(Last Updated On: Juni 9, 2019)

Apa Itu YoutubeYouTube adalah sebuah situs website berbagi video terbesar dan terbaik di dunia asal setelah mesin pencari Google asal amerika. Youtube saat ini sudah menggantikan Tv dan YouTube menjadi situs pencari video ke 2 setelah mesin pencari Google.

Youtube adalah web yang didirikan sekitar tahun 2005 dan dibeli oleh google pada tahun 2006 dan sampai sekarang YouTube telah menjadi situs berbagi video yang besar di dunia.

Nah, Apa kelebihan YouTube dibandingkan dengan Tv ?

Di youtube kita lebih bebas dan orang bebas untuk mengupload dan membuat konten video dengan kreatif dan juga kita dapat dibayar oleh google langsung dan diberi penghargaan. Menariknya lagi youtube dapat dilihat secara global dan tidak memerlukan biaya untuk mengupload video ke youtube. Tetapi tetap akan ada aturan yang berlaku.

Apakah anda tertarik untuk membuat YouTube Channel sekarang ?

Kebanyakan konten video YouTube berasal dari “creator” atau bisa disebut orang yang mendaftarkan diri dan membuat channel mereka disana. Nantinya mereka bisa membuat dan mengupload video mereka lewat channel yang mereka buat. Bahkan sekarang ini program televisi juga sudah banyak masuk ke channel YouTube.

Pengguna dari seluruh dunia atau seluruh indonesia dapat melihat video di channel kita. Karena itu banyak sekali orang ingin membuat channel di YouTube bahkan program televisi sekalipun.

Mengapa Harus Youtube ? | Apa Itu Youtube

Apa Itu Youtube

Apa Itu Youtube

YouTube saat ini menjadi aplikasi atau situs berbagi video terbesar didunia dan belum ada yang mengalahkannya. Selain itu juga Youtube menjadi mesin pencari terbesar ke 2 setelah google. Mengapa bisa menjadi seperti itu ?

YouTube saat ini sangat populer dan di YouTube anda dapat berkarya dan membuat video sebanyak banyaknya tidak akan dibatasi dan karya anda dapat dihargai. Meskipun anda bebas berkarya tetapi tetap ada beberapa peraturan di YouTube yang harus Anda taati.

Di YouTube peraturan copyright atau hak cipta sangat ketat sehingga kita tidak boleh memakai hasil karya orang lain yang sudah diklaim. Tetapi karena itu YouTube membuat terobosan fitur baru yang namanya “creator content” atau “CC”.

Nb. Selain itu anda juga bisa menghasilkan uang lewat Youtube dengan beberapa cara yang nanti akan di jelaskan dibawah secara singkat !

Fitur-Fitur Youtube Yang Harus Anda Ketahui

Dengan semakin berkembangnya jaman, YouTube terus mengupdate dan mengembangkan fiturnya, sehingga banyak fitur fitur baru yang ada saat ini. Fitur-fitur ini harus anda ketahui agar bisa memanfaatkan YouTube dengan baik.

1. Mematikan Video Anotasi

Anotasi berupa video yang disarankan oleh YouTube untuk anda karena berkaitan dengan video yang anda tonton. Biasanya videonya dianggap berkatian dengan video yang sedang anda lihat dan fitur ini sangat berguna untuk anda yang nonton video ber episode. Dan juga biasanya fitur ini dimanfaatkan YouTuber atau content creator agar penonton melihat video video mereka yang lain.

Dari sisi creator mungkin ini bisa menjadi menguntungkan tetapi juga bisa merugikan, karena tidak semua orang suka dengan terganggunya video yang sedang mereka lihat. Jika anda sebagai pengguna, anda tidak perlu skip atau close videonya tapi bisa mengklik pengaturan di bagian kanan atas, kemudian klik Playback dan hilangkan tanda centang pada bagian Video Annotations.

