Bisnis Konvensional Atau Bisnis Online?

Bisnis Konvensional Atau Bisnis Online?

Bisnis Konvesional – Seiringnya dengan berkembangnya tingkat pengetahuan manusia dan perkembangan teknologi saat ini menjadikan berbagai macam peluang usaha. Bisnis konvensional yang semula banyak menjadi pilihan para pebisnis, kini mulai tergesar dengan hadirnya teknologi internet yang menawarkan konsep bisnis dunia maya yang dikenal dengan bisnis online. bagi mereka yang bisa bergelut dengan cara bisnis konvensional kini harus siap menghadapi tantangan dengan hadirnya konsep bisnis online ini.

Perkembangan teknologi saat ini membuat cara pandang masyarakat mengalami perubahan yang cukup signifikan. Saat ini teknologi internet sudah menjadi “pendamping” hidup umat manusia dan banyak digunakan pula sebagai sarana pemenuhan kebutuhan mereka. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pula pada style atau gaya hidup masyarakat modern saat ini. Menurut sebagian mereka yang telah banyak menggunakan teknologi internet ini mengatakan bahwa dengan teknologi saat ini akan jauh lebih efisien baik dari sisi waktu maupun dari sisi tenaga yang harus dikeluarkan.

Berdasarkan fakta dan data saat ini, masyarakat terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan lebih banyak menggunakan media internet sebagai sarananya. Kehadiran toko online di internet saat ini pula sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka. Apalagi untuk masyarakat yang tinggal di kota besar, tidak perlu lagi repot-repot menyediakan waktu khusus untuk berbelanja ke supermarket. Selain hemat tenaga dan waktu, mereka juga tidak perlu antrian di tengah macetnya jalanan kota.

Lalu bagaimana dengan mereka yang telah lama menggeluti bisnis konvensional, apakah bisnis online ini menjadi sebuah tantangan bagi mereka?

Kehadiran pebisnis online ini memang mendapat sambutan yang luar biasa dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat kita. Namun di sisi lain, ini adalah merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi keberadaan pebisnis konvensional atau non online.

Kawan saya yang kebetulan menekuni bisnis konvensional ini sangat merasakan sekali adanya perubahan omset.

Bukan hanya saya beberapa pengusaha lainnya juga mengeluhkan hal yang sama. Orang-orang mengeluhkan lesunya pasar, daya beli masyarakat yang menurun.

Jika dipikir-pikir itu terjadi tidak semata-mata karena perekonomian yang sulit. Namun juga karena gaya hidup masyarakat yang berubah.

Nah bagimana dengan anda yang ingin memulai bisnis, apakah anda memilih bisnis online ataukah bisnis konvensional saja?

Buat anda yang mau menggeluti dan menekuni bisnis hari ini, bahawa pada dasarnya bisnis online ataukah konvensional atau bisnis offline sama-sama menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
Namun dalam praktek nyata terdapat beberapa perbedaan yang sering membuat para pencari usaha memilah-milah mana peluang bisnis yang sesuai dengan potensi dirinya. Sehingga ada sebagian pelaku usaha yang memilih berbisnis online dan ada pula sebagian dari mereka lebih memilih bisnis konvensional.
Pilihan ini tergantung pada kemampuan dan potensi yang anda miliki. Pertanyaanya sekarang adalah apakah peluang bisnis yang paling sesuai dengan potensi bisnis Anda saat ini apakah bisnis online ataukah bisnis konvensional/ offline?

Hal Yang Harus Dipersiapkan Di Bisnis Konvensional

1. Modal.
Untuk menekuni bisnis online modal utama yang anda perlukan disini adalah pemahaman dan pengetahuan tentang internet marketing dan ini menjadi hal yang penting untuk anda perhatikan karena disini menyangkut adanya cara pemasaran atau marketing yang menjadi kunci sukses keberhasilan menjalankan bisnis online ini.
Hal yang paling memudahkan bagi anda yang ingin memulai bisnis online adalah anda tidak memerlukan produk sendiri untuk dijual karena internet menyediakan dengan sangat mudah untuk anda. 
Dunia maya membukakan peluang bagi Anda untuk dapat memasarkan produk orang lain melalui program affiliasi yang sekarang banyak ditawarkan dan sangat memiliki prospek di internet.
Jadi, untuk anda yang ingin menekuni bisnis online, modal usaha yang Anda butuhkan tidaklah terlalu besar. 
Sedangkan jika anda yang ingin menekuni bisnis konvensional, anda harus menyiapkan berbagai macam hal untuk memperlancar bisnis anda seperti misalkan mempersiapkan lokasi usaha, menyiapkan karyawan, sarana dan prasarana sampai dengan penggunaan media pemasaran yang tepat. Jadi untuk anda yang ingin menggeluti bisnis konvensional anda harus mempersiapkan modal usaha yang cukup besar jika anda ingin menjalankannya.
2. Segmen pasar
Buat anda yang ingin mengeluti bisnis online, internet telah menyediakan segmen pasar yang cukup luas buat anda. Bukan hanya pasar domestik saja bisa anda jangkau, bahkan pasar luar negeri sekalipun akan sangat mudah menjadi target pasar bagi produk anda. berbeda tentunya dengan segmen pasar untuk mereka yang menggeluti bisnis konvensional, jangkauan pasar bisnis konvensional sangatlah terbatas. Biasanya para pelaku usaha hanya membidik konsumen lokal dalam praktek usahanya. Sebab untuk menjangkau pasar yang lebih luas dibutuhkan penambahan modal usaha yang tidak sedikit, sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam memperluas jangkauan pemasaran.
Demikian bahasan tentang bisnis online dan bisnis konvensional ini semoga anda bisa terinspirasi dan mendapatkan informasi yang bermanfaat. 

Leave a Reply