4 Langkah Cepat Cara Membuat Online Shop

4 Langkah Cepat Cara Membuat Online Shop

Cara Membuat Online Shop

Cara Membuat Online Shop – Website kami dirancang untuk Anda yang telah mengenal dunia Internet maupun yang baru mengenali dunia Internet. Dengan demikian kami akan menjelaskan seluruh langkah tersebut secara detail. Halaman ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai.

Cara Membuat Online Shop Dengan Mudah

1. Daftarkan nama domain Anda

Pertama Anda akan membutuhkan sebuah Alamat Website (domain/URL) yang mudah diingat, agar pengguna Internet dapat dengan mudah menemukan Website Anda.

 

2. Beli Hosting 

Setelah Anda mendapatkan alamat Website/Nama Domain Anda, kini Anda akan membutuhkan sebuah layanan yang dinamakan Web Hosting.

Untuk memiliki sebuah Website, Anda akan memerlukan “Tempat” (umumnya disebut “Space”) berupa Hard Disk di sebuah komputer/server untuk meletakkan halaman-halaman (file) Website Anda. Halaman-halaman tersebutlah yang akan diakses oleh seluruh pemakai Internet di dunia kapan saja. Bayangkan, tanpa layanan Web Hosting. website Anda tidak akan dapat online!

Sejak itulah perusahaan Web Hosting eksis dan dibutuhkan. Perusahaan Web Hosting menyediakan perlengkapan Hardware, Software, Bandwidth, Data Center dan Layanan Teknis yang Anda butuhkan tanpa harus Anda yang melakukannya sendiri. Perusahaan Web Hosting bagaikan seorang Pemilik Gedung. Pemilik gedung menyewakan toko-toko kepada pelaku bisnis. Setiap pelaku bisnis mendekorasi dan menjalankan tokonya dengan cara yang berbeda tanpa harus khawatir dengan masalah perawatan gedung. Dengan cara yang sama perusahaan Web Hosting menyewakan Tempat/Space di sebuah komputer/web server kepada pelaku bisnis internet. Setiap pelaku bisnis membangun Websitenya masing-masing tanpa harus khawatir dengan perawatan web server.

 

3. Siapkan tema, foto dan lengkapi website

Untuk gambar/foto, Anda harus merubahnya ke dalam file yang berformat JPEG atau GIF (biasanya berakhiran .jpg dan .gif) agar dapat dibaca oleh program Internet Explorer (browser Anda).

Untuk mengisi konten website anda, ada 2 cara:

1. CARA INSTANT: Anda dapat menggunakan WordPress dengan cara meng-install WordPress. Caranya Anda tinggal Login saja ke Cpanel (setelah Anda memiliki hosting dan domain), lalu ada dibagian bawah dari Cpanel. Anda dapat mengedit web sesuai dengan keinginan Anda.

 

2. CARA MANUAL: Apabila anda lebih prefer membangun website anda secara manual, maka baca ulasan berikut ini: untuk text Anda harus merubahnya ke dalam file yang berformat HTML (umumnya berakhiran .htm atau .html) agar dapat dibaca oleh program Internet Explorer/Firefox (browser Anda). Untuk membuat html Anda bisa menggunakan software komersil seperti: Dreamweaver. File text & gambar tersebutlah akan diakses oleh pengunjung Website anda. Selanjutnya Anda cukup meng-upload file tersebut ke server Anda dengan software FTP.

4. Promosi dan analisa website Anda

Salah satu kunci keberhasilan sebuah website adalah mempromosikannya. Sungguh sayang apabila Anda memiliki website yang bagus namun tidak ada yang mengetahuinya.

Ada banyak cara untuk mempromosikan website Anda: social media, iklan banner, dari mulut ke mulut, beriklan di iklanbaris, iklan di forum, beriklan di media massa, membagi brosur dan lain-lain.

Tetapi salah satu cara yang paling efektif & murah (gratis) adalah berinteraksi di jaringan sosial. Promosikanlah produk/layanan anda di Twitter, cari pelanggan (follower) anda di Twitter, update terus produk terbaru anda untuk follower Twitter anda dan kemudian arahkan mereka untuk berbelanja di website anda.

Website anda tetap menjadi media yang terbaik & paling nyaman untuk bertransaksi karena sebenarnya Twitter itu didesign untuk “mobile”. Jadi jumlah karakter teks yang diizinkan oleh Twitter juga sangat pendek, sehingga sulit untuk menjelaskan produk/layanan anda secara mendetail ke pelanggan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untu Anda, selamat mencoba.

 

 

Leave a Reply