Cara Jualan Di Instagram Yang Menghasilkan

Cara Jualan Di Instagram – Perkembangan teknologi sekarang memberikan dampak yang besar bagi kita. Dulu banyak hal yang terasa sulit untuk dilakukan tetapi dengan berkembangnya teknologi, semua menjadi semakin mudah.

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Salah satu gaya hidup yang tampak jelas sekarang adalah dengan berbelanja secara online. Dulu membeli barang harus pergi ke toko dan keluar rumah, namun sekarang kita hanya memsan melalui smartphone kita atau laptop kita.

Kita tidak perlu kena macet dan pergi keluar rumah hanya untuk membeli barang atau peralatan rumah tangga, yang jelas ini sangat menhemat waktu kita.

Kita bisa menggunakan waktu yang tersisan untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat misalnya mengembangkan bisnis online kita atau belajar tentang perkembangan ekonomi dan lain-lain.

Atau bahkan bagi anda ibu rumah tangga bisa menyambi berbelanja sambil menjemput anak atau menjaga anak.

Kemudahan yang diberikan untuk berbelanja online tersebut akhirnya menginspirasi banyak pelau bisnis yang dulunya hanya menjual barang di toko ,menjadi berkembang menjual barang di toko online dan memasarkannya secara online juga.

Memasarkan secara online juga memberikan manfaat banyak terhadap pelaku bisnis karena di online kita dapat mencakup banyak wilayah dan tersebar luas.

Jika bisnis online ini dijalankan dengan sungguh-sungguh, maka bisnis ini bisa menghasilkan banyak sekali pemasukan yang besar.

Meski banyak kemudahan yang diberikan dari berbisnis online ini, juga ada beberapa kekurangan dari menjalan bisnis online ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis online.

Kelebihan Dalam Menjalankan Bisnis Online

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

1.  Waktu dan tempat fleksible

Jika anda memiliki koneksi internet yang stabil, anda bisa menjalankan bisnis online dimana dan kapan saja tanpa harus bertemu secara langsung denga palanggan anda.

Bisa dijalankan dimana saja, dari rumah, kantor, pagi, siang malam sore atau bahkan hari libur.

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

2. Biaya operasional terjangkau

Anda juga tidak perlu repot-repot menyewa tempat untuk berjualan, anda juga sudah bisa memasarkan produk yang anda jual dari online. Kelebihannya juga anda tidak perlu membayar karyawan.

Jadi biaya operasional bisnis online menjadi lebih terjangkau. Anda hanya memastikan kuota internet anda terpenuhi.

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

3. Dapat menjual barang dengan harga murah

Salah satu hal yang paling disukai orang saat membeli barang adalah harga yang murah atau diskon. Hal ini bisa menjadi peluang besar bagi anda pebisnis online untuk meningkatkan penjualan.

Mengapa? Karena dibisnis online anda bisa menjual barang dengan harga yang lebih murah dari pada ditoko.

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

4. Transaksi lebih mudah

Perkembangan tekonologi sekarang berkembang dengan sangat pesat, transaksi dalam belanja online pun menjadi semakin mudah. Pembeli tidak perlu menyiapkan uang tunai dalam bentuk pecahan atau recehan saat membayar.

Disisi kita, anda tidak perlu lagi bingung menyiapkan uang kembalian, karena sekarang semua sistem pembayaran dilakukan dengan sistem transfer.

Dengan demikian belanja online menjadi semakin mudah dan juga aman dan terhindar dari uang palsu.

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

5. Menjangkau di berbagai wilayah

Dengan Cara Jualan Di Instagram, Anda bisa menjangkau orang atau pelanggan anda dari seluruh daerah di tanah air bahkan sampai luar negeri. Dengan begitu anda dapat lebih mudah untuk menjual produk anda dan produk anda akan lebih banyak dikenal masyarakat.

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

6. Pengoperasian Mudah

Untuk pengoperasian bisnis online ini sangat mudah sekali, anda bisa melalui ponsel pintar anda dan hanya didalam genggaman tangan anda, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Apalagi sekarang adalah jamannya internet banking, semua urusan transaksi keuangan akan semakin mudah dan dapat dikendalikan melalui ponsel pintar anda.

Kekurangan Dalam Menjalankan Bisnis Online

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

1. Tidak Mengenal Waktu

Biasanya anda ingin menikmati waktu luang bersama keluarga, tapi sayangnya bisnis online adalah jenis perkerjaan yang tidak mengenal waktu. Anda harus siap melayani pertanyaan-pertanyaan dan juga permintaan produk dari pembeli anda kapan saja.

2. Tingkat Persaingan Yang Cukup Tinggi

Banyaknya pesaing dan juga produk yang sama dan sejenis tentu membuat persaingan bisnis online menjadi semakin ketat dan juga apalagi jika jenis bisnis yang anda jalanan berbentuk reseller.

Untuk terus dapat berjalan anda membutuhkan ide dan inovasi serta keahlian anda untuk memasarkan produk anda.

3. Kendala Akses Internet

Bisnis online sangat bergantung dengan koneksi internet, jika anda harus berpergian jauh di daerah yang susah untuk menjangkau sinyal internet hal itu bisa menyebabkan kendala bagi bisnis anda.

Selalu juga memeriksa kuota internet anda dan jangan sampai kehabisan, itu juga bisa menghambat bisnis online anda atau dapat terkena imbasnya.

Bagaimana Cara Jualan Di Online

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Meski banyak dijalankan sendiri tanpa memiliki toko atau bahkan karyawan, memulai bisnis online ini harus tetap dilakukan dengan prencanaan yang matang. Berikut ini hal-hal yang perlu anda perhatikan saat memulai menjalankan bisnis online salah satunya adalah Cara Jualan Di Instagram yang nanti akan kita bahas.

1. Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Yang pertama harus anda lakukan adalah menentukan pilihan produk yang tepat dan cocok untuk anda. Pastikan jika anda suka dan mau menggunakan produk tersebut dan percaya kepada produk tersebut. Hal ini sekaligus meyakinkan bahwa produk yang anda pilih layak untuk dijual.

Yang kedua adalah usahakan pilihlah produk yang tidak mudah rusak saat dikirim ke tempat yang jauh. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya dan cara pengirimannya agar barang sampai di pembeli dengan keadaan baik.

Yang ketiga bisa anda putuskan apakah produk yang anda jual merupakan produk buatan sendiri atau reseller.

Keuntungan dengan menjual produk sendiri adalah anda dapat mempromosikan brand anda, di sini lain menjual produk sendiri akan menghabiskan dana besar untuk mempromosikan produk anda tersbut, sehingga mungkin anda perlu mencari investor.

Jika anda berencana untuk menjual produk yang sudah ada, biasanya produknya pasti sudah dikenal atau banyak yang sudah tau. Anda hanya fokus pada pemasarannya saja.

Kekurangan dari menjual produk reseller adalah pesaing anda yang banyak yang gencar memasarkan produk yang sama.

2. Menetapkan Target Pasar

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Jika anda sudah tau produk apa yang akan dijual maka langkah selanjutnya adalah menentukan segmen pasar untuk menjual produk anda tersebut.

Siapa saja yang bisa menggunakan produk anda? Dari sana anda bisa menentukan strategi dan tempat pemasaran yang pas untuk memasarkan produk anda tersebut.

3. Menguji Pasar

Sebelum menjual produk anda secara online pastikan terlebih dahulu bahwa produk anda layak dan bisa di gunakan untuk publik. Sebagai percobaan anda bisa memulainya dengan menwarkan produk anda pada keluarga, sahabat dan teman dekat.

Selanjutnya adalah anda akan meminta penilaian mereka terhadap produk yang anda tawarkan tersebut. Jika memiliki respon yang baik maka itu berarti anda dapat menjualnya secara online dan luas.

Jika sebaliknya, anda perlu berpikir untuk memperbaiki kualitas dan juga kemasan agar dapat dijual secara online dan luas, dan bisa meningkatkan penjualan dan kepercayaan pelanggan.