2. Membuat Video Autoplay

Jadi Fitur ini adalah fitur yang baru dikeluarkan YouTube, jadi ketika kita sudah selesai menonton video nantinya kita akan diarahkan ke video berikutnya untuk menonton lagi. Dan canggihnya alogaritma YouTube bisa mereferensikan video yang berkaitan dengan yang kita lihat sebelumnya.

Untuk anda yang suka atau hobi mendengarkan lagu di YouTube mungkin akan sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Karena kita tidak perlu lagi mencari videonya dan langsung bisa di putar.

Untuk menyalakan atau mematikan fitur ini, ada di bagian kanan layar, di atas pilihan-pilihan video untuk ditonton selanjutnya. Di bagian tersebut, tertulis ‘Autoplay ’ dengan tanda centang di sampingnya. Klik tanda centang untuk mengatur apakah Anda mau mematikan atau menyalakannya.

3. Mengunduh Video dengan Cepat

Kadang ketika kita mencari video di YouTube kita menemukan video yang menarik dan kita ingin menyimpannya untuk ditonton kembali nanti. Untuk menyimpan video yang ada pada Youtube, mudah saja caranya, yaitu dengan menambahkan huruf “sspada url video yang sedang ditonton di antara www. dan youtube. Contoh: www.ssyoutube.com/

4. Mengatur Kecepatan Video

Fitur ini juga fitur yang baru, dan fitur satu ini sangat bermanfaat untuk Anda yang suka melihat video tutorial agar anda bisa mengikuti tutorial yang diberikan dan tidak kelewatan. Video di YouTube bisa anda atur untuk diputar lebih cepat atau lebih lambat sesuai preferensi penonton. Caranya mudah saja, perhatikan tombol pengaturan/settings di bagian kanan bawah video, kemudian klik tombol tersebut, klik bagian Speed’.

Untuk mempercepat video, pilih speed yang lebih tinggi dari normal, antara 1,5-2. Jika ingin memperlambat video, pilih angka yang lebih kecil dari normal, yaitu 0,25-0,75.

Manfaat Youtube Selain Untuk Hiburan

Apa Itu Youtube

Selama ini, lebih banyak orang mengakses Youtube untuk menonton video yang sifatnya hiburan. Padahal, dengan memiliki akun sendiri dan membuat video yang kreatif, seseorang bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan dari video yang diunggahnya. Ini dia manfaat youtube selain untuk hiburan :

1. Mencari Penghasilan Melalui Google AdSense

Jika video-video yang kita unggah melalui akun pribadi memiliki cukup banyak penonton, daftarkan saja akun youtube ke Google AdSense yang akan membayar Anda setiap kali ada orang yang mengklik iklan sebelum video ditayangkan (terkadang di tengah-tengah video).

Walau begitu, ada syarat tertentu agar video bisa dimonetisasi, yaitu sebuah akun harus memiliki video yang sudah tayang sebanyak minimal 10.000 views. Angka yang tidak besar jika video yang Anda miliki cukup kreatif dan menghibur.

2. Mempromosikan Perusahaan/Profil Individu

Di era informasi ini, kurang afdol rasanya jika sebuah perusahaan tidak memiliki video profilnya sendiri. Seseorang juga dituntut untuk lebih kreatif mempromosikan dirinya melalui video CV. Youtube dapat menjadi wadah yang menampung profil berbagai macam perusahaan dan individu agar memiliki citra baik bagi siapa saja yang menontonnya sekaligus hal ini untuk keperluan internet marketing.

3. Menonton Tayangan Berita yang Terlewat

Hampir semua satasiun televisi kini juga membuat akun official tersendiri untuk mendokumentasikan berbagai acara yang telah ditayangkan, termasuk berita. Jadi tidak ada lagi istilah ketinggalan berita, karena semua yang tertinggal bisa dikejar melalui video-video yang ada dalam Youtube.

Itulah penjelasan mengenai pengertian youtube beserta manfaat dan fitur-fiturnya. Youtube memang membawa perubahan besar di masa kini. Dengan berbagai fitur yang semakin lengkap, pengguna Youtube semakin dimanjakan untuk mengenal dunia melalui video yang diunggah oleh sesama pengguna.

