Cara Memasarkan Produk Dengan Facebook

(Last Updated On: September 6, 2018)

Cara Memasarkan Produk Dengan Facebook – Facebook saat ini masih menjadi sosial media denga  pnegguna terbanyak di indonesia, terlepas dari penduduk kita yang banyak facebook bisa anda jadikan pangsa pasar yang besar.

Sosial media berkembang sangat pesat di jaman ini dan menjadikan facebook sebagai sosial media no1 yang banyak dipakai orang. Nah dengan kata lain anda pasti bisa memanfaatkan pengguna sosial emdia facebook yang besar ini untuk meningkatkan penjualan bisnis anda bukan ?

Tapi masih banyak orang yang bertanya tanya dan belum tau bagaimana memasarkan produk dengan Facebook yang cepat tepat dan berguna untuk bisnisnya. Masih banyak pengguna facebook yang memasarkan produknya dengan cara spamming atau cara brutal sehingga tidak bagus dari segi branding.

Karena itu di artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara memasarkan produk dengan facebook secara mendalam. Karena itu sebelum kita mulai kita harus tau terlebih dahulu apa itu facebook dan fitur yang disediakannya.

Apa itu Facebook Dan Fitur Yang Disediaknnya | Cara Memasarkan Produk Dengan Facebook

Cara Memasarkan Produk Dengan Facebook

  • Perbedaan Facebook profile, Facebook page, dam Facebook group

Facebook profile adalah facebook akun pribadi kita, untuk perorangan yaitu mengupload gambar pribadi kita dan lainnya. Akun ini tidak bisa dipakai menjadi akun perusahaan atau toko.

Facebook page ini yang akan kita gunakan untuk berpromosi atau iklan nantinya. Dengan akun fanpage nantinya kita bisa mendapatkan follow dan memiliki fitur tambahan. dan ini lebih kredible dari pada anda menggunakan facebook profile, selain itu juga kalau anda ingin beriklan maka wajib punya fanpage ini !

Facebook group adalah facebook yang kita buat sebagai group dimana memiliki member yang bisa kita atur closed group atau open group. Disini fiturnya hampir sama dengan fanpage tetapi bedanya adalah kalau di fanspage anda hanya mendapatkan follow dan tidak bisa member khusus yang ikut, tetapi kalau di group anda bisa mengatur anggota kalian.

Untuk pemasaran masih lebih di rekomendasikan menggunakan fanpage !

  • Alasan Menggunakan Facebook page

Patinya memiliki banyak fitur dan jika anda ingin iklan, anda wajib mempunyai fanpage. Selain itu juga fanpage memiliki tampilan yang lebih baik dibandingkan dengan facebook profile jika untuk perusahaan.

Ada lima alasan yang menjadi dasarnya yaitu:

  1. jumlah limit anggota facebook lebih banyak dibanding sosial media lain.
  2. Facebook memiliki kesan kredibilitas jika di jadikan sosial media perusahaan
  3. Melalui fanpage anda dapat meriset pola dan insight audience anda
  4. Facebook bisa mempromosikan bisnis kita ke bisnis lainnya dengan mudah
  5. Facebook juga sangat bagus di SEO.
  • Buat Facebook Fanpage

Membuat akun facebook sangat simple dan mudah, anda hanya tinggal mendaftarkan dengan alamat email lalu mengisi data seperti no telp dan membuat password. Setelah itu tunggu email verifikasi dari facebook. Setelah itu anda dapat mensetting akun facebook anda.

Setalah melakukan proses pendaftaran tersebut, anda telah memiliki akun facebook personal. Setelah memiliki akun personal, anda dapat membuat facebook fanpage dengan mudah, Ikuti petunjuk saja, anda dapat klik gambar bumi di sebelah kanan atas lalu cari klik buat page atau halaman.

Buat nama fanpage yang mudah untuk diingat orang dan juga membuat fanpage yang kredible. setelah anda selesai anda tinggal setting fanpage anda dan anda bisa langsung mulai menggunakannya. contoh fanpage saya adalah facebook.com/yukbelajaronline

  • Optimalisasi Facebook Fanpage Anda

Agar fanpage anda bisa diiklankan anda harus mengoptimasinya terlebih dahulu dan minmal 10 hari. Anda harus mengisinya dengan foto atau update status fanpage anda. Dan mencari followers.