4. Memasarkan Produk

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Jika perencanaan bisnis anda sudah matang maka anda sudah siap untuk memasarkan produk anda dan menjual produk anda. Langkah Cara Jualan Di Instagram berikutnya adalah memasarkan produk anda, ini merupakan kunci kelangsungan sebuah bisnis untuk itu anda perlu memilih media untuk pemasaran yang paling pas untuk anda dari segi budget atau pencapaian.

Agar produk anda dapat dikenal banyak orang anda bisa memanfaatkan pemasaran dengan media sosial yang anda miliki. Semakin banyak anda menjalin pertemanana di media sosial maka semakin besar pula target pasar anda yang bisa anda tawarkan produk anda.

Baca juga: Cara Memasarkan Produk Di Instagram

Salah satu sosial media yang cukup terkenal saat ini untuk dijadikan sarana berjualan online adalah instagram. Mengupload foto dan video di instagram dapat menarik orang atau para follower anda.

Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda ingin mulai untuk berjualan di media sosial instagram selain caranya yang mudah dan praktis.

Keuntungan Berjualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Jika dibanding menggunakan media sosial lain, menurut riset saya cara berjualan di instagram termasuk cara yang paling mudah dijalankan. Mengapa? Karena anda bisa mengupload gambar produk yang besar sehingga mudah untuk dilihat oleh calo pembeli atau follower anda.

Jadi mereka akan lebih mengenali produk anda dan jika tertarik mereka akan membaca caption anda mengenai produk anda tersebut.

Masih banyak keuntungan lain yang bisa anda dapat contohnya seperti dibawah ini:

1. Terhubung Dengan Media Sosial Lain

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Biasanya sosial media instagram yang anda miliki terhubung satu dengan lain dengan media sosial media lain, contohnya seperti instagram yang terhubung dengan Facebook.

Jadi setelah anda mengunggah gambar atau video tentang produk anda, otomatis akan memposting juga di facebook, dengan begitu orang yang melihat akan semakin banyak dan peluang anda juga akan semakin besar.

2. Tampilan Lebih Menarik

Bukan hanya gambar-gambar dan foto yang bisa anda tampilkan, tetapi juga bisa di edit melalui filter. Jadi tampilan produk anda bisa lebih menarik dan memikat followers anda.

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

3. Jumlah Pengguna Instagram Yang Semakin Banyak

Sekarang jumlah pengguna instagram semakin banyak dan bahkan bisa hampir menyusul pengguna facebook. Bisa dikatakan kalau melalui instagram anda bisa menjangkau pasar atau target penjualan yang lebih luas lagi.

Bagaimana Cara Jualan Di Instagram?

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Ada banyak cara memasarkan produk melalui instagram yang tergolong cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk memasarkan produk anda di instagram. Berikut beberapa caranya yang bisa anda ikuti Cara Jualan Di Instagram:

1. Membuat Akun Instagram

Untuk memulainya pasti anda membutuhkan akun instagram, bisa menggunakan nama anda sendiri atau nama bisnis atau produk yang akan anda jual atau branding.

2. Kontak Dan Informasi Anda

Setelah Anda membuat akun, jangan lupa untuk memberikan informasi seperti kontak nomor telp atau email dan juga situs website jika anda punya, agar untuk memudahkan calon pembeli untuk membeli produk anda dan mengenal lebih dekat dengan produk anda.

3. Follow Orang Di Instagram

Agar instagram anda dilihat oleh banyak orang atau mengetahui produk anda, Perlu untuk follow sebanyak-banyaknya akun orang di instagram. Hal itu berguna untuk menambah jumlah follower anda dan juga untuk mempromosikan produk anda.

Berikut saya berikan kriterianya untuk follow akun instagram yang baik:

  1. Akun dengan followers yang banyak seperti selebritas atau artis tokoh penting.
  2. Akun memiliki konten yang sama atau sejenis dengan bisnis anda
  3. Akun dengan usia dan target yang sesuai dengan produk yang anda jual.
  4. Pasang foto produk anda secara berkala, tetapi jangan spamming ( sehari 1 kali saja).

Penting untuk anda ketahui, untuk produk anda lebih dikenal maka anda harus sering mengupload foto atau video yang bervariasi tentang produk anda. Sehari cukup sekali saja agar followers anda tidak jenuh dengan postingan anda dan tidak meng-unfollow anda.

