(Last Updated On: April 1, 2019)

Dalam istilah pemasaran, terutama internet marketing sering didengar istilah copywriting. Sebenarnya apa yang dimaksud copywriting? Berikut penjelasan apa itu copywriting serta pentingnya dalam bidang internet marketing.

A. Istilah-Istilah Dalam Copywriting

Terdapat beberapa istilah-istilah yang sebelumnya harus dipahami sebelum mengerti betul apa itu copywriting. Setidaknya ada 4 istilah yang saling berhubungan. Simak penjabarannya di bawah ini

1. Copy

Dalam pengertian bahasa Indonesia, copy berarti menyalin (salin) atau menggandakan. Menyalin yang dimaksud disini bisa diartikan menyalin teks, kata atau kalimat. Teks, kata atau kalimat dalam konteks ini merujuk pada penggunaan nya dalam penjualan atau usaha pemasaran produk. Biasanya ditemukan pada iklan, website, brosur, landing page dan lain sebagainya.

2. Copywriting

Untuk bisa menulis sebuah copy yang baik dan berhasil mencapai tujuan dibutuhkan teknik. Teknik ini sebenarnya sudah bisa disebut copywriting. Copywriting bisa dikatakan juga sebagai proses, langkah atau teknik yang digunakan saat melakukan aktivitas membuat atau menulis copy.

3. Copywriter

Pelaku pembuat copywriting juga ada namanya. Mereka yang biasa membuat copywrting dengan berbagai tujuan disebut sebagai copywriter. Copywriter biasanya merupakan orang yang sudah sangat berpengalaman dalam menyusun sebuah teks yang mampu membangkitkan emosi seseorang. Misalnya keinginan atau ketertarikan membeli sebuah produk yang ditawarkan.

4. Konversi

Suatu kondisi dimana seseorang yang menjadi target pembuatan copy dapat mengambil tindakan yang diinginkan oleh copywriter. Misalnya menulis copy untuk tujuan iklan produk, lalu datang banyak pembeli untuk mencoba. Ini disebut konversi atau closing dalam penjualan.

Namun tidak semua copywriting bertujuan dalam hal penjualan. Misalnya untuk menarik peminat untuk mendownload, menjadi anggota dan lain-lain. Maka istilah yang tepat bukan closing melainkan konversi.

B. Beberapa Pengertian Copywriting

Terdapat juga beberapa pengertian dari copywriting. Pertama menurut Wikipedia dan pengertian secara umum. Berikut ulasan selengkapnya

1. Menurut Wikipedia

Copywriting menurut Wikipedia bisa diartikan sebagai sebuah tindakan penulisan teks atau menulis copy. Tindakan ini bertujuan bisa sebagai iklan atau bentuk lain dari usaha pemasaran. Copy itu sendiri merupakan sebuah konten yang mengandung maksud untuk meningkatkan kesadaran seseorang pada sebuah merek dagang.

Setelah orang sadar dan mulai terbujuk pada merek tersebut, maka mereka memutuskan mengambil tindakan. Seperti misalnya memutuskan membeli produk tersebut.

2. Secara Umum

Jika ditilik secara umum, apa itu copywriting bisa diartikan sebagai sebuah seni menulis yang dibuat dengan tujuan agar memperoleh respon dari setiap pembaca. Bisa juga didefinisikan sebagai tindakan menulis teks iklan yang bersifat promosi. Dapat berupa iklan tv, poster, iklan radio, headlines, brosure dan lain-lain.

Copywriter juga bisa dikatakan sebagai sebuah naskah iklan yang dibuat dari serangkaian susunan kata-kata untuk menarik minat pembaca. Tujuannya setelah pembaca berminat, mereka akan tertarik untuk membeli produk sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dengan kata lain copywriter juga berarti metode yang digunakan dalam pemasaran.

C. Pentingnya Copywriting Dalam Internet Marketing

Copywriting banyak digunakan untuk beberapa hal. Misalnya untuk kepentingan aktivitas blogging. Dalam dunia blogging, copywriting berguna untuk menaikkan traffic pengunjung. Sedangkan pada bidang internet marketing, copywriting bisa menjadi metode untuk menaikkan omset penjualan. Berikut uraian mengapa copywriting bisa meningkatkan penjualan

1. Dapat Mengajak Orang Mengenal Produk Atau Jasa Yang Ditawarkan

Copywriting dikenal memiliki kemampuan menghipnotis pembaca agar mulai mencari tahu segala informasi mengenahi sebuah produk atau jasa. Seperti apa saja kelebihan, varian dan lain sebagainya. Memang awalnya hanya mencari tahu. Namun inilah tanda awal dari pembeli mulai tertarik.

Hal ini karena, kemungkinan pembaca ingin mencoba produk dan jasa tersebut lebih besar. Sehingga peluang untuk membeli juga otomatis naik.

2. Memiliki Cara Kerja Mirip Salesman

Copywriting memang memiliki cara kerja sedikit mirip dengan salesman. Tentu saja untuk menarik calon konsumen agar memutuskan untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Namun, bedanya terletak pada cara penyampaian pada calon pembeli. Salesman kadang terlalu memaksa calon konsumen untuk melakukan pembelian. Sehingga bukan membeli, konsumen cenderung illfeel.

Namun copywriting tidak demikian. Dengan teknik copywriting, pembeli justru akan terbujuk dengan halus. Tidak merasa dipaksa maupun terpaksa untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Mempengaruhi Emosional Seseorang

Ada seorang tokoh ilmiah yang bernama Antonio Damasio yang mengatakan bahwa keputusan seseorang bukan ditentukan oleh logika melainkan dari emosi. Hal ini bisa dibuktikan dari sebagian orang yang membeli sesuatu bukan karena “butuh” namun hanya “ingin”. Dengan inilah mengapa copywriting dibuat.

Copywriting bisa mempengaruhi emosi calon konsumen dengan memanfaatkan rasa “ingin” beli. Walaupun bisa juga barang tersebut belum atau tidak dibutuhkan sekalipun.

Itulah penjelasan tentang apa itu copywriting serta pentingnya dalam bidang internet marketing. Bagi yang ingin terjun di bidang bisnis penjualan terutama online, memang copywriting ini cukup diperlukan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian