Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace

Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace – Banyak orang ingin berjualan online dengan cara membuka toko online tetapi tidak tau bagaimana caranya. Banyak orang juga belum paham mengenai apa itu toko online dan apa bedanya dengan marketplace. Memang di indonesia ini sudah sangat berkembang sekali e-commerce nya, jadi kalau tidak di imbangi dengan pengetahuan marketplace dan toko online saat kita ingin berbisnis e commerce bisa saja kita terjebak dan terjerumus.

Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace

Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace

Karena itu di artikel ini saya akan sharing mengenai apa perbedaan dari toko online dan juga marketplace yang biasa kita temukan di indonesia dan sedang melejit pesat saat ini. Sebelum saya bercerita dan menjelaskan mungkin ada yang belum tau mengenai marketplace dan toko online yang ada di indonesia.

Beberapa di antaranya ada tokopedia, bukalapak, lazada, mataharimall, dan lain-lain. Salah satu toko online terbesar di dunia adalah amazon dan sedang di susul oleh alibaba yaitu perusahaan toko online dan e commerce terbesar di dunia setelah amazon.

Dan yang paling penting apakah anda tau peluang bisnis ini akan terus berkembang sampai 20 tahun kedepan. Mengapa? Karena di era digital dan online ini semua menggunkan internet serta gadget sebagai penunjang kehidupan baik dari segi kebutuhan sampai perkerjaan. Jadi bagaiamana apa anda sudah cukup open minded dengan peluang bisnis online ini?

Baca disini: Perkembangan E Commerce Di Indonesia

Ok langsung aja ke topik utama yaitu mengenai Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace.

Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace

  • Toko online
Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace

Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace

Yang pertama adalah toko online, toko online di indonesia adalah seperti lazada dan mataharimall dan yang terbesar dan tertua di dunia adalah amazon. Toko online ini membantu kita untuk mendapatkan barang lebih mudah dan prinsip toko online ini adalah Pihak penjual akan memberi barang secara grosir dan menjualnya secara retail kepada para pelanggan melalui perantaraan komunikasi via interenet.

Jadi istilahnya kita sebagai penjual atau seperti lazada dan amazon yang menyediakan affiliate atau kita menyuruh orang lain untuk menjual barang kita dan nantinya akan diberi komisi sesuai ketentuan. Biasanya sistem affiliate pada toko online ini dilakukan oleh toko online yang sudah bersar dan sudah pasti keuntungannya.

Kelebihan dari menjual barang di toko online adalah kita tidak perlu berpikir untuk pemasaran dan kita hanya perlu langsung memajang dan mendatangkan trafik agar banyak pembeli. Biasanya membutuhkan website untuk menjual barang di toko online ini.

Perlu di ketahui kalau toko online disini adalah toko online bukan milik pribadi, biasanya ada orang ingin membuat toko online pribadi dengan menjual produk tertentu. Sebenarnya konsepnya sama tetapi hanya mendapat keuntungannya saja yang berbeda. Karena jika kita membuat sendiri toko online maka kita juga harus memikirkan pemasaran dan juga produk yang kita jual serta packaging.

  • Marketplace
Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace

Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace

Berbeda dengan toko online, marketplace ini lebih seperti penyedia transaksi atau bisa di istilahkan sebagai tempat pasar dimana memeliki pengunjung pembeli dan penjual berada dalam satu tempat. Marketplace yang cukup terkenal di indonesia adalah tokopedia yang sudah menjangkau hampir seluruh wilayah indonesia.

Marketplace ini biasanya memiliki tawaran untuk para penjual membuka toko di website mereka dan nantinya akan di atur oleh sistem dan program di marketplace tersebut dan secara otomatis akan dicarikan pengunjung jika kualitas dan produk kita bagus dan layak untuk dijual. Untuk masalah transaksi dan keamanan dari website atau marketplace ini terjamin dan memiliki security yang tinggi.

Kelebihan dari membuka toko di marketplace adalah kita bisa mengelola sendiri barang yang ingin kita jual dan juga mengelola toko kita. Pemasaran juga sudah di atur oleh sistem dan kita tidak perlu memliki website untuk menjual di marketplace, kita hanya perlu memikirkan produk yang akan kita jual.

 

Sekian artikel mengenai Apa Perbedaan Toko Online Dan Marketplace, semoga dengan adanya artikel ini dapat membuka wawasa dan memperjelas pengetahuan mengenai toko online dan juga marketplace untuk berbisnis online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Leave a Reply