(Last Updated On: Juni 6, 2019)

Apa Itu Template – Template website atau blog adalah tampilan desain dari halaman web atau blog yang kita lihat di layar laptop kita seperti gambar dan juga tulisan, slider dan juga plugin lainnya yang ada di template tersebut. Seperti yang anda lihat sekarang di laptop ini adalah template website, ada tulisan gambar widget dll itulah tampilan dari template yang saya pakai.

Website template atau yang biasa orang bilang adalah web template, dalam bidang ilmu komputer, arti kata template adalah :

“Sebuah dokumen atau file yang memiliki format preset, digunakan sebagai titik awal untuk aplikasi tertentu sehingga format tidak harus diciptakan kembali setiap kali digunakan”.

Sedangkan pengertian website template itu sendiri dalam situs wikipedia disebutkan bahwa :

“Web template merupakan komponen dasar dari suatu sistem template website yang memisahkan antara bagian konten dengan bagian presentasi dari suatu desain web. Web template digunakan untuk memproduksi dokumen web secara massal”.

ini adalah contoh dari halaman depan template:

Jika anda sudah pernah memiliki website, anda akan tau bagaimana cara memilih template dan mencari template yang bagus. Tetapi ternyata template itu ada banyak macamnya kita juga harus memilihnya. Jika anda bisa coding html, anda bisa membuat template sendiri dan dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda. Tapi jika anda tidak bisa coding, tidak perlu bingung, karena sudah di sediakan oleh wordpress untuk bisa anda langsung pakai.

Jika Anda ingin memiliki website, tenang saja di wordpress juga sudah banyak menyediakan template yang menarik dan SEO friendly, dan jika Anda inggin menggunakan template yang berada diluar wordpress Anda dapat mencari di mythemeshop atau themeforest dimana semua lengkap, tetapi harus berbayar untuk mendapatkan template yang menarik ini.

Dari wordpress sendiri juga memiliki rekomendasi template yang paling bagus agar dapat mendukung website anda, seperti dari loading speed, seo, tampilan dan masih banyak lainnya. Karena itu kita biasanya mencari template yang terbaik agar website kita bisa maksimal.

Apa Itu Template dan bagaimana strukturnya berdasrkan letaknya

apa itu template

  • Body

Adalah bagian paling dasar dan terluar dari bagian-bagian lainya, body pada blog biasanya memenuhi halaman dari browser Anda baru setelah itu barulah tersusun bagian-bagian lainya. Contohnya adalah yang anda lihat di tampilan saat membuka website itu biasanya adalah body

  • Outer-wrapper

Bagian ini adalah tempat dimana bagian-bagian dasar seperti header, main wrappersidebar dan footer tersusun diatas bagian ini, ini juga tampilan terluar atau yang bisa anda lihat di website saat anda pertama kali buka.

  • Header

Adalah bagian atas template karena berfungsi sebagai informasi suatu blog yang akan dibaca oleh pengunjung blog diantaranya judul blog dan deskripsi blog. Pada Umumnya di header ini ada beberapa bagian lagi :

  1. Navbar, merupakan kolom navigasi yang secara default disediakan oleh blogspot.
  2. Title -wrapper ( header h1),adalah kolom tempat Area title Blog
  3. Header (header h2), tidak semua template memiliki header h2, letaknya disebelah title wrapper,sering digunakan untuk meletakkan banner
  4. croscol, atau kolom yang terletak antara Header dan main-wrapper,Contohnya pada blog ini adalah pada banner yang letaknya diantara menu dan bagian posting ini
  • Main-wrapper 

atau Sering disebut juga  area Postingan karena pada main wrapper adalah area postingan pada suatu Blog. Jika anda ingin megupdate tampilan website seperti postingan yang rutin, tempatnya adalah di main wrapper ini.

  • Sidebar-wrapper

adalah kolom yang letaknya disamping (baik kanan maupun kiri) dari main-wrapper dan jumlah nya beragam berfungsi sebagai tempat penyimpanan gadget/widget misalnya gadget yang telah disediakan oleh pihak blogger maupun luar blogger . dari asal namanya saja kita sudah tahu yaitu side + bar, yang artinya kurang lebih kotak yang letaknya disamping

  • Footer-wrapper

ini sama halnya seperti sidebar yaitu tempat penyimpanan gadget/widget pada blog kita namun footer tempatnya dibagian layout paling bawah yaitu dibawah main wrapper dan sidebar. Tapi selain template penyimpanan gadget, footer juga berisi data penting berupa copyright serta perancang dan desain template loh

Sekian dulu pengenalan tata letak bagian-bagian template,selanjutnya akan dibahas stu persatu mengenai Isi atau kode dari Template itu sendiri.Maka dari itu simak selalu Yang penting share.jangan lupa dibookmark yah!


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian