(Last Updated On: Juni 18, 2019)

apa itu marketplace – Berjualan online akhir-akhir ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain menawarkan kepraktisan, harga yang ditawarkan pun murah serta beraneka ragam barang bisa ditemukan. Di dalam berjualan online ada 2 hal yang perlu diketahui yaitu online shop dan marketplace. Apa itu marketplace? Penasaran? Berikut informasi mengenai marketplace.

Pengertian Marketplace

Nah, di dalam berjualan online tentunya sering mendengar istilah marketplace. Apa itu marketplace? Sebuah situs atau aplikasi yang menjadi perantara antara pembeli dan penjual, yang dimana dilakukan secara online. Marketplace bisa dikatakan  sebagai pihak ketiga yang menyediakan fasilitas serta tempat berjualan bagi pembeli dan penjual.

Berjualan online di marketplace sangat mudah dan menguntungkan. Mengapa? Karena penjual tidak perlu repot-repot mengelola toko online sendiri, membuat website dan lain-lain. Dengan adanya marketplace akan membuat transaksi jualan online semakin mudah dan sangat disukai banyak orang. Nah terjawab sudah pertanyaan apa itu marketplace.

Apa Perbedaan Online Shop Dengan Marketplace?

Pertanyaan seperti ini juga sering bermunculan di pikiran masyarakat. Online shop adalah toko online milik sendiri dan tanpa menggunakan perantara. Di dalam online shop, penjual harus dituntut mandiri. Mengapa? Karena penjual harus bisa mengelola tokonya secara sendiri, dimulai dari pembuatan website, metode pembayaran, menggunakan sosial media dsb.

Sedangkan di marketplace, penjual tidak perlu repot dengan hal itu. Mengapa? Karena semua itu diatur oleh marketplace. Marketplace memberikan metode pembayaran yang beraneka ragam. Penjual hanya memasukkan foto barang yang akan dijual beserta detailnya di situs marketplace. Terakhir penjual tinggal menunggu pembeli yang membeli produk/ barang.

Keunggulan Marketplace

apa itu marketplace

Banyak sekali kelebihan yang bisa diperoleh dengan bergabung di marketplace. Selain menawarkan kepraktisan untuk penjual, ada banyak keunggulan lainnya yang bisa diperoleh oleh penjual. Dengan adanya keunggulan-keunggulan ini, tak khayal jika marketplace menjadi solusi dalam melakukan bisnis kecil-kecilan. Berikut keunggulan dari marketplace:

1. Pengguna Yang Banyak

Banyak masyarakat yang menjadikan marketplace sebagai solusi dalam belanja online. Mengapa? Karena di marketplace menawarkan produk yang beraneka ragam. Dimulai dari produk yang susah dicari hingga produk yang unik. Hal inilah yang membuat marketplace disukai oleh banyak orang. Berikut situs marketplace yang dikenal oleh masyarakat:

  • Shopee
  • Tokopedia
  • Lazada
  • Buka lapak
  • Olx
  • Dsb

2. Sewa Toko Yang Murah

Bagi siapa saja yang ingin melakukan bisnis melalui marketplace, bisa melakukan sewa lapak/ toko di dalamnya. Harga yang ditawarkan pun sangat murah. Berbeda dengan offline, yang mengharuskan bisnis mengeluarkan uang yang banyak. Selain itu banyak juga situs marketplace yang memberikan sewa lapak gratis bagi penjual. Sangat menguntungkan bukan?

3. Terpercaya

Bagi penjual yang ingin berjualan di marketplace jangan khawatir. Mengapa? Karena hampir semua marketplace yang ratingnya tinggi dan banyak digunakan oleh user sangat terpercaya. Oleh karena itu, penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi secara aman dan tanpa adanya kecurangan.  Direkomendasikan untuk berjualan di marketplace yang menepati ranking 1-5.

4. Menyediakan Ongkir Gratis

Ada satu hal yang membuat marketplace digemari oleh banyak orang. Apakah itu? Yah, ongkir gratis. Dengan adanya ongkir gratis ini, akan membuat pembeli semakin tertarik untuk melakukan pembelian barang di marketplace. Hal ini akan membuat produk yang dijual oleh penjual laku keras dan banyak dicari oleh pembeli. Sangat menguntungkan bukan?

5. Mendapatkan Promosi Gratis

Apabila membuka online shop, maka penjual harus mempromosikan tokonya agar dikenal oleh banyak orang. Hal ini tentunya akan membuat penjual “wasting money”. Namun hal ini berbeda dengan marketplace. Marketplace biasanya akan memberikan promosi yang gratis bagi penjual. Hal ini tentunya akan membuat toko dan produk semakin dikenal masyarakat.

6. Mempunyai Banyak Metode Pembayaran

Hal terakhir yang menjadi keunggulan marketplace adalah bisa melakukan pembayaran ke semua rekening. Banyak pembeli yang menyukai hal ini karena tidak perlu membayar biaya tambahan lagi. Selain itu metode pembayarannya pun aman. Mengapa? Karena pembeli dan penjual akan diberitahukan apabila uang berhasil ditransfer. Dengan begitu akan mempermudah transaksi.

Nah, itulah informasi mengenai apa itu marketplace, perbedaan marketplace dengan online shop serta keunggulannya. Dengan adanya informasi ini tentunya akan membuat siapa saja tertarik untuk melakukan pembelian dan penjualan barang di marketplace. Selamat mencoba!


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian