(Last Updated On: Januari 1, 2020)

Cara Membuat Video Youtube Yang Menarik – Karena banyaknya dan berkembangnya platform berbagi video YouTube, imersmuda tertarik untuk berbagi tips kepada kamu bagaimana cara membuat video yang kreatif dan menarik untuk dapat anda bagikan kepada penonton. Nah di artikel kali ini kita akan membahas hal tersebut.

Target penonton

Untuk membuat video sebaiknya anda memilih konten yang menunjukan spesifikasi khusus, seperti gaming, comedy entertaintment, daily vlog, lesson, dll. Penonton lebih suka melihat video yang akrab dengan hobi dan keseharian mereka. Jadi, cobalah untuk menyesuaikan konten Anda dengan komunitas tertentu. Berikut beberapa cara untuk melakukannya:

  • Targetkan penonton di tingkat channel. Misalnya, channel game mungkin ditujukan sepenuhnya untuk pemain game tertentu.
  • Targetkan penonton di tingkat video. Anda dapat menentukan untuk membuat video bagi demografi tertentu, seperti orang tua atau remaja.
  • Targetkan penonton yang belum terlayani. Beberapa penonton tidak banyak memperoleh konten yang sesuai keinginan di media lain, sehingga mereka membuka YouTube untuk menemukan komunitas yang cocok.

Buat channel anda mudah ditemukan

YouTube adalah salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Anda dapat memikirkan judul yang tepat agar video anda dapat mudah di cari oleh orang menggunakan kata kunci tertentu:

  • Masukkan topik yang sedang trending ke video Anda. Desain konten Anda agar terkait dengan topik yang sedang trending dalam berita atau budaya populer. Anda dapat menggunakan sumber informasi seperti Google Trends atau Twitter Trends.
  • Buat konten yang konstan. Buat video yang menjawab pertanyaan sehari-hari atau memecahkan masalah umum tentang “cara untuk”, seperti renovasi rumah atau tips kecantikan.
  • Jadilah ahli pengoptimalan. Simak pelajaran kami tentang penelusuran dan penemuan untuk mempelajari hal-hal yang bisa membuat video Anda sering terlihat di YouTube.

Mudah diakses

Saat kamu membuat video baru, coba posisikan bahwa tidak semua orang sudah melihat video Anda sebelumnya. Video terakhir Anda mungkin adalah hal pertama yang mereka lihat dari channel Anda. Anda dapat meningkatkan aksesibilitas konten dalam beberapa cara:

  • Jangan menghubungkan setiap video dengan sembarangan. Coba rancang video yang masuk akal tanpa penonton harus mengetahui kisah latar belakangnya. Misal membuat video dengan episode atau part 1 dan part 2.
  • Tampilkan ringkasan konten secara singkat. Jika sesuai, buat pengantar yang memberikan konteks terkait hal yang akan dilihat penonton.
  • Buat pesan ajakan kuat yang menunjuk pada video lain. Biarkan penonton mengetahui cara menemukan konten terkait di channel Anda melalui kartu atau layar akhir.

Kolaborasi

Kolaborasi adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan jumlah penonton di YouTube, serta menjalin hubungan dalam komunitas kreator yang antusias dan aktif. Berikut beberapa tips untuk melakukan kolaborasi:

  • Buat “slot tamu” dalam format Anda. Anda dapat mendesain format dengan cara yang mempermudah dan logis bagi kreator tamu untuk berkunjung ke channel Anda. Acara wawancara adalah contoh yang paling umum.
  • Jangkau kreator yang tepat. Coba temukan kreator dalam genre Anda atau kreator khusus yang melayani penonton serupa atau memiliki minat seperti Anda. Dengan cara tersebut, kemungkinan penonton akan terus menonton di channel Anda.
  • Perhatikan tamu Anda. Hal ini membantu menampilkan tamu secara menonjol dan dengan cara yang positif. Jika mereka bangga dengan video tersebut, kemungkinan mereka akan melakukan lintas promosi.

Mudah dibagikan

Membagikan video bisa menjadi tindakan yang efektif karena orang-orang menemukan channel Anda dari orang yang paling mereka percayai, yakni teman dan keluarganya. Beberapa tips agar video mudah dibagikan:

  • Buat video berdasarkan topik yang sedang hangat. Jika ada berita terbaru atau hal yang sedang trending, Anda dapat ikut membahasnya dengan membuat video tentang hal tersebut sesuai perspektif Anda.
  • Mudah dihubungkan. Coba pancing emosi penonton terkait subjek yang mereka pahami, entah sesuatu yang lucu atau serius.
  • Bermanfaat. Lihat bagaimana Anda dapat memberikan nilai praktis kepada penonton. Misalnya, dapatkah Anda membuat video tutorial yang benar-benar bermanfaat?

Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian