8 Tips Menulis Email Profesional Dengan Mudah

Tips Menulis Email Profesional – Nah perlu anda ketahui email adalah sarana komunikasi pertama yang ada di dunia ini setelah internet ditemukan. Di negara barat seperti amerika dan juga eropa menggunakan email sebagai komunikasi informal kepada rekan atau teman dan juga formal untuk keperluan bisnis.

Tapi berbeda dengan di Indonesia ini, email hanya dipakai untuk keperluan bisnis saja atau mengirim file atau dokumen, dan bahkan kita saat ini lebih sering menggunakan sosial media atau via chat kepada teman kita. Tetapi hal tersebut tidak menuntut kemungkinan kita akan menggunakan email di masa yang akan datang apalagi untuk urusan kerja.

Nah di artikel kali ini saya akn bahas bagaimana Tips Menulis Email Profesional. Terutama dalam menggunakan bahasa inggris, karena kita sudah masuk jaman globalisasi dimana bahasa inggris sekarang ini sangat dibutuhkan dimana-mana. Karena itu disini saya akan membantu anda !

8 Tips Menulis Email Profesional Untuk keperluan bisnis !

Tips Menulis Email Profesional

  • Mengenali gaya bicara anda !

Perhatikan anda sedang mengirim email kepada siapa, sesuaikan bahasa yang akan anda gunakan. Menggunakan email bisa seperti menulis surat, diawal ada pembukaan seperti hi, atau Good Afternoon, atau Dear… Itu tergantung dari pemilihan kata Anda !

Selain pembukaan, anda juga harus memilih kata penutup yang tepat untuk mengakhiri email anda seperti contohnya Beast regards atau Your sincerly… tergantung anda berbicara kepada siapa di email tersebut. Tetapi jangan pernah menggunakan bahasa informal di email jika anda mengirimkan kepada orang untuk urusan kerja atau tugas kecuali teman dekat anda dan hanya sebagai sarana komunikasi !

  • Judul Email Anda !

Email yang bagus adalah email yang singkat padat dan jelas, sehingga judul sangat penting dalam menentukan email anda bagus atau tidak dan mudah untuk dibaca atau tidaknya ! Hal lainnya adalah isi selain subject dari email anda, harus singkat padat dan jelas !

Karena biasanya orang sering membaca email hanya lewat judulnya saja, seperti itu sehingga anda harus membuat judul atau subject semenarik mungkin !

Tips Menulis Email Profesional

  • Gunakan nama email yang profesional

Selain itu juga alamat email adalah yang penting, karena first inpression orang dalam melihat email adalah nama email, apakah email ini trusted atau tidak. Karena email merupakan surat elektronik sehingga penulisnya pun atau alamat emailnya harus jelas dan meyakinkan.

Tidak mungkin dong Anda ingin melamar kerja menggunakan nama alamat email Sukasuka@gmail.com atau Ingincoba1423@gmail.com

Pastinya anda menggunakan alamat atau nama email yang menarik dan mayakinkan !

  • Tidak perlu banyak basa basi

Kebanyakan orang suka berbasa basi, memang sangat perlu hal tersebut tetapi saat email, mungkin harus lebih dikurangi basa basinya karena jika email terlalu panjang orang juga akan males untuk membacanya !

Penggunakan bahasa basa basi harus tepat dalam email, berbeda dengan menulis surat email lebih harus detail dan to the point.

  • Buatlah sederhana tidak ribet

Kembali lagi ketujuan email adalah dapat dibaca dengan cepat dan dapat dimengerti, jadi tulislah hal yang jelas dan hindari menulis informasi yang kurang penting !

 

  • Selalu cek kembali tulisan email anda !

Tidak menuntut kemungkinan kita akan ada salah ketik atau kepencet huruf lain saat mengetik di laptop kita ! Jadinya jangan lupa untuk mengecek email Anda kembali. Tidak enak kan kalau mengirim email ke atasan salah-salah atau Typo !

  • Sertakan data pribadi

Jika anda menggunakan email untuk melamar kerja, jangan lupa untuk menampilkan data pribadi atau website anda sebagai portofolio. karena di luar negeri orang melihat trusted dari seseorang melalui website dan juga data pribadi seseorang.

  • Menggunakan pengejaan bahasa yang benar

Jika anda menulis email dengan bahasa indonesia, maka gunakanlah bahasa indonesia yang baik dan benar, dan jika anda menggunakan bahasa inggris maka elajarlah menggunakan bahasa inggris yang baik sesuai aturan atau grammar bahasa inggris.

Karena dari pilihan kata atau bahasa penulisan kita di email maka orang dapat melihat seperti apa anda dan apakah anda dapat menggunakan email atau bahasa tersebut dengan baik ?

Nah karena itu jangan lupa untuk belajar terlebih dahulu sebelum menulis email dalam bahasa inggris ataupun bahasa indonesia. carilah dulu referensi !

 

Semoga Tips Menulis Email Profesional berguna bagi anda yang sedang memasuki masa kuliah atau memasuki masa kerja !

Leave a Reply