Optimalkan fanpage anda setting dan design agar menarik sehingga nantinya anda memiliki banyak orang di fanpage anda untuk dipromosikan sesuatu,

Jangan lupa dalam 10 hari anda harus aktif dan rajin untuk memposting gambar di fanpage anda.

  • Tingkatkan Jumlah Komunitas Anda

Kumpulkan banyak orang untuk memfollow fanpage anda, ini bisa anda lakukan pribadi atau anda isa lakukan dengan cara iklan. biasanya yang mudah adalah dengan cara beriklan.

Setelah anda memiliki banyak orang di fanpage anda maka anda bisa menmpromosikan produk anda. Misal menjual tas atau sesuai niche fanpage anda.

Karena itu fanpage sangat penting untuk mengumpulkan followers, dan juga jangan lupa untuk update terus sehingga followers anda tidak bosan dengan fanpage anda.

Cara Memasarkan Produk Dengan Facebook Yang disarankan

Cara Memasarkan Produk Dengan Facebook

Cara Memasarkan Produk Dengan Facebook

Apakah anda pernah mendengar kata soft selling ? Jika tidak maka saya akan membahs sedikit disini.

Soft selling artinya adalah menjual barang atau menawarkan barang dengan cara halus agar si konsumen atau pembeli tidak merasa di terror atau di paksa untuk membeli. Nah teknik soft selling ini yang biasanya kita pelajari karena konversinya sangat besar jika kita menggunakan soft selling ini.

Jika anda sebagai pelanggan yang di terror untuk membeli barang di penjual maka anda pun juga merasa kurang nyaman dan jadinya tidak membeli bukan ? Beda dengan cara yang halus semisal pelan-pelan pertama diberi penjelasan, lalu kemudian diberi mengapa butuh produk ini, kemudian diberi diskon baru ditawari produk yang ingin kita jual.

Cara itu lebih jauh efektif dibanding dengan anda langsung menjual barang tersebut. Nah seperti itulah konsep soft selling. Kita tidak langsung memaksa orang membeli produk kita.

Inilah adalah beberapa kelebihan apabila kita melakukan penjualan dengan cara soft selling.

  • Calon pembeli tidak akan merasa terganggu dengan upaya selling kita. Beda halnya kalau kita tanpa tedeng aling-aling langsung jualan, “ehh beli dong produk gw,.. beli cepetan“. Si calon pembeli pasti akan terganggu. Kalau ia terganggu tentu saja ia akan kabur dan sekaligus kapok, tidak tertarik lagi kalau kita menawarkan produk ke mereka.
  • Reputasi kita akan dikenal lebih positif. Ini terjadi karena sebelum menjual suatu produk kita melakukan kegiatan edukasi terlebih dahulu terhadap calon pembeli. Ketika kita mengedukasi calon pembeli maka mereka akan memetik manfaat. Ketika kita bisa memberi manfaat biasanya kita sebagai penjual akan lebih disukai.

Bagaimana Cara Melakukan Soft Selling Melalui Facebook?

Intinya ada pada edukasi terhadap calon pembeli !

Sebelum kita melakukan edukasi atau menjual produk anda harus tau terlebih dahulu bagaimana kebutuhan pelanggan andatersebut sehingga anda dapat memberikan solusi yang tepat kepada dia. Bisa jadi solusi yang anda berikan tidak tepat sehingga dia tidak jadi membeli produk anda.

Setelah itu baru melakukan edukasi !

Contoh calon pembeli punya masalah seputar kesehatan, nah kita bantu. Kita berikan pengetahuan tentang pengetahuan kesehatan dan memberikan solusi kepada pembeli kita.

Setelah pembeli sudah teredukasi baru kita tawarkan produk kita dengan diskon yang lumayan agar lebih meyakinkan pembeli untuk membeli produk kita.

Itu adalah teknik dasar soft selling yang kita lakukan selama ini di facebook.

Leave a Reply