(Last Updated On: Juli 23, 2019)

Bagaimana cara bisnis onlineBisnis online menjadi sebuah peluang yang terbilang besar untuk mencapai sebuah kesuksesan. Ditengah gencarnya teknologi, bisnis online menjadi sarana pendukung yang banyak dilirik masyarakat. Namun bagaimana cara bisnis online yang benar sehingga mampu untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang besar?

Bagi seseorang yang awam atau baru mengenal bisnis online tentunya akan kesulitan dalam menjalankan bisnis online. Padahal ketika seseorang sudah paham akan alur untuk menjalankan bisnis online, cara yang dilakukan lebih mudah dibandingkan dengan bisnis konvensional. Nah, untuk lebih lanjut mengenai cara bisnis online tersebut, berikut ulasannya!

Bagaimana cara bisnis online yang baik ?

bagaimana cara bisnis online

1. Mengerti Apa Yang Ingin Dipasarkan

Sebelum melakukan bisnis online, pastikan untuk mengetahui seperti apa usaha atau bisnis  yang hendak dijalankan. Dengan mengerti produk apa yang hendak dijalankan tentunya akan dengan mudah untuk mengambil langkah dalam melakukan pemasaran setelahnya. Pastikan anda menekuni dan paham benar dengan produk tersebut.

Dari sebuah pemahaman produk yang akan dijual, tentunya akan menjadikan kualitas sebuah produk lebih terjaga. Selain itu, memahami selera yang ada di pasaran juga menjadi pendukung untuk mencapai sebuah produk yang benar-benar diminati dan berakibat pada pemasaran yang lebih mudah.

2. Meneliti Pesaing

Melakukan penelitian terhadap pesaing menjadi cara awal yang penting ketika hendak melakukan bisnis online. Tidak data dipungkiri bahwa pesaing yang ada dalam bisnis online terbilang sangat besar dan bahkan biasanya dengan produk yang benar-benar sama. Melakukan riset meliputi bagaimana cara mereka menjual serta taktik yang dilakukan juga akan menjadikan pandangan anda lebih luas.

Untuk melakukan penelitian tersebut anda bisa membuka sebuah marketplace seperti halnya tokopedia, lazada, buka lapak atau marketplace lainnya yang memang banyak dikenal masyarakat. Dengan melihat rating yang tinggi, pelajarilah bagaimana toko tersebut menjalankan bisnisnya. Kemudian apa yang dianggap penting, terapkan dalam bisnis yang akan dijalankan.

3. Mencari Supplier

Ketika anda menjual sebuah produk yang benar-benar hasil karya tangan anda sendiri, tentunya hal ini tidak  perlu dilakukan. Namun ketika anda hanya sebagai penyalur dan bukan menciptakan barang sendiri tentunya mencari supplier menjadi bagian awal setelah mendapatkan ide produk yang hendak dijalankan. Mencari supplier ini tidak menutup kemungkinan juga mencari supplier hingga ke luar negeri.

Carilah supplier yang benar-benar berkualitas namun tingkat harga yang ditawarkan terbilang rendah. Hal tersebut akan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi anda. Kini banyak sekali supplier di Indonesia yang menawarkan untuk dijadikan ajang kerja sama baik itu menjadi dropshipper maupun reseller. Setelah itu, anda hanya perlu mencari cara untuk menjual secara lebih unggul.

4. Mulailah Berjualan

Ketika bertanya bagaimana cara bisnis online, maka jawabannya yaitu mulailah berjualan. Anda bisa membangun sebuah website. Sebuah website menjadi ladang awal seperti halnya toko. Di website tersebut yang akan menjadikan sebuah nama dan ajang untuk memperoleh keuntungan yang besar terlebih ketika anda mampu untuk membangun website yang menarik dengan segala strategi yang diterapkan.

Selain membuka website pribadi, anda juga bisa ikut bergabung menjadi seller dalam beberapa marketplace. Dengan membuka website marketplace yang diinginkan dan daftar menjadi seller dengan membaca segala ketentuan yang ada. Sekarang ini cara bergabung menjadi seller di beberapa marketplace seperti shoppe, lazada, tokopedia maupun yang lainnya terbilang mudah.

6. Beriklan Secara Gratis Maupun Berbayar

Beriklan melalui media sosial baik secara gratis maupun berbayar sudah bukan hal yang asing lagi. Hal tersebut sering kita lihat dari seorang pebisnis yang memang menjalankan bisnisnya secara online. Dengan melakukan periklanan, volume penjualan tentunya akan meningkat.

Semakin sering menjalankan iklan, tentunya akan semakin luas orang mengetahui bisnis online kita. Terlebih ketika mampu menerapkan iklan yang berbayar. Bidikan yang jitu terhadap pelanggan akan dengan mudah dilakukan.

7. Melakukan Promo

Untuk membangun sebuah nama, terlebih dahulu anda melakukan sebuah promo. Promo ini untuk mulai memikat customer agar bisa untuk mengenal kita. Banyak orang yang akan mulai melirik ketika terdapat promo yang diadakan dalam bisnis online ini. Karena banyak pesaing yang juga menjual produk yang mungkin sama dengan kita, tentunya cara tersebut akan dengan mudah untuk menarik pelanggan.

Dengan mengetahui bagaimana cara bisnis online, seseorang tentu akan dengan mudah menjalankan usaha di era digital ini. Dengan persiapan yang matang dan keyakinan yang kuat, tentunya untuk memperoleh kesuksesan bukanlah hal yang sulit.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian