Resmi Terjual, Bagaimana Nasib Yahoo Saat Ini ?

Bagaimana Nasib Yahoo – Nasib sesuatu memang sewaktu-waktu dapat berubah. bisa saja mengalami hal yang baik dan bisa saja mengalami hal buruk. Saat internet belum sepopuler saat ini, Yahoo bisa dikatakan menjadi perusahaan berbasi teknologi yang begitu populer. Bahkan, kala itu Yahoo layak disebut sebagai raksasa intenet.

Sayang seiring bergulirnya waktu, popularitas Yahoo, di ranah internet terus merosot. Demi bertahan hidup, pada akhirnya Yahoo dibeli operator telekomunikasi Verizon dengan harga yang terbilang cukup murah, yakni USD 4,48 miliar

Bagaimana Nasib Yahoo

Bagaimana Nasib Yahoo

Pembelian tersebut membuat Yahoo bukan lagi menjadi peruhaan independen. Kondisi itu memberikan segudang spekulasi perihal nasib layanan Yahoo yang selama ini populer, salah satunya Yahoo Mail.

Lalu bagaimana dengan nasib  para pengguna email Yahoo? Apakah tetap dipertahankan?

Dilansir laman LATimes, Ethan Varian, kolumnis teknologi, meramalkan, jika pihak Verizon akan tetap mempertahankan Yahoo Mail.

“Apakah kita akan tetap bisa mempertahankan alamat email Yahoo kita? Hampir pasti ya. Yahoo Mail adalah salah satu layanan Yahoo terpopuler dan sepertinya Verizon tidak akan mengecewakan penggunanya yang banyak,” sebut Ethan dalam kolomnya.

Lebih jauh, Ethan memperkirakan, selain Yahoo Mail, Verizon diprediksi juga akan mempertahankan layanan berbagai foto, Flickr. “Pengguna Flickr juga tak perlu khawatir akan nasib layanan ini,” ucapnya

Bagaimana Nasib Yahoo

Bagaimana Nasib Yahoo

“Foto Flickr Anda seharusnya aman saja. Hal terakhir yang diinginkan Verizon adalah membuat marah konsumen barunya dengan mengubah akses pada foto di sana,” timpal Ethan.

Hanya saja, walau Yahoo Mail dan Flickr diperkirakan tetap bertahan, Verizon tetap akan melakukan pemutusan hubungan kerja kepada pegawai Yahoo. Berdasarkan kabar yang beredar, setidaknya akan ada sekitar 2000 pegawai Yahoo bakal terkena PHK.

Awal pekan ini, Yahoo mengumumkan rencana perubahan anggota dewan direksi sekaligus perubahan nama menjadi Altaba. Hal tersebut menimbulkan kebingungan soal nasib Yahoo pasca akuisisi oleh Verizon.

Apakah perusahaan ini benar-benar berganti nama menjadi Altaba? Bagaimana dengan aneka layanan populer seperti Yahoo Mail, apakah akan terus eksis?

Saat Verizon mengumumkan rencana akuisisi Yahoo senilai 4,8 miliar dollar AS pada Juli lalu, operator seluler AS ini hanya berminat membeli unit-unit bisnis internet milik Yahoo saja, seperti e-mail, Yahoo News, dan Sports.

Di luar unit bisnis utama itu, Yahoo masih memiliki aneka aset lain, termasuk saham 15 persen di raksasa e-commerce Alibaba, saham 35 persen di Yahoo Japan, cadangan kas, dan portfolio paten yang tidak ikut dibeli oleh Verizon.

Nah, entitas yang menaungi aset-aset lain inilah yang kemudian berubah nama menjadi Altaba. Fungsinya tak lebih dari sekadar investment company yang memayungi kepemilikan atas aset-aset tadi.

Alternate Alibaba

Nama “Altaba” sendiri, menurut laporan yang dirangkum KompasTekno dari The Washington Post, Selasa (10/1/2017), merupakan gabungan dari kata “alternate” dan “Alibaba”, mengacu kepada sebagian kepemilikan Yahoo atas Alibaba.

Dengan kata lain, akuisisi Verizon atas Yahoo membelah perusahaan tersebut menjadi dua entitas, yakni Yahoo berisi unit bisnis yang dibeli Verizon, dan Altaba yang memiliki sisa aset Yahoo.

Jumlah anggota dewan direksi turut dikurangi menjadi setengahnya karena tidak diperlukan oleh Altaba yang tak memiliki produk.

Salah satu orang yang tak lagi menjadi anggota dewan direksi adalah CEO Yahoo Marissa Mayer. Namun, dia masih bisa ditunjuk menjadi pimpinan Yahoo saat akuisisi oleh Verizon telah rampung pada Maret mendatang.

Produk-produk internet dari Yahoo sendiri, seperti seach engine, blog, dan aneka layanan online lain, bakal terus eksis dan kemungkinan akan tetap memakai nama “Yahoo” saat sudah berada di bawah kepemilikan Verizon.

Google

Leave a Reply