5 Tips Memilih Web Hosting yang Bagus

Tips Memilih Web Hosting

Tips Memilih Web Hosting

Tips Memilih Web Hosting – Web hosting adalah sebuah layanan yang penting untuk Anda sebagai blogger atau para pemilik website untuk menyimpan data atau file, baik itu berupa tulisan, gambar, script, aplikasi dan lain-lain. Biasanya layanan web hosting disewa dengan jangka sewa yang umumnya berlaku dan dihitung pertahun.

Jumlah pemintaan terhadap web hosting yang semakin tinggi membuat banyak pihak bermunculan memanfaatkannya sebagai potensi bisnis. Saya sendiri mengamati bisnis layanan hosting ini telah menciptakan persaingan yang cukup ketat. Mereka bahkan banyak menawarkan sejumlah promo untuk memikat konsumen.

Banyaknya penyedia web hosting yang bermunculan dengan beragam penawarannya saat ini sudah seharusnya membuat kita waspada dan berhati-hati saat akan memilihnya. Ini penting karena jasa penyedia layanan webs hosting akan sangat berpengaruh dengan performa atau kinerja #website kita untuk tampil dihadapan para pegunjung Anda.

Pemilihan penyedia web hosting yang salah bisa saja membuat website kita jadi buruk dan tidak bekerja maksimal sehingga merugikan kita. Untuk menghindari hal ini, maka Anda harus memiliki beberapa trik untuk memilih jasa penyedia web hosting yang baik. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk memiih penyedia jasa web hosting yang dapat diandalkan dan mampu membuat website Anda bekerja optimal.

1. Perhatikan Biayanya

Tips Memilih Web Hosting yang baik untuk website Anda adalah mencari penyedia hosting yang menawarkan harga yang wajar. Wajar disini adalah tidak aneh, tidak berlebihan dan yang penting masuk akal. Hal ini disebabkan di lapangan banyak pihak yang banyak menawarkan layanan hosting dengan promo dan harga yang di luar kewajaran dan tidak masuk akal.

Maka jangan sekali-kali terbuai dengan harga yang murah yang ditawarkan oleh sebuah jasa penyedia hosting. Teliti kembali promo yang diberikan, apakah memang wajar atau tidak. Bisa jadi promo murah bisa menjadikan layanan buruk kepada website dan akan merugikan Anda.

Untuk menentukan nilai kawajaran, Anda bisa membandingkan harga beberapa penyedia layanan. Ketika harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh dari rata-rata harga penyedia layanan hosting, maka bisa dikatakan harga tersebut wajar.

 

2. Cek Siapa Saja Pelanggannya

Untuk memastikan kualitas baik tidaknya hosting yang diberikan penyedia, Anda bisa melakukan pengecekan pada para pelanggan yang telah menggunakannya jasa atau service-nya. Dengan melihat beberapa klien atau para pengguna yang telah memakai jasa hosting, kita bisa memastikan track record atau kualitas bisnisnya.

Namun jangan terlalu seratus persen percaya pada apa yang ditampilkan mereka dikolom websitenya tentang  daftar para pelanggan atau testimoni yang diberikan. Anda harus benar-benar memastikan bahwa daftar pelanggan atau testimoni yang ditampilkan mereka bukanlah sesuatu yang fiktif atau palsu.

 

3. Memilih Web Hosting Dengan CS yang Responsif

Customer support atau customer service adalah bagian yang tak boleh terlupakan oleh Anda dalam memilih dan memastikan hosting yang baik untik website Anda. Layanan konsumen yang disediakan perusahaan web hosting ini memang penting untuk Anda cermati karena permasalahan website terkait hosting bisa saja terjadi dan menimpa Anda kapan pun tanpa Anda ketahui waktunya.

Untuk itulah untuk mengantisipasi masalah ini, Anda harus bisa memilih penyedia hosting yang memiliki layanan customer support yang baik dan dapat diandalkan. Jika perlu pilihlah penyedia web hosting yang menyediakan layanan 24 jam/7 hari dukungan telepon , akses#email dan chat online. Dengan begitu, kita tak perlu khawatir lagi jika kita mendapatkan permasalahan pada website kita suatu saat.

Anda bisa melihat disini hosting yang saya sarankan dan yang saya pakai juga. Harga terjangkau dan pelayanan memuaskan. Klik gambar diabawah ini:

hawkhost-imersmuda.com

 

4. Cek Total Penyimpanan Data dan Bandwidth yang Disediakan

Berikutnya tips untuk bisa mendapatkan penyedia hosting yang baik adalah dengan melakukan cek total penyimpanan data dan bandwidth yang disediakan peyedia. Hosting yang sesungguhnya merupakan tempat penyimpanan data tentu memiliki kapasitas tertentu.

Nah, untuk itu cobalah menyesuaikan total penyimpanan data dan bandwidth dari penyedia layanan dengan kebutuhan website Anda. Ini penting karena dengan penyimapanan data dan bandwidth yang sesuai maka website kita akan bisa bekerja secara optimal dan maksimal.

 

5. Cek Dukungan Script yang Disediakan

Terakhir, tips untuk memilih web hosting yang baik untuk website adalah dengan melakukan cek pada dukungan script yang disediakan. Contoh kasus misalkan kita ingin menggunakan WordPress sebagai CMS pada website kita, maka penyedia hosting yang harus kita pilih adalah yang memiliki dukungan atau support pada script WordPress CMS.

Beberapa penyedia hosting sekarang memang banyak yang menawarkan built-in paket script yang membuat instalasi website menjadi semakin mudah. Namun sayangnya beberapa penyedia web hosting juga memberikan batasan pada jumlah database SQL yang dapat dibuat. Dari sini maka kita harus benar-benar bisa memastikan bahwa website kita masih bekerja dengan optimal walaupun dengan database yang terbatas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba.

Leave a Reply