4. Gunakan Hashtag

Saat mengupload foto produk di instagram jangan lupa memberi hashtag atau tanda pagar agar semakin banyak yang mencarinya. Mengapa? Karena hashtag merupakan kata kunci di instagram.

Semakin banyak hashtag yang anda tulis maka produk anda akan semakin mudah untuk dicari dan ditemukan.

5. Promosi Di Akun Orang Lain

Sesekali tapi jangan terlalu sering, anda bisa mempromosikan produk anda di akun instagram orang lain terutama pada akun dengan jumlah followers yang banyak.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu comment pada postingan akun instagram orang lain tersebut.

Ingat! Jangan terlalu sering untuk iklan di akun instagram orang lain karena akun anda bisa diblokir oleh pemilik akun tersebut. Untuk menghindari itu anda bisa mempromosikan di akun instagram selebriti lain sehingga tidak sama berulang-ulang kali.

Cara Jualan Online Di Instagram Agar Semakin Laris

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Dengan perkembangan dunia bisnis dan jumlah pebisnis online yang semakin meningkat di media sosial instagram, untuk itu anda harus pintar untuk menyusun strategi anda agar terus dapat melangsungkan bisnis anda dan menarik calon pembeli.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips cara jualan di instagram agar produk anda laku di pasaran.

1. Upload Foto Yang Bagus Dan Berkualitas

Hal  pertama yang menarik perhatian bagi para caln pembeli di instagram adalah foto kita yang bagus dan tampilan produk anda yang baugs. Untuk itu saat mengembil gambar anda harus memfoto dengan bagus. Dengan begitu gambar anda akan terlihat menarik dan bagus saat dilihat di instagram oleh para follower anda.

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

2. Membagi Konten Yang Bermanfaat

Agar dapat meningkatkan jumlah penjualan maka anda tidak harus selalu membagikan foto dari produk anda tetapi anda bisa memberi selingan dengan konten yang bermanfaat atau dengan quotes-quotes agar followers anda tidak bosan dan tidak jenuh.

Contohnya jika anda menjual coklat maka anda bisa memberi video atau foto mengenai manfaat cokelat atau resep yang bisa di buat dengan coklat. Kemungkinan akan banyak yang melihat tips, quotes atau video dan lama-kelamaan akan tertarik dengan produk yang anda tawarkan.

3. Gunakan Caption Yang Menarik

Jangan lupa untuk menggunakan caption yang menarik untuk dapat menarik perhatian pelanggan atau followers dan juga memberi informasi yang detail mengenai gambar yang anda upload atau produk anda.

Tidak perlu panjang-panjang atau susah, hanya kalimat biasa saja untuk membuat followers anda penasaran dengan produk anda tersebut.

4. Buktikan Bahwa Produk Anda Berkualitas

Untuk membuktikan bahwa produk anda memang berkualitas dan layak, mungkin anda bisa membuat testimoni dan menguploadnya agar lebih terpercaya bagi para calon pembeli anda.

Dengan begitu calon pembeli tidak akan ragu dengan kualitas produk anda.

5. Menggunakan Jasa Instagram Follower

Cara Jualan Di Instagram

Cara Jualan Di Instagram

Jika anda sudah yakin dengan bisnis yang akan anda jalankan dan produk yang akan anda jual maka anda bisa menginvestasikan uang anda untuk mempromosikannya. Dengan menggunakan jasa followers di instagram maka anda bisa mendapat lebih banyak lagi followers, sehingga memudahkan anda untuk menjual produk anda.

Anda hanya perlu meng investasikan sedikit uang untuk membayar jasa ini. Apa bila dikerjakan dengan serius dengan menggunakan strategi yang benar maka bisnis melalui instagram ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Apalagi jika anda diminta untuk endorse suatu barang.

Demikian artikel ini mengenai Cara Jualan Di Instagram. Jadi sudah siapkah anda untuk bersaing dengan para pebisnis online lainnya? rencanakan bisnis anda dengan matang dan strategi pemasaran yang benar agar dapat berkembang pesat sesuai harapan anda.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply