5 Biografi Pengusaha Sukses Di Indonesia

(Last Updated On: November 30, 2018)

Biografi pengusaha sukses di indonesia – Menjadi pengusaha sukses merupakan impian bagi setiap orang. Tapi terkadang kebanyakan orang hanya memandang hasil tanpa melihat jerih payah di baliknya. Siapa yang menyangka jika beberapa pengusaha di bawah ini memiliki cerita yang tak biasa sebelum menjadi sukses dan kaya raya. Berikut biografi pengusaha sukses di Indonesia yang merintis usahanya dari nol :

5 Biografi pengusaha sukses di indonesia yang bisa anda pelajari

Biografi pengusaha sukses di indonesia

Biografi pengusaha sukses di indonesia

1. Chairul Tanjung

Mungkin pria kelahiran 1962 ini tidak akan menyangka jika di tahun 2018 ia akan dinobatkan sebagai pengusaha terkaya Indonesia pada urutan pertama. Chairul Tanjung, ia adalah pria biasa yang lahir di kampung dan bukan berasal dari keluarga mapan. Anak singkong adalah panggilannya dulu.

Usaha pertama yang Chairul Tanjung rintis adalah menjajakan buku dan menjual kaos. Tidak main-main, setelah uang hasil berdagang terkumpul ia memutuskan untuk membuka jasa fotocopy yang dekat dengan kampusnya. Usaha lain yang ia kembangkan berupa toko yang menjual alat-alat kedokteran dan laboratorium.

Kegagalan sempat menimpa dirinya, toko alat-alat kedokteran yang ia bangun dengan susah payah harus tutup karena mengalami kebangkrutan. Meski begitu ia tidak pernah kapok untuk terus berada dalam dunia bisnis dan kembali merintis usaha dari nol.

Usaha berikutnya yang Chairul Tanjung jalani adalah bisnis di bidang properti, keuangan, dan multimedia. Langkah paling berani yang ia ambil dan menjadikannya sebagai orang terkaya di Indonesia ada pada saat Chairul Tanjung mengakuisisi bank Karman menjadi Bank Mega.

2. Susi Pudjiastuti

Siapa yang tidak kenal dengan bu Susi? Dia adalah seorang menteri kelautan Indonesia. Sebelum menjadi menteri kelautan, Susi Pudjiastuti merupakan seorang pengusaha sukses. Sikap nyentrik nya yang terkenal ternyata telah ada sejak dulu. Di saat kebanyakan orang memilih mengejar gelar untuk mendapatkan kesuksesan, Susi Pudjiastuti memilih jalan suksesnya sendiri dengan menjadi pengusaha di usia belia.

Demi menjadi pengusaha, Susi Pudjiastuti memilih untuk berhenti melanjutkan pendidikan. Bermodalkan Rp 750.000,- hasil dari penjualan perhiasannya, Susi merintis usaha sebagai pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Usahanya kian berkembang hingga pada tahun 1996 wanita tangguh itu mendirikan pabrik pengolahan ikan, PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Selain di bidang kelautan, usaha lainnya yang ia bentuk adalah maskapai penerbangan Susi Air.

3. Bob Sadino (ALM)

Pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1939 ini memutuskan untuk banting stir dari seorang pegawai yang telah ia tekuni selama 9 tahun menjadi pengusaha. Setiap langkah yang ia tempuh dalam membangun usaha tidak pernah mudah. Awalnya Bob Sadino menawarkan jasa penyewaan mobil mercedes dan ia menjadi supirnya. Tapi ternyata usahanya gagal ketika ia harus terkena kecelakaan.

Banyak jalan menuju Roma, Bob kembali memacu semangat kerjanya menjadi buruh bangunan. Ketika ada peluang yang lebih menguntungkan, Bob merintis usaha ternak ayam dan telur ayam negeri yang modal awalnya ia pinjam dari tetangganya. Usaha itu semakin pesat berkembang, sampai akhirnya Bob Sardino melebarkan bisnisnya ke arah penjualan daging dan hidroponik. Kemudian ia mendirikan supermarket yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian bernama Kem-Chicks.

4. Ahmad Zaky

Belakangan, wajah Ahmad Zaky selaku CEO aplikasi jual beli online terkenal di Indonesia yakni Bukalapak.com selalu wara-wiri di layar kaca. Lelaki lulusan ITB itu memutuskan untuk mendirikan Bukalapak.com yang terbilang berani, sebab bisnis online di Indonesia pada saat itu belum berjalan dengan baik. Dengan mermodalkan keyakinan bahwa masa depan Indonesia pasti ada di bidang internet. Dan benar saja, Platform e-commerse yang ia bangun berkembang pesat dan menjadi salah satu platform  jual beli terbaik dan aman di Indonesia

5. Andre Darwis

Bukan kaskuskers sejati kalau tidak mengetahui foundernya, Andre Darwis. Banyak yang kurang mengetahui kalau ternyata kaskus yang merupakan platform chat jual beli dan tempat berbagi informasi kegemaran anak muda Indonesia tersebut adalah buatan anak negeri.

Hobi ternyata bisa menghasilkan uang, itulah kata-kata yang tepat untuk mencerminkan Andre Darwis. Kegemarannya berselancar di dunia maya membuatnya bertekad untuk menciptakan platform populer dan ternyata terbukti.

Selama ia memperdalam pendidikan pasca sarjananya di Amerika, pada momen inilah kaskus hadir. Demi cita-citanya itu Andre bekerja di salah satu restoran cepat saji Amerika. Sampai saat ini kaskus masih populer dan di kunjungi oleh banyak orang.

Itulah beberapa biografi pengusaha sukses di Indonesia.Inti dari keberhasilan selain kerja keras dan usaha adalah berani menghadapi resiko yang ada, serta berani mengambil keputusan yang tepat. Dari kelima biografi pengusaha sukses di Indonesia di atas, banyak hal yang bisa dipelajari. Salah satunya ialah kegagalan adalah hal biasa, orang paling berjaya pun pernah mengalami kegagalan. Dengan mengetahui kelima kisah biografi pengusaha sukses di Indonesia di atas diharapkan dapat menjadi motivasi dalam menjalankan usaha.

Leave a Reply