Walaupun begitu, setiap pengguna Youtube harus tetap memperhatikan waktu ketika mengakses situs yang satu ini, karena jika terlalu asyik, terkadang waktu seakan sangat cepat berjalan dan dapat melalaikan pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

Apa itu youtube adsense ?

Jika anda seorang yang update dengan teknologi dan perkembangan jaman, anda pasti tidak asing dengan kata google adsense. Tetapi, apakah anda tau apa kegunaan dari google adsense? dan apa hubungannya dengan youtube ?

Adsense adalah produk google dimana anda bisa mendapatkan uang dari sana, dengan cara membuat video youtube. 

Jika anda masih belum paham perhatikan contoh berikut !

Jadi youtube adalah platformnya, tempat anda berkreasi dan adsense adalah sebagai tempat untuk menghasilkan uang berupa iklan di sela video kita. Jika nanti orang klik iklan di video kita maka, kita akan mendapatkan uang.

Apa Itu Youtube

Apa Itu Youtube

Jadi dari youtube anda bisa mendapatkan penghasilan dengan cara memonetized video anda. Caranya adalah dengan mendaftar Adsense dan nantinya iklan akan muncul dengan sendirinya di video anda seperti gambar diatas.

Iklan sendiri juga banyak modelnya, seperti yang kita tau ada banner ads seperti contoh diatas, dan video ads. Harga klik iklan tersebut juga berbeda, iklan video mendapat lebih banyak terutama iklan yang tidak bisa di skip.

Kisaran klik iklan juga relatif dan sampai sekarang belum ada yang tau pastinya. Perkiraan $0,1 dollar per klik. Tapi tidak usah kawatir sudah banyak youtuber indonesia yang membuktikan bahwa dia bisa mendapatkan banyak penghasilan dari youtube.

Apa Itu YouTube Marketing ?

YouTube marketing bisa diaritkan sebagai kegiatan pemasaran (marketing) yang dilakukan melalui YouTube. Ambil contoh, Anda memiliki usaha jasa travel. Lalu Anda membuat dan membagikan video panduan wisata di YouTube. Nah, dalam video tersebut Anda memuat promosi tentang jasa travel Anda. Jika itu dilakukan, maka itu sudah termasuk YouTube marketing.

Mengapa?

Sebab Anda sudah menggunakan YouTube untuk kegiatan pemasaran.

Karena konten di YouTube berupa video, maka kegiatan YouTube marketing pun tidak bisa lepas dari adanya video. Berikut contoh-contoh kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui YouTube.

Bagaimana Cara Memulai YouTube Marketing?

YouTube marketing dapat dilakukan oleh siapapun yang bergerak dalam bidang pemasaran. Entah itu para internet marketer, blogger, pemilik online shop, pemilik UKM, dan lain sebagainya. Bahkan seorang trainer, penulis, dokter, dan berbagai profesi lain juga bisa memanfaatkan YouTube sebagai sarana pemasaran.

Tak hanya itu, YouTube marketing juga dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Sudah tentu perusahaan harus eksis di media sosial agar lebih dekat dengan pelanggan dan target pasar mereka. Brand-brand besar seperti Oreo, BukaLapak, Tokopedia, dikenal cukup sering melakukan pemasaran melalui YouTube.

Intinya, YouTube marketing dapat dilakukan oleh mereka yang ingin memasarkan sesuatu melalui YouTube. Contoh, Anda adalah seorang penulis buku investasi. Lalu Anda ingin memasarkan buku tersebut. Anda dapat membuat channel di YouTube. Melalui channel tersebut Anda membagikan berbagai video seputar edukasi investasi. Nah lewat video-video tadi Anda bisa sekaligus mempromosikan buku Anda.

Pun demikian bagi Anda yang menjalani profesi lain, Anda juga bisa melakukan YouTube marketing.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian