(Last Updated On: April 18, 2019)

bisnis industri kreatif – Perkembangan industri yang semakin maju menuntut masyarakat untuk menuju sebuah perubahan besar. Salah satunya memulai bisnis industri kreatif yang diharapkan mampu mendukung kesejahteraan dan kemajuan perekonomian masyarakat.

Sebelum memutuskan untuk berbisnis, terlebih dahulu harus tahu tips memulai bisnis industri kreatif yang pintar dan tentunya tepat sasaran. Apalagi persaingan semakin menggila di dunia bisnis, inilah yang menjadi tantangan sendiri agar memiliki tingkat kreativitas tinggi. Berikut ini beberapa tips memulai bisnis industri kreatif

bisnis industri kreatif

 

1. Menguasai Target Dan Segmen Pasar

Tidak lengkap rasanya jika seorang pelaku bisnis kurang menguasai segmen pasar, karena hal ini sangat berhubungan langsung dengan konsumen. Jadi sebelum memulai usaha pastikan tahu apa yang dibutuhkan masyarakat.

Sebab hal ini sangat menentukan, seperti bagaimana strategi pemasaran yang akan dilakukan, desain produk, cara melayani konsumen dengan baik. Itu semua di harapkan agar produk yang diciptakan dapat memberikan hal kreatif dan tentunya inovatif. Dan pada akhirnya konsumen tertarik untuk membelinya ataupun hanya sekedar ingin tahu produk tersebut.

2. Mengenali Kelebihan Dan Kekurangan Produk

Setelah menguasai segmen pasar, maka pelaku industri harus paham betul kekurangan serta kelebihan produk yang bakal di jual. Hal tersebut sebagai usaha dalam menghadapi resiko persaingan di lapangan nanti. Seperti yang biasa terjadi, banyak dari konsumen membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya, dan pasti tidak ingin kan ini terjadi. Contohnya, membandingkan dari segi desain produk dan kualitas dengan milik kompetitor.

Atau bisa saja konsumen sering membandingkan harga produk yang dijual dengan harga di pasaran. Serta, keunikan dari setiap produk pun tetap saja di bandingkan, hal ini wajar terjadi karena konsumen tidak ingin rugi dan kecewa.

Inilah tugas seorang pemula yang ingin memulai bisnis, dengan begitu bisa lebih semangat dalam memahami kelebihan dan kekurangan kompetitor. Setelah itu tanamkan identitas dari produknya agar mempunyai daya saing yang tinggi dan tentunya tidak perlu diragukan kembali.

3. Jangan Terpaku Terhadap Harga di Pasaran

Meskipun saat ini banyak dari  pelaku industri yang berbondong-bondong bahkan berlomba untuk menawarkan produk dengan harga murah atau diskon besar. Untuk menarik para pembeli agar segera membelinya sehingga menurunkan kualitas produk.

Sebaiknya, jangan terpaku pada hal tersebut bisa jadi konsumen kecewa karena tergiur pada harga yang murah tetapi kualitas buruk. Untuk mencegah hal buruk itu agar tidak terjadi maka pelaku pengusaha wajib menciptakan sebuah produk yang unik tanpa harus mengurangi kualitasnya.

4. Terus Belajar Dan Ciptakan Ide Kreatif

Sebagai pelaku industri yang baru memulai bisnis, tentunya harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas agar mampu menciptakan sebuah ide kreatif. Selain menciptakan juga  harus bisa mengembangkan setiap idenya agar lebih segar dan diterima konsumen.

Karena itu, seorang pelaku industri tidak boleh berhenti untuk mempelajari setiap hal-hal baru. Dan meningkatkan pengetahuan tentunya kemampuan yang dimiliki. Misalnya saja seperti membaca buku yang di dalamnya terdapat pembahasan mengenai cara memahami strategi pasar. Jika malas membaca buku, bisa langsung bertanya kepada ahlinya.

bisnis industri kreatif

5. Perbanyak Jaringan Network

Percuma juga kan jika mempunyai keahlian yang mumpuni, tetapi minim relasi dengan orang lain. Itu artinya, tidak ada tempat atau wadah yang bakal dijadikan tim kerjasama padahal ini sangat diperlukan bagi pemula untuk memperluas jaringan.

Jika belum memiliki kenalan yang banyak, maka mulailah untuk berinteraksi dengan orang di sekitar. Usahakan sering bertemu dan bertatap muka agar suasana lebih hangat, sekaligus tidak ada rasa canggung di antara kedua belah pihak.

Manfaat yang didapatkan yaitu menambah pengalaman dari orang lain dan bisa dijadikan awal untuk memulai usaha. Berbagi cerita tentang bidang yang sedang digelutinya, jika ada kecocokan maka ajaklah untuk bekerja sama.

6. Jangan Menyerah Dan Takut Gagal

Salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh jiwa pengusaha, memiliki sikap mental yang kuat akan cobaan. Kegagalan menjadi kendala tersendiri bagi seorang pelaku bisnis industri kreatif, ada yang putus asa lalu menyerah begitu saja.

Padahal di setiap kegagalan ada suatu keberhasilan yang sedang menanti, nikmati setiap proses yang ada. Dengan seperti itu akan lebih berlapang dada jika pun mengalami kegagalan

Cobalah untuk melakukan penelitian secara mendalam, mempunyai relasi yang luas,  perbaikan produk, percobaan berbagai model barang. Dengan seperti itu akan memuat peluang bisnis yang besar


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian