Beberapa Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal – Biasanya sebelum anda memulai usaha hal pertama yang ada dipikiran anda adalah modal. Banyak orang yang bingung dengan masalah modal jika ingin membuka usaha, banyak juga yang memiliki ide kreatif usaha yang bagus tetapi tidak dapat tersalurkan karena masalah modal ini.

Kadang orang gingung bagaiaman cara membuka usaha dengan tanpa modal yang banyak atau besar. Tetapi apakah anda tau, anda bisa membuka usaha anda tanpa modal? Bisa dengan pinjaman di bank.

Untuk memulai usaha memang selalu identik dengan modal. Karena itu sekarang banyak sekali investor atau bank yang menawarkan pinjaman kepada anda yang ingin membuka bisnis.

Dengan meminjam Anda yang tidak memiliki modal dapat menyalurkan ide kreatif bisnis anda dan membuatnya kenyataan. Berikut Beberapa cara bagaimana cara memulai usaha tanpa modal.

Cara memulai usaha tanpa modal yang bisa anda coba

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Mencari partner

salah satu caranya yang paling mudah adalah mencari partner usaha, partner usaha ini gunanya adalah orang yang nantinya akan mengeluarkan modal untuk kita. Anda bisa menawarkan konsep bisnis anda dan nantinya hasilnya pasti akan dibagi sama rata.

Partner usaha atau bisnis bisa menjadikan pilihan untuk anda yang ingin memulai usaha tapi tidak memiliki modal, anda bisa patungan untuk membuka usaha. Sebagian orang mungkin gengsi atau mungkin malu untuk memulai bisnis dengan meminta modal dari orang lain.

Tapi perlu di catat bahwa seorang pebisnis harus menghilangkan rasa gengsinya untuk bisa segera memulai bisnis. Karena jika masih gengsi kita tidak akan dapat memula bisnis segera dan tidak akan pernah berhasil.

Modal dari partner mungkin bisa menjadi solusi bagi kita yang ingin membuka usaha dengan tanpa modal sendiri, yang harus anda perhatikan adalah anda harus bisa meyakinkan si pemberi modal bahwa bisnis yang akan kita jalankan akan membawa profit dan berpotensi bagus.

Akan lebih baik jika anda telah mempunyai perhitungan untung rugi dengan jelas, apalagi disertai dengan strategi bisnis yang akan kita lakukan, itu akan menambah nilai tawaran kita.

Cari investor

Jika anda tidak mau memakai cara sebelumnya mungkin karena gengsi, cara ke dua akan saya beri tau. anda bisa mencari modal dari investor. Berbeda dari yang sebelumnya, investor ini bisa menjadi orang yang sama sekali kita belum kenal. Ada kekurangan dan juga kelebihannya.

Kelebihannya adalah kita dapat mengurangi rasa gengsi dan malu kita. Tetapi kekurangannya adalah kepercayaannya dengan anda pasti akan sangat kurang karena tidak kenal.

Kita perlu meyakinkan dengan yakin bahwa kita dapat menjalankan dengan sukses bisnis kita tersebut dengan benar-benar mendapat keuntungan yang besar.

Lebih baik kita memberikan perhitungan yang baik sebelum mencari calon investor, agar calon investor menjadi semakin yakin dengan kita dan mau meminjamkan modal kepada kita.

Dari Keluarga

Jika anda tidak menemukan orang yang tepat untuk meminjam modal, mungkin cara terakhir ini bisa anda gunakan untuk mendapatkan modal. Kadang modal bisa datang dari mana saja, tidak ada salahnya jika modal usaha anda cari dari keluarga.

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Jika kita memiliki keluarga besar di daerah yang dekat dengan usaha anda, Anda bisa menjelaskan dengan baik bisnis yang akan anda buat kepada keluarga yang akan memodali kita.

Jika anda sering mendengar tentang bisnis keluarga? Biasanya model bisnis ini dibangun dari modal keluarga dan akhirnya keluarga besar tersebut yang mengelola bisnis tersebut.

Perlu diingat lagi bahwa kita tidak perlu gengsi, kita harus membuang rasa gengsi tersebut jauh-jauh ketika akan memulai usaha. Modal memang penting tapi yang terpenting lagi adalah mental para pebisnis yang harus menancap kuat.

Tidak malu untuk mencari modal adalah salah satu contoh mental pebisnis yang harus dimiliki seorang pebisnis. Kita bisa mulai dari keluarga terdekat mungkin saudara kandung, dan mulai meluas ke orang lain atau investor.

 

Demikian beberapa cara memulai usaha tanpa modal yang bisa kita gunakan. Selain modal juga bisa kita tingkatkan keahlian dalam berbisnis kita, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

 

 

 

Leave a Reply