Cara Berbisnis Katering Yang Mudah Untuk Dilakukan

Cara Berbisnis Katering –┬áSalah satu bisnis yang tidak akan pernah sepi adalah bisnis kuliner atau makanan dan salah satu jenisnya yang akan kita bahas adalah bisnis catering.

Bisnis makanan ini tidak akan pernah sepi atau mati karena setiap manusia memiliki kebutuhan pokok salah satunya adalah makanan, sehingga dimanapun dan kapanpun bisnis ini akan selalu memiliki banyak peminat. Salah satunya adalah bisnis catering untuk acara pernikahan atau membuka warung makanan kecil.

Untuk memulai bisnis catering ini sebenarnya tidak harus memiliki keahlian memasak karena banyak orang bisa memasak dengan rasa yang tidak kalah dengan Rumah Makan kelas atas namun pertum bala dengan modal dan pemasaran, anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk merekrut para ahli masak dan membuat bisnis catering anda sendiri.

Berikut akan saya jelaskan secara singkat dan jelas mengenai cara berbisnis katering yang mudah untuk dilakukan.

Beberapa Cara Berbisnis katering yang wajib untuk dilakukan

Cara Berbisnis katering

Cara Berbisnis katering

Menyiapkan modal

Tentu langkah pertama yang anda siapkan adalah modal untuk membuka bisnis catering anda, modal ini bisa anda belikan untuk keperluan memasak, bahan-bahan dan juga gaji para ahli masak yang anda rekrut.

Untuk modal alat masak tentu tidak akan selalu kita butuhkan, karena umur alat masak bisa panjang hingga bertahun-tahun. Namun yang perlu diperhatikan adalah perputaran uang untuk gaji para ahli masak dan juga bahan masakan.

Untuk awal-awal akan sangat kita butuhkan, tetapi ketika kita sudah mempunyai nama bisnis catering yang terpercaya, kita tidak perlu membersihkan mengenai modal karena biasanya orang akan membayarkan semua biaya di depan secara full 100%, sehingga uang itulah yang kita jadikan sebagai modal untuk bahan dan pembayaran gaji para karyawan ahli masak.

Jenis masakan

Cara Berbisnis katering

Cara Berbisnis katering

 

Untuk memilih jenis makanan juga sangat penting karena ini bisa juga mempengaruhi kesiapan anda akan permintaan makanan tertentu dari pelanggan. Misalnya permintaan untuk jenis makanan modern atau yang tradisional, sehingga mungkin catering kita belum pernah membuatnya sebelumnya dalam jumlah banyak.

Sehingga anda perlu menentukan jenis menu masakan untuk bisnis catering yang bisa dibilang harus Anda persiapkan secara matang agar bisnis catering Anda terlihat profesional. Karena nanti akan dipandang lebih profesional karena setiap memiliki menu khusus dan keahlian dari tim ada di menu tersebut.

Dengan cara ini pelanggan juga tidak akan bingung mau memilih menu apa yang akan ada di acara mereka.

Memilih lokasi

Cara Berbisnis katering

Cara Berbisnis katering

Memilih lokasi yang tepat dalam bisnis catering adalah salah satu hal yang sangat penting bagi bisnis catering anda, sebisa mungkin bisnis catering anda tidak berada pada gang sempit karena akan susah akses ke dalam dan juga akomodasi pengangkutan masakan.

Lokasi rumah juga harus bersih dan tertata rapi, tidak menutup kemungkinan bila pelanggan langsung datang ke rumah produksi kita, Mungkin juga akan melihat langsung ke dapur.

Tentu tidak adanya kotor dan tidak higienis akan merubah pikiran pelanggan untuk memesan makanan catering dengan anda.

Jadi selalu utamakan kebersihan dan ke hidden lisan makanan dan selalu memilih lokasi yang tepat.

Teknik promosi

Untuk teknik promosi yang mudah dan biasa dilakukan orang adalah menggunakan media sosial.

Salah satu sosial media yang baik untuk digunakan sebagai media promosi adalah facebook, karena facebook memiliki pengguna terbanyak di dunia dan yang ke 2 adalah sosial media instagram yang sedang booming saat ini.

Menggunakan media sosial anda bisa beriklan di Facebook atau Instagram dengan menargetkan kata kunci tertentu untuk lokal bisnis, karena di kota-kota besar kecenderungan orang untuk mencari informasi di internet sangat tinggi.

Untuk itu akan sangat menguntungkan Bila seseorang mengetik nama bisnis anda di internet dan menemukan website profil bisnis anda.

Memiliki website juga menambah nilai profesional dan juga kualitas dari bisnis anda.

 

Demikian beberapa tips cara berbisnis katering yang bisa anda coba, semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Perhatikan selalu biaya yang anda keluarkan, dan lakukan perhitungan dengan matang agar anda tidak mengalami kerugian.

Leave a Reply