Apa itu hosting & Domain

Apa itu hosting dan domain

Buat kamu yang ingin membuat website sendiri, kamu wajib tau nih apa saja yang kamu butuhkan sebelum kamu membuat website. Nah dipost kali ini saya akan bantu kamu buat lebih memahami apa saja yang dibutuhkan dalam membuat website agar kamu bisa lebih mudah dan cepat dalam membuatnya. OK langsung aja kita mulai dari Apa itu hosting dan Domain.

Yang kalian butuhkan pertama adalah menentukan terlebih dulu nama website kalian, misal imersmuda.com atau shannaldokarsten.com agar nantinya dapat langsung membeli domain dan hosting. dari tadi sudah disebut, apasih itu domain & hosting. ok langsung aja kita bahas.

Memahami Apa Itu Hosting

Apa itu hosting, mungkin bagi kalian yang sudah mencari tau terlebih dahulu atau dulu pernah mendapat pelajaran komputer pernah mendengar kata-kata ini. Tapi akan saya bantu jelaskan lagi dengan bahasa yang sangat mudah dipahami.

Ok, dalam membuat website anda memerlukan hosting untuk menyimpan semua data yang ingin anda tampilkan di website anda. Ibaratnya hosting ini adalah sebuah rumah yang nantinya menjadi tempat untuk barang-barang yang ada di dalam rumah tersebut. Dan hosting ini memiliki banyak sekali tipe, ada yang shared hosting dan juga vps atau provate hosting.

Perbedaannya apa, bedanya hanya jika shared hosting maka server hosting kamu berbagi dengan orang lain yang menyewa hosting tersebut juga. Ibaratnya seperti kamu menyewa sebuah kos kos an, anda menyewa sebuah ruangan kos, tetapi kamu memiliki tetangga sebelah yang sama juga menyewa kos di tempat yang sama. Kalau private ibaratnya kamu menyewa sebuah rumah, jadi tidak ada orang yang menyewa bareng.

ok kalau kalian sudah paham, berikutnya yang banyak di tanyakan orang adalah bagaimana cara memilih hosting yang baik ? Ok, sebenarnya semua hosting itu kurang lebih sama, dan yang membedakan hanya layanan dan juga fasilitas yang diberikan. Hosting yang saya rekomendasikan adalah hawkhost jika anda membayar menggunakan kartu kredit atau menggunakan dewaweb jika anda tidak memiliki kartu kredit.

Hawkhost adalah hosting dari luar indonesia, dan saya pribadi pakai hawkhost untuk hosting website imersmuda sudah kurang lebih 6 tahun dan tidak ada troubel. Kemudian yang harus anda perhatikan adalah pelayanan dari hosting tersebut jika suatu saat terjadi error atau hal lain, apakah memiliki pelayanan yang baik dan cepat. Dan selama ini hawkhost memiliki pelayanan yang cepat begitu juga dengan dewaweb, bedanya adalah dewa web adalah hosting lokal karya anak bangsa.

Untuk hosting saya rekomendasikan 2 di atas karena harga yang terjangkau dan juga pelayanan yang baik, dan tidak menyarankan anda untuk menggunakan hosting yang tidak terpercaya meskipun itu muncul di iklan anda. Saya punya pengalaman buruk dengan salah satu penyedia hosting yang sering banget iklan nya muncul dan hosting luar negeri juga yaitu G*d*ddy. Karena itu jangan sampai salah pilih hosting ya.

Kalau kamu ingin memakai hosting rekomendasi dari saya gunakan link ini untuk membeli dan masukan kode voucher ini untuk mendapatkan diskon spesial | HAWKHOST50 |

Nah, berapa sih harga hosting kira-kira untuk per tahunnya, ok hosting harganya bervariasi paling murah adalah sekitar 600rb – 2 jt an. Yang saya sarankan beli dengan kapasitas kurang lebih 10gb Storage penyimpanan untuk jangka panjangnya, dan jika kurang anda bisa upgrade ke paket yang lebih besar.

Memahami Apa Itu Domain

Apa itu Domain ? domain adalah nama atau alamat dari website kamu agar para pengunjung dapat mengunjungi website kamu. Nah nama domain ini bervariasi yang biasa kita paling kenal adalah .com dan .id

Perbedaanya apa ? bedanya kalau .id biasanya harganya lebih mahal dan membutuhkan persyaratan tambahan lagi dan ekstension .id khusus untuk negara indonesia. Karena itu biasanya orang lebih menggunakan ekstension .com

apa pengaruhnya ekstension dibelakang ? tidak ada pengaruhnya secara langsung pada website kamu, tetapi hanya pengaruh pada penamaan saja. Jadi biasanya yang saya sarankan adalah yang umum menggunakan ekstension .com.

Lalu ada pertanyaan apakah nama domain bisa dobel ? jawabannya tidak teman teman, karena setiap alamat memiliki 1 nama saja, sehingga tidak bisa dobel dengan alamat website lain, meskipun kamu beli dari penyedia nama domain mana saja. misal anda sudah membeli A.com maka tidak akan bisa dipakai lagi, karena A.com sudah teregistrasi.

Anda bisa membeli dengna nama yang sama tetapi menggunakan ekstension yang berbeda, misal A.id seperti itu.

Bagaimana caranya untuk membeli domain ? banyak sekali tempat untuk membeli domain, saya menyarankan untuk lebih mudah dalam setting menyambungkan nama domain dengan hosting, kalian membeli dari tempat kalian beli server hosting saja. Misal kalian beli dari hawkhost, maka kalian beli domain juga di hawkhost begitu juga jika kalian beli di dewaweb.

Nah berapa harga domain ? bervariasi tetapi rata2 harga domain .com sekitar 120rb sampai 150 rb pertahunnya. Berbeda dengan ekstension lainnya ya, jika .id biasanya lebih mahal bisa sampai 200rb per tahunnya.

Nah kalau kalian beli hosting ditempat yang saya rekomendasikan itu biasanya akan dapat paket yang sama domainnya juga, tetapi kalau kalian sudah punya domain tinggal skip aja pilihan tersebut.

Setelah kalian punya hosting dan domain saat nya untuk menginstall cms dengan cara menyetting domain dan hosting kalian menggunakan cpanel. Untuk caranya akan saya saya bahas di post berikutnya karena cukup kompleks dan panjang.

Ok sekarang kalian sudah paham mengenai apa itu domain dan hosting dan bagaimana cara mendapatkannya. Kalau kalian masih bingung kalian bisa akses kelas freenya untuk dapat melihat cara membeli dan mensettingnya di kelas cara membuat website.

Sampai jumpa di post berikutnya.

Write a comment