(Last Updated On: Juni 18, 2019)

Cara investasi reksadana – Ketika seseorang memiliki keuangan atau ekonomi yang stabil, melakukan investasi menjadi kunci utama untuk mengelola keuangan secara benar. Investasi tersebut berkaitan dengan perubahan bentuk aktiva dengan harapan akan mendapatkan sebuah keuntungan yang berguna dimasa depan. Banyak sekali cara investasi yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan cara investasi reksadana.

Dari adanya investasi, seseorang akan mampu mengolah uang menjadi sebuah keuntungan dimasa mendatang. Beberapa produk investasi yang ada bisa diubah menjadi sebuah dokumen berharga. Nah banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh ketika melakukan investasi Reksadana ini. Bagaimana cara melakukan investasi tersebut? dan bagaimana keuntungannya, simak informasinya berikut ini!

Apa Itu Reksadana?

Sebelum mengetahui bagaimana cara melakukan investasi Reksadana, alangkah lebih baik mengerti apa itu Reksadana. Reksadana merupakan sebuah tempat atau wadah yang mengelola modal bagi seseorang yang ingin menjadi investor. Cara melakukan investasi juga harus sesuai dengan instrumen investasi yang telah ditetapkan pasar. Investasi tersebut dilakukan dengan cara melakukan sebuah pembelian unit penyertaan dari Reksadana.

Dalam sebuah Reksadana, terdapat seorang manager investasi yang bertugas untuk mengelola uang yang dijadikan investasi. Reksadana juga menempatkan dana yang ada menjadi sebuah surat yang berharga dan merealisasikan menjadi sebuah keuntungan maupun kerugian yang dinilai menjadi sebuah aktiva yang bernilai.

Cara Melakukan Investasi Reksadana

cara investasi reksadana

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan ketika ingin melakukan investasi Reksadana tersebut. hal tersebut menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan agar benar-benar memberikan sebuah keuntungan bagi anda. Nah, berikut cara investasi Reksadana yang bisa dilakukan, Antara lain:

1. Menentukan Tujuan Dari Investasi

Sebelum melakukan investasi, pastikan anda paham mengerti tujuan dari investasi itu sendiri. Ada berbagai macam tujuan dari investasi Reksadana tersebut, seperti halnya apakah untuk keperluan sekolah, untuk dana pensiun atau bahkan untuk kebutuhan rumah dimasa mendatang. Adanya perbedaan tujuan tersebut akan menjadikan jangka waktu investasi yang berbeda.

2. Mengenali Jenis Reksadana

Jenis dari Reksadana ini perlu dikenali untuk mengetahui apa yang akan dipilih. Reksadana pasar uang dan juga pendapatan tetap menjadi salah satu jenis Reksadana yang bisa dipilih untuk dijadikan investasi. Bahkan jenis dari reksadana tidak hanya itu saja. Terdapat pula Reksadana campuran, dan juga Reksadana jenis saham yang juga merupakan jenis Reksadana yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

3. Menentukan Untuk Jangka Investasi

Jangka waktu yang digunakan untuk melakukan investasi Reksadana berbeda-beda. Perbedaan tersebut meliputi jangka waktu kurang dari satu tahun, tiga tahun, lima tahun, atau bahkan jangka waktu yang lebih dari 5 tahun.

4. Memulai Untuk Investasi Reksadana

Setelah mengetahui apa saja itu Reksadana, saatnya memulai untuk melakukan investasi. Bahkan ketika memulai investasi Reksadana, pastikan mengetahui pula resiko yang mungkin akan ditimbulkan. Tidak semua investasi menguntungkan, terkadang ada beberapa hal yang menjadikan risiko investasi.  Pahami tata cara dan juga biaya yang ada. Setelah hal tersebut, pilih produk Reksadana yang sesuai dengan apa yang telah menjadi angan-angan sesuai dengan kemampuan ekonomi yang ada.

5. Membeli Reksadana

Banyak lembaga Reksadana yang mengelola maupun menerbitkan sebuah produk Reksadana atau yang sering disebut sebagai manajer investasi. Ketika membeli Reksadana langsung dari manajer investasi, biasanya harga yang ditawarkan akan lebih murah dibandingkan dengan pihak yang lainnya. Selain dari manajer investasi atau MI, anda juga bisa langsung membeli dari agen yang telah mendapatkan ijin untuk mengelola Reksadana tersebut. banyak sekali agen penjual Reksadana atau APERD yang menyediakan jasa investasi Reksadana tersebut. ketika membeli dari agen, biasanya akan banyak produk yang ditawarkan dan juga akan lebih mudah.

Tata Cara Pembelian Reksadana

Ada beberapa tata cara saat melakukan pembelian Reksadana ini. Cara tersebut seperti:

  • Pembelian harus disaat jam kerja seperti ketika ingin membuka rekening bank.
  • Mengisi formulir dengan persyaratan dokumen yang telah ditetapkan.
  • Transaksi Reksadana ini biasanya diproses berdasarkan nilai harta yang dimiliki atau nilai Aktiva bersih.
  • Terdapat batasan waktu untuk penerimaan yang didapatkan setiap hari baik ketika ingin melakukan penjualan maupun pembelian.
  • Setelah semua cara dilakukan, kini investor hanya tinggal menerima konfirmasi mengenai transaksi pembelian Reksadana.

Ketika kita mampu mengetahui cara investasi Reksadana tentunya hal tersebut akan mempermudah bagaimana langkah untuk berinvestasi. Dengan berinvestasilah kita mampu mempersiapkan keuangan di masa depan menjadi lebih baik.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian