Buat Mahasiswa, Inilah Bagaimana Cara Bisnis Online Yang Sukses Diawali

(Last Updated On: April 17, 2019)

bagaimana cara bisnis online – Punya uang lebih buat anak kuliahan itu sesuatu yang luar biasa. Jelas saja, di saat hidup jauh dari orangtua, uang harus diirit. Hal ini pun berlaku bagi beberapa orang yang tinggal bersama orangtuanya. Ada yang gengsi minta uang tambahan. Kalau sudah begini, harus memutar otak bagaimana cara bisnis online.

Mengapa bisnis online yang dipilih? Mengingat mahasiswa itu jadwalnya tak tentu dan kegiatannya banyak, bisnis online memberikan peluang keleluasaan waktu. Luasnya potensi pasar dan perkembangan bisnis pun dua hal yang menguntungkan di dalamnya. Cek beberapa poin di bawah ini apakah sudah dilakukan sebelum memulai bisnis online:

Untuk Mahasiswa, bagaimana cara bisnis online yang sukses ?

bagaimana cara bisnis online

1. Kuatkan Niat Dan Keyakinan

Kedengarannya memang sepele, tapi percayalah ini yang membuat segala sesuatunya berhasil. Tanpa adanya niat, sesuatu pasti tidak dijalani dengan serius. Begitu pun tanpa keyakinan berhasil, akan mudah mundur jika menghadapi rintangan. Keduanya harus ada dalam diri pebisnis, meskipun masih seorang mahasiswa.

2. Peka Terhadap Lingkungan

Tak jarang bisnis yang sukses justru karena empati terhadap lingkungan sekitar. Tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan. Atau bisa juga berangkat dari permasalahan yang ada, bisa di lingkungan rumah, kampus, atau organisasi. Cari solusinya lalu jadikan itu sebuah bisnis yang bisa dijual secara online. Sekarang waktunya buka mata, telinga, pikiran, dan hati.

3. Jangan Gaptek

Ceritanya mau bisnis online tapi tidak melek teknologi. Bagaimana bisa? Dunia internet dekat dengan segala perubahan yang cepat. Adaptasikan diri dengan perkembangan zaman. Ini sangat membantu untuk perkembangan bisnis online ke depannya.

4. Banyak Bergaul Dan Belajar

Jangan kuper (kurang pergaulan) dan luaskan pertemanan. Lihat dan perhatikan orang-orang yang sudah lebih dulu sukses berbisnis. Tanyakan kepada mereka bagaimana cara bisnis online yang baru dirintis bisa konsisten dan menguntungkan. Pelajari dan terapkan sendiri, namun perlu diingat tidak semua cara bisa diaplikasikan ke berbagai jenis bisnis.

5. Ikut Grup Atau Forum Online

Ini masih termasuk dari bagian pertemanan. Bedanya, pertemanan ini dilakukan secara online. Ada banyak grup atau forum diskusi yang membahas bagaimana cara bisnis online di berbagai bidang, misalnya program MLM, dropshop pakaian, hingga bimbingan bisnis online. Biasanya anggota di dalam grup ini memiliki bidang bisnis sejenis. Keuntungannya adalah ilmu mereka bisa dipakai untuk bisnis yang baru akan dimulai ini.

6. Mulai Dari Hobi Atau Kemampuan

Beberapa dilema dari orang yang baru akan memulai bisnis adalah bingung mau bisnis apa. Tenang saja, ini sesuatu yang wajar. Selain masih minim ilmu, terkadang saat sedang semangat inginnya semua digarap. Pertahankan semangat itu, namun tetaplah fokus. Coba mulai dari hal yang sederhana dan mudah dilakukan, misalnya hobi.

Bisnis online yang diawali dengan hobi harus diiringi dengan kemampuan “menjual diri”. Artinya, harus bisa meyakinkan orang akan kualitas dari produk atau jasa ini. Sebagai contoh, jasa penerjemah online. Yakinkan calon klien bahwa hasil pekerjaan tidak kalah dengan jasa penerjemah professional. Hal ini bisa dilakukan lewat Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya.

7. Cari Yang Modalnya Rp 0,-

Ada banyak bisnis online yang dimulai tanpa modal. Selain bisa dimulai dari hobi, bisnis online dengan modal Rp 0,- bisa dilakukan dengan sistem tertentu. Misalnya, dengan menjadi reseller atau menjalani dropshop. Intinya, sebagai mahasiswa harus tahu bagaimana cara bisnis online dengan modal seminimal mungkin untuk dapat keuntungan sebanyak-banyaknya.

Kunci dari bisnis modal Rp 0,- adalah keengganan untuk mengeluarkan modal dalam bentuk uang sepeserpun. Makannya harus jeli dalam memilih jenis bisnis online yang akan dijalan kan. Selain itu, maksimalkan Instagram, Facebook, forum online, website, blog, dan media online lainnya untuk pemasaran.

Sekarang masih bingung apa yang harus dilakukan? Coba lakukan refleksi diri. Sebelum masuk ke jenis bisnis, tanyakan sebenarnya apa tujuan dari bisnis online ini? Bagaimana cara bisnis online ini tetap berjalan nantinya? Apakah mau untuk jangka pendek atau jangka panjang yang bisa dikembangkan? Jawab pertanyaan-pertanyaan itu sambil melakukan beberapa poin di atas. Sayang sekali kalau bisnisnya berpotensi tapi tidak dijalani dengan serius atau hilang fokus. Semangat terus dan selamat mencoba berbisnis!

Leave a Reply