Apa itu SSL, Dan Apa Fungsinya?

Apa itu SSL – SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer adalah suatu protocol layer transport yang digunakan dalam koneksi internet secara aman. Jika Anda memiliki website menggunakan koneksi server yang bagus atau secure maka Anda dapat mencoba menggunakan server ini atau biasa yang disebut dengan HTTPS:

Menggunakan HTTPS sangat bermanfaat bagi anda yang menyimpan data pelanggan atau bank dan juga data penting lainnya agar tidak dihack atau mudah diterobos oleh pengguna lain.

3 Tipe SSL, Apa itu SSL ?

Dalam SSL menawarkan tiga tingkat keamanan, yaitu:

  • Authentication: Memastikan pesan yang terikirim itu tersurat atau orang alias tidak spam
  • Confidentiality: Menjaga kerahasiaan file agar tidak mudah di hack oleh orang
  • Integrity: Memastikan agar file tidak berubah dalam proses perjalanan pengiriman
Apa itu SSL

Apa itu SSL

SSL dikembangkan oleh Netscape Communications agar bisa mengirim data secara aman lewat internet. Jika anda pernah memperhatikan di browser internet dengan menggunakan HTTPS, maka koneksi internet ini adalah menggunakan SSL yang umum digunakan pada suatu transaksi online. Jadi HTTPS adalah suatu protocol untuk melakukan transfer data yang terinkripsi melalui web.

Mengapa menggunakan SSL ? Untuk meng-enkripsi informasi sensitive.

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet  dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut.

Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL. Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

Apa itu SSL

Apa itu SSL

Apa bedanya HTTPS dan HTTP:

  • HTTPS melakukan koneksi melalui port 443, sementara HTTP menggunakan port 80
  • HTTPS mengirim / menerima data dengan inkripsi lewat protocol SSL, sementara HTTP mengirim data dengan plain text

Jadi dalam transaksi online, maka pastikan anda melihat online store anda menggunakan HTTPS dalam bertransaksi keuangan lewat internet.

 

 

Leave a Reply