Penjelasan Lengkap Mengenai Apa itu E Commerce ?

Apa itu E Commerce –┬áBelakangan ini sangat ramai dengan adanya perdagangan yang menggunakan media elektronik dimana barang yang di perjual belikan dapat berupa barang fisik atau jasa bahkan digital. Dalam konsep dasar perdagangan merupakan kegiatan melibatkan 2 pihak atau lebih yang bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi jual beli produk.

E Commerce adalah sebuah perdagangan atau transaksi jual beli produk atau jasa melalui internet atau secara online

Tetapi semua hal ini berkembang dengan adanya kemajuan teknologi yang ada, perdagangan tidak selalu harus bertatap muka secara langsung tetapi bisa melalui media elektronik seperti telp, chatting atau sekarang yang sedang kita bahas adalah internet atau E Commerce.

Apa itu E Commerce

Apa itu E Commerce

Media elektronik yang sering digunakan dalam E Commerce adalah internet.

Kenapa menggunakan internet sebagai media berdagang ?

Karena saat ini banyak orang yang sudah menjadikan internet sebagai kebutuhan pokok dan gaya hidup mereka, orang tidak akan bisa lepas dari internet dengan semakin berkembangnnya teknologi.

Internet memudahkan orang untuk berhubungan jarak jauh dan merupakan suatu jaringan publik yang sangat besar. Jadi secara garis besar,

E Commerce adalah perdagangan atau transaksi jual beli produk atau jasa melalui media internet atau online.

Internet dapat memungkinkan orang atau sebuah perusahaan yang berada pada jarak jauh untuk dapat saling berkomunikasi dan bertransaksi dengan biaya yang murah. E-commerce dapat akan seperti aplikasi atau penerapan dari e bisnis yang berkaitan dengan transaksi komersial seperti transfer dana secara elektronik, pemasaran elektronik atau E Marketing, atau pemasaran online.

Jadi secara umum E Commerce adalah sebuah bisnis yang bisa dilakukan melalui internet, dan Apakah anda tahu ? bisnis semacam ini sangat potensial di Indonesia.

Faktanya saat ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang diutamakan oleh manusia. Berbagai kegiatan sudah bisa kita lakukan menggunakan internet, selain karena lebih praktis dan lebih mudah proses internet juga menjadi semakin cepat.

Seperti contohnya saat kita membeli barang-barang online shop atau transfer uang.

E-commerce itu sendiri dapat dibagi menjadi tiga tipe yaitu:

  • Electronic Markets (EMs).

EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan serta bertukar informasi tentang produk (barang) yang ditawarkan beserta daftar harganya. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan sendiri adalah dapat menghemat waktu dan biaya tanpa mendatangi penjual untuk melihat dan membeli benda yang diinginkan. Sedangkan bagi penjual sendiri, keuntungan fasilitas Ems adalah adalah dapat menghemat waktu dan biaya tanpa mendatangi pembeli untuk menawarkan produk (benda) yang akan dia jual.

  • Electronic Data Interchange (EDI)

EDI adalah sarana pertukaran data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui oleh antar organisasi yang melakukan pertukaran yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik.
EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, memiliki respon yang cepat, serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

  • Internet Commerce

Internet commerce adalah penggunaan internet yang digunakan untuk bertukar informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan yang terdapat dalam internet commerce ini biasanya berupa iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Penggunaan internet commerce ini sendiri mempunyai keuntungan bagi penjual maupun pembeli. Keuntungan untuk penjual sendiri adalah penjual tidak perlu mendatangi pembeli, tetapi hanya menampilkan gambar produk dan harga produk di internet. Keuntungan untuk pembeli sendiri adalah pembeli tidak perlu mendatangi penjual untuk memilih produk yang ditawarkan dan menanyakan harga produk tersebut. Pembelian melalui internet commerce ini akan diimbangi dengan adanya layanan pengantaran barang (baik pos ataupun jasa pengiriman) sampai di tempat pembeli.
Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :
1. Transaksi yang dilakukan tidak hanya dalam lingkup nasional, melainkan dapat mencapai lingkup internasional.
2. Transaksi yang dilakukan tidak mengenal siapa penjual dan siapa pembeli.

Apa itu E Commerce

Apa itu E Commerce

Sejarah Perkembangan E Commerce Di Indonesia | Apa itu E Commerce ?

Tak terasa saat ini internet dan juga toko online berkembang dengan pesat dan banyak bermunculan di Indonesia. Diawali dengan kemunculan penyedia akses internet pertama di Indonesia yaitu Indonet pada tahun 1994.

Dari situ mulailah berkembang dan bermunculan situs seperti Kaskus. Kemudian berkembang lagi dengan meningkatkan jaringan 3G di tahun 2006. Setahun kemudian layanan pembayaran Doku mulai ada. Dan pada 2008 barulah pemerintah membentuk UU ITE untuk mengatur semua ini yang berkaitan dengan internet.

1994: Internet Service Provider (ISP) komersial pertama di Indonesia, Indosat, berdiri

1999: Andrew Darwis mendirikan portal Kaskus, yang kemudian disusul oleh munculnya Bhinneka.com

2001: Draft Undang-Undang e-commerce disusun pemerintah

2005: Portal jual-beli dan iklan baris Tokobagus hadir

2007: Layanan uang elektronik Doku diluncurkan

2010: Nadiem Makariem mendirikan layanan transportasi ojek online, Go-Jek

2011: Situs pesan tiket online Tiket.com diluncurkan

2012: Traveloka dan idEA didirikan, Harbolnas diadakan dan diikuti 150 perusahaan

2014: Tokopedia mendapat kucuran investasi US$ 100 juta

2015: Tokobagus dilebur dengan Berniaga menjadi OLX Indonesia

2016: Pemerintah mengeluarkan roadmap e-commerce

E-commerce sendiri pertama kali perkenalkan tahun 1994 pada saat pertama kali elektronik bener dipakai untuk tujuan promosi dan beriklan di salah satu halaman website.

Menurut riset perdagangan elektronik menghasilkan penjualan sebesar 12,2 miliar dollar amerika pada tahun 2003 dan diperkirakan akan mencapai sekitar 25 triliun pada tahun 2011.

Istilah perdagangan elektronik awalnya adalah pemanfaatan transaksi komersial seperti untuk mengirim dokumen komersial seperti pemesanan atau pembelian invoice secara elektronik.

Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang memiliki istilah lebih tepat yaitu perdagangan web. Pembelian barang dan jasa melalui website server aman atau server khusus yang menggunakan enkripsi (HTTPS) atau VPN untuk merahasiakan data penting pelanggan.

Pada awalnya ketika website mulai terkenal pada tahun 1994 banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce sebuah potensi ekonomi baru di dunia bisnis. Tetapi baru sekitar 4 tahun kemudian protokol aman seperti https baru memasuki tahap matang dan banyak digunakan di tahun 1998 dan 2000.

Pada tahun tersebut juga banyak bisnis di Amerika dan Eropa sedang mengembangkan situs website perdagangan ini, Contohnya seperti Amazon.

 

Leave a Reply