Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Terbaru 2016

Cara Menggunakan Instagram

Cara Menggunakan Instagram Instagram adalah aplikasi sosial media untuk berbagi foto dan video antar sesama pengguna aplikasi instagram. Perangkat yang memiliki fitur filter digital dan editing memungkinkan penggunannya untuk mengedit foto dan langsung mengunggahnya melalui Instagram. Jadi Aplikasi Instagram berguna sebagai aplikasi untuk mengedit foto dengan efek dan membagikan foto.
Instagram merupakan salah satu aplikasi yang kini sedang nge-trend dan banyak digunakan orang-orang, khususnya bagi pengguna smartphone, karena mereka ingin up-to-date sehingga instagram pun banyak dipakai di kalangan remaja. Pada awalnya, aplikasi Instagram hanya dapat digunakan melalui iOS atau di download di IOS dan kemudian aplikasi ini dapat berjalan di OS Android hingga kini, dan telah memiliki pengguna aktif lebih dari 200 juta orang.
 
Namun masalahnya, masih ada banyak orang yang bingung dan tidak tau soal instagram dan bahkan tidak tau bagaiman Cara Menggunakan Instagram itu? Maka melalui postingan ini saya akan menjelaskan cara menggunakan instagram secara lengkap dengan panduan yang mudah dipahami untuk pemula sekalipun. Ini adalah versi update terbaru 2016 Instagram.

Cara Menggunakan Instagram Panduan Lengkapnya

Jika Anda belum mempunyai akun instagram maka Anda harus membuat akun Instagram terlebih dahulu, sebelum Anda menggunakan Aplikasi Instagram. Jika belum punya, silahkan mendaftar dahulu. Anda dapat melihatnya di Panduan Mendaftar Instagram.

Baca juga: Panduan Mendaftar Instagram
 
Setelah Anda memiliki sebuah akun instagram, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memahami fungsi dari menu-menu yang terdapat pada tampilan bar di aplikasi Instagram. Silahkan lihat gambar di bawah ini
Cara Menggunakan Instagram

Cara Menggunakan Instagram

Setelah Anda memahami atau melihat ikon di bawah hp Anda, sekarang akan saya jelaskan
 
 
1. Home
 
Screenshot_2016-09-05-18-32-02-583_com.instagram.android 
 
Pada menu ini, kita dapat melihat postingan foto dan video teman kita yang kita follow. Disana kita dapat memberikan dan komentar dan likes.
Namun saat pertama kali kita menggunakan Instagram maka tampilan Home kita akan terlihat kosong. Karena kita baru daftar dan kita tidak memiliki teman yang kita follow. Halaman ini akan menampilkan postingan bila kita telah memfollow orang lain. Untuk memfollow orang lain caranya dengan mengklik ‘Explore’ yang akan saya jelaskan berikut ini.
 
2. Explore
 
Cara Menggunakan Instagram
Explore akan menampilkan beberapa postingan sharing foto & video dari pengguna populer yang memiliki banyak like & komentar dan terpilih secara acak. Sewaktu-waktu teman kita juga dapat muncul, kita juga bisa mencari teman dengan cara search di explore.
 
3. Upload Photo
 
Menu ini digunakan untuk mengupload foto dan video. Foto atau video bisa kita ambil dari gallery pada media Hp kita atau melalui foto baru dari kamera Hp kita. Berikut gambar dari tampilan pada menu upload foto
Cara Menggunakan InstagramCara Menggunakan Instagram
 
Keterangan :
  • Garis berbentuk kolom agar foto menjadi lebih akurat
  • Menggunakan kamera depan atau belakang
  • Untuk mengambil foto dari media penyimpanan dalam HP kita
  • Mengambil foto secara langsung melalui kamera
  • Merekam video
 
Setelah mem-foto atau memilih foto yang ingin diupload, maka crop foto tersebut dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Caranya tinggal membesarkan dan mengecilkan menggunakan 2 jari.
 
Cara Menggunakan Instagram
 
Selanjutnya pilih efek foto sesuai keinginan Anda. Banyak efek filter yang sudah disediakan oleh instagram. Anda juga bisa meng-edit photo Anda sesuai keinginan Anda.
Cara Menggunakan Instagram Cara Menggunakan Instagram
 
Selanjutnya Anda dapat memberi deskripsi mengenai foto tersebut di ‘field Add a caption’. Anda juga dapat membagikan gambar tersebut ke media sosial lain seperti Facebook dan Twitter dengan cara tap logo jejaring sosial yang diinginkan. Jangan lupa untuk menambahi #tags, Tags itu seperti kategori dari foto kita.
 
Lalu tap tombol next disudut kanan atas. Tunggu proses upload sampai selesai. Maka anda dapat melihat foto yang telah Anda upload pada timeline anda.
 
4. News
 
Cara Menggunakan Instagram
 
Pada menu ini terdapat 2 submenu, yaitu :
Following : isinya adalah aktifitas dari orang yang kita follow / ikuti
You : menampilkan pemberitahuan secara update, seperti follower baru, komentar baru atau pemberian like baru.
 
5. Profil
 
Pada menu profil, menampilkan jumlah postingan, followers, dan following. Anda juga dapat mengganti informasi tentang profil dengan mengklik “Edit your profile”. 
 
 
Cara Menggunakan Instagram

Yang bisa dilakukan melalui menu Profil :

  • Mengganti foto profil, caranya dengan :

Tap pada foto profil, lalu pilih foto yang ingin dijadikan foto profil. Anda dapat menggunakan foto profil Facebook dan Twitter atau menggunakan foto dari gallery media penyimpanan smartphone Anda atau mengambil foto langsung dari hasil jepretan kamera smartphone.

  • Mengubah informasi bio, caranya dengan :

Tap tombol ‘Edit your profile’. Lalu anda bisa mengubah nama, username, website, bio, serta password akun Instagram anda.

Cara Menggunakan Instagram

 
  • Mencari teman melalui kontak di smartphone atau teman Facebook. Atau berdasarkan nama maupun username akun Instagram orang lain, caranya dengan :

Masuk ke menu Profile  >>  klik icon tiga titik yang ada di sudut kanan atas untuk menampilkan menu Options  >>  Pilih ‘Find Friends’.

 
Cara Menggunakan Instagram
 
Demikian artikel mengenai Cara Menggunakan Instagram Lengkap ini. Jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk anda, maka bantu saya membagikan artikel ini melalui media sosial. Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan melalui kolom komentar Terimakasih.

Leave a Reply