6 Macam Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

6 Macam Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Bisnis Rumahan – Saat ini tren wirausaha sedang naik daun di tengah masyarakat kita. Hal ini tidak terlepas dari peran pemerintah yang terus berusaha mendorong munculnya wirausaha-wirausaha baru sebagai motor pendorong perekonomian. Setidaknya butuh 4 persen dari seluruh jumlah penduduk suatu negara yang bergerak dalam bidang wirausaha agar suatu negara bisa maju perekonomiannya. Kalau kita perhatikan Bisnis Rumahan sudah banyak dilakukan oleh pengusaha atau UKM.  Salah satu Bisnis Rumahan yang banyak dijalankan pengusaha adalah online marketing, hebatnya bisnis ini dapat dilakukan di rumah dan hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet.

Bisnis Rumahan

Macam Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

1. Usaha Warung  Makan

Anda memiliki keterampilan memasak? Jika iya, maka membuka usaha warung makan merupakan pilihan tepat. Tidak perlu syarat yang rumit membuka usaha ini, cukup keterampilan anda membuat hidangan yang enak, maka dijamin warung makan anda akan laris- manis. Anda bisa menggunakan rumah bagian depan atau samping untuk didesain menjadi warung makan. Usaha ini akan mempunyai omzet  berkali lipat jika rumah anda berada di area kos- kosan. Di kawasan ini, sebagian besar penduduknya tidak memasak sendiri, tapi lebih suka membeli dan makan di warung makan.

2. Usaha Laundry Pakaian 

Usaha ini sangat cocok jika lokasi tempat tinggal Anda berada di wilayah kampus dan kos-kosan mahasiswa atau pegawai kantor.  Usaha ini akan selalu rame karena orang yang membutuhkan jasa laundry selalu ada dan  banyak. Kebanyakan mereka yang melaundry-kan pakaiannya tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Semakin hari, pengguna jasa laundry akan semakin banyak karena biaya yang ditawarkan oleh jasa laundy cukup murah serta hasil yang diberikan lebih bagus dibanding jika dilakukan sendiri oleh konsumen. 

3. Usaha Bimbingan Belajar

Sekarang ini banyak orang tua yang khawatir dengan prestasi akademik putra putrinya. Apalagi dengan adanya Ujian Nasional yang diadakan pemerintah, semakin membuat para orang tua ketar-ketir kalau sampai anaknya tidak lulus ujian. Akhirnya berbagai macam cara dilakukan para orang tua agar anaknya memahami materi sekolah seperti menyuruh anaknya mengikuti Bimbingan  khusus mata pelajaran yang menjadi kelemahan sang anak. 

Tidak hanya mata pelajaran sekolah yang bisa anda ajarkan, tetapi bisa juga tentang keahlian khusus anda. Misalkan anda ahli bermain piano bisa membuka les piano, les bermain gitar, les menjahit, les make money online, dan masih banyak lagi, sesuai dengan keahlian anda masing-masing. Keunggulan usaha ini, anda bisa menyalurkan hobi dan keahlian dengan  tetap memberikan penghasilan bagi Anda. Tentu saja hal ini merupakan peluang usaha yang bisa anda ambil dengan membuka Bimbingan  Belajar. Berbekal ilmu dan pengetahuan yang anda miliki, anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Usaha ini nyaris tanpa modal, hanya sedikit keluar modal untuk membeli  modul tambahan jika belum punya, dan jika usaha anda sudah berkembang, Anda bisa merekrut tenaga pengajar untuk membantu usaha Anda.

4. Usaha Potong Rambut

Selama rambut kepala manusia tidak berhenti tumbuh, maka usaha pangkas rambut ini akan selalu dicari orang.  Beberapa menganggap remeh usaha ini karena tidak tahu betapa gurihnya pendapatan yang dihasilkan. Dan yang pastinya modal usaha untuk memulai usaha ini sangat kecil. Untuk tempat, memakai rumah sehingga tidak ada biaya sewa tempat. Untuk peralatan mencukur lengkap standar membutuhkan biaya sekitar 1 jutaan.  misal per kepala dihargai 10 ribu saja, dan rata-rata per hari memangkas rambut 10 orang, maka pendapatan per bulan mencapai 3 juta.  Hanya dalam waktu 1 bulan usaha ini sudah mencapai BEP bahkan masih mendapat sisa keuntungan. Menarik bukan? Kira-kira ada tidak ya usaha lain yang BEP dalam waktu sebulan? 

5. Usaha Publisher Adsense

Jika anda hobi menulis dan mempunyai website/ blog dengan visitor yang banyak, maka bergabung menjadi publisher adsense adalah pilihan yang tepat. Bahkan saat ini, walaupun tanpa sebuah blog, kita tetap bisa menikmati penghasilan dari adsense yaitu dengan adsense video youtube. Sebagai seorang publisher, tugas kita adalah mendatangkan traffik sebanyak – banyaknya ke blog kita dan memberikan space iklan dari google di blog kita. Pendapatan kita dihitung setiap klik iklan yang tampil di blog kita. Ya memang sesederhana itu alurnya. Tetapi dalam perjalanannya tidak akan semudah yang kita bayangkan. Banyak tantangan yang akan kita hadapi saat menjalankan usaha ini seperti rasa malas saat update artikel, persaingan dalam SEO, dan yang paling berat adalah konsistensi dalam menulis. 

6.Usaha Toko Online

Sudah banyak publisher indonesia yang berhasil di usaha ini dengan pendapatan puluhan sampai ratusan juta per bulan. Jika anda termasuk orang yang memilki keterbatasan modal untuk membuka usaha, maka usaha ini bisa anda coba. Modal utama  di sini adalah tekun dan kerja keras. Jika anda tekun maka sukses akan anda dapatkan melalui bisnis ini.

Saat ini telah banyak yang menjalankan bisnis toko online, mulai dari perusahaan besar sampai dengan usaha perorangan yang dijalankan sendiri di rumah. Usaha ini merupakan salah satu Bisnis Rumahan dengan modal kecil namun menghasilkan penghasilan yang lumayan besar. Tidak heran, banyak sekali saat ini bermunculan pebisnis toko online baru yang memulai menjual apapun melalui internet. Bahkan bagi anda yang tidak mempunyai produk sekalipun tetap bisa berbisnis toko online, yaitu dengan sistem dropship. Bagi anda yang mau mau memulai usaha tetapi terkendala modal dan masih bingung mau usaha apa, maka usaha toko online ini adalah peluang yang harus anda coba.

Demikian 6 jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa saya sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba.

Leave a Reply