertanyaan yang membuat kepo
  • Pernyataan yang menggemparkan
  • Penjelasan singkat tentang inti artikel

Ingat: Pembukaan jangan terlalu panjang. Pembuka artikel harus menarik. Buka dengan memperhatikan prinsip konten viral, thumbnail jangan terlalu besar sehingga pembaca langsung membaca kalimat pembukaan artikel.

…agar bounch rate-nya turun.

Contohnya bisa dilihat di artikel-artikel blog ini.

4. Ini Soal Inti Artikel

Contoh Artikel Yang Berkualitas

Anda perlu tau, ada banyak orang yang butuh sesuatu selalu bertanya ke Google. Dan karena saya sudah tau bahwa yang membuat artikel-artikel jawaban mereka adalah para blogger. Oleh karena itulah saya menjadi tidak terlalu simpatik untuk bertanya ke Google. Karena banyak artikel yang sudah ada di halaman pertama membuat kecewa.

Memang artikel itu panjang. 2000 kata. Tapi isi artikel itu cuma mbulet-mbulet mengejar keyword. Apa itu konten atau artikel yang berkualitas? Bukan.

Saran-saran dari saya antara lain:

  • Berikan data dan fakta
  • Jangan buat artikel bertema sama dengan cara penulisan yang sama
  • Artikel tidak harus panjang (pendek tidak mengapa) yang penting sampai titik alias semua hal tersampaikan dengan baik dan terstruktur
  • Jika membuat artikel tutorial gunakanlah kata “Saya” dan “Anda” atau sejenisnya agar lebih akrab.

5. Tutup dengan Sesuatu yang Berkesan

Sama seperti pada poin pembukaan artikel di atas, banyak artikel di luar sana yang tidak ditutup dengan kesan yang WAH.

Itu lubangnya.

Ketika tidak bisa mencapai puncak di bagian akhir, Anda sia-sia membuat artikel. (Hal ini tidak berlaku bagi situs berita karena situs berita harus netral)

Sebenarnya, Anda sudah tau prinsip ini di poin ke-3. Tinggal dibalik saja.

Jika di awal memberi pertanyaan di akhir memberi jawaban, jika di awal memberi pernyataan di belakang berilah pertanyaan, jika di awal sudah ada penjelasan maka akhiri dengan pertanyaan seperti “Apakah sudah jelas?”

Sekian tips mengenai Contoh Artikel Yang Berkualitas, semoga anda dapat memulai membuat artikel yang menarik dan meningkatkan traffic anda. semoga bermanfaat !

Leave a Reply