Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak Yang Efektif

(Last Updated On: September 6, 2018)

Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak – Media cetak adalah salah satu promosi yang bisa kita lakukan dengan cara mencetak iklan. Mencetak iklan bisa kita lakukan di banyak hal misal kora, majalah atau bahkan banner. Sama halnya sebelum ada online atau internet kita menggunakan media ini sebagai promosi. dan media ini ternyata masih sangat berguna di indonesia khususnya.

Yang membedakan antara media cetak dengan media online adalah cara penggunaannya, kita membutuhkan koneksi internet untuk melihat media online tetapi kita tidak butuh untuk membeli karena semua ada di online. Sedangkan media cetak kita tidak perlu menggunakan internet hanya cukup membacannya saja, tetapi lokasi media cetak haruslah strategis dan mengharus kan memiliki dana iklan yang besar. Misal cetak di koran, pasang banner dan lain-lain.

Bagi anda yang ingin mempromosikan produk anda, Anda dapat meimilih 2 pilihan di atas terserah sesuai dengan kemampuan anda dan juga pangsa pasar anda. Karena dengan meilih media cetak atau media online pasti semua ada risikonya.

Tetapi di artikel kali ini saya akan lebih fokus membahas media cetak di banding dengan media online karena saya rasa media cetak masih sangat penting di indonesia ini. Kita bisa lihat Go jek, Grab dan ecommerce online masih mempromosikan produk mereka di media cetak.

Langsung aja kita bahas ke bagaimana caranya dan tipsnya agar anda bisa melakukannya langsung:

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak Yang Efektif ?

Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak

Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak

Memilih Jenis Media Cetak Yang Sesuai

Seperti yang sudah sempata saya singgung diatas, media cetak membutuhkan biaya, dan bahkan jika kita mau memasang banner kita membutuhkan biaya yang cukup besar. Misalnya saja untuk mendapatkan space iklan teks baris di sebuah koran saja, setidaknya membutuhkan dana sekitar 50-100 ribu perharinya. Maka sebelum anda pasang media cetak anda harus memikirkan benar terlebih dahulu produk anda kira-kira sesuai dimana ? dan kira-kira cukup atau tidak biayanya?

Contohnya jika saya memiliki kedai kopi saya akan mencoba beriklan di media cetak majalah atau koran dengan ukuran yang menggunakan gambar selama beberapa bulan, lalu saya akan menggantinya dengan iklan banner. Agar tujuannya adalah orang lebih mengenal. Karena itu juga anda harus tau pangsa pasar anda, tidak mungkin saya iklan di media koran terus menerus karena saya tau koran tidak seberapa efektif untuk produk kedai kopi saya.

Sesuaikan Kelas Usaha Dengan Jenis Iklan

Sesuaikan jenis iklan anda dengan usaha anda, misal jika anda memiliki produk yang membutuhkan konsumen melihat gambar, pilihlah media cetak yang menawarkan gambar, jangan memilih media cetak yang hanya menampilkan teks saja. Kemudian anda bisa coba hitung biayanya dan cari yang termurah atau yang masuk dengan budget anda sesuai dengan kelas anda.

Penyesuaian jenis iklan juga berpengaruh terhadap branding kita, misal kita memiliki kedai kopi no 1 di surabaya, kita akan beriklan di media majalah no 1 juga dengan iklan bergambar, karena untuk menjaga image branding kedai kita.

Tidak mungkin kita beriklan di majalah yang asal-asal karena itu nantinya akan berpengaruh terhadap branding kita. Saya beri contoh, anda pasti tidak pernah melihat starbuck iklan di media yang tidak memiliki nama bukan ? Pastinya itu akan sangat mejatuhkan brand atau nama mereka.

Sampaikan Iklan Dengan Efektif

Berikutnya adalah menyampaikan iklan yang anda buat dengan efektif kepada pelanggan. Ini bisa anda pelajari dari test iklan dengan menggunakan ilmu copywritting dan juga warna dan gambar. Karena itu iklan yang ada saat ini tidaklah semudah dulu, kita membutuhkan copywritting dan bermain warna agar kaum milenials tertarik terhadap iklan yang kita buat.

Saya beri contoh misal kita lihat tokopedia, mereka hanya beriklan dengan copywritting “# sudah cek tokopedia belum” Nah itu adalah salah satu copywritting yang membangun branding. Jika anda mau beli barang pastinya nanti akan teringat untuk cek terlebih dahulu tokopedia.

Itu yang disebut sebagai belajar teknik copywrtting yang menarik dan unik sehingga orang tertarik pada iklan anda. Penyampaian iklan juga akan berpengaruh terhadap audience atau konsumen anda juga.

Karena anda sudah membaca aritkel ini sampai bawah saya akan memberikan bonus kepada anda, tips membuat copy writting yang bisa anda terapkan dengan mudah

Tips Copywritting Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak

Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak

Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak

  • Tertarget¬†

Usahakan iklan yang anda buat mengenai sasaran dan sesuai target anda, misal kaum milenials berarti anda harus riset iklan yang berkaitan dengan kaum milenial. Anda bisa menentukan target anda dengan melihat jenis usaha anda,

Misal usaha anda adalah cafe maka anda bisa menggunakan bahasa atau target kepada milenials, berbeda jika usaha anda adalah kosmetik, targetnya adalah ibu-ibu maka anda akan menggunakan bahasa yang berbeda jauh tentunya. Mulai menangkap apa yang saya ingin jelaskan disini.

  • Pilihan bahasa yang unik

Setelah anda tau target nya baru anda pindah ke pemilihan kata unik, anda bisa buat se kreatif anda mungkin dan pastinya sesuai target pasar anda ya.

Gunakan pilihan kata yang menarik kaum milenials atau bisa diktakan unik dan menarik sehingga orang mau membacanya. Anda bisa membuatnya sekreatif mungkin sehingga dapat membuat orang penasaran.

Misal kita menggunakan kata-kata #Sudahcektokopediabelum atau #cektkopediadulu atau lainnya yang bisa anda coba lihat di google atau di iklan-iklan yang sudah dibuat oleh orang.

  • Membuat riset iklan

Lakukan riset seusuai minat konsumen anda, ini bisa anda serahkan kepada ahlinya untuk meriset konsumen anda. Anda juga harus meriset iklan anda. Misal jika diberi tulisan atau copywritting seperti ini dan gambar seperti ini apakah konsumen suka?

Jika tidak maka anda harus menggantinya dan membuat perbangingannya antara iklan A dan iklan B sehingga nanti akan terlihat konsumen lebih suka iklan A atau iklan B. Dan ini harus anda lakukan untuk meningkatkan impression di iklan anda.

Riset ini juga harus anda lakukan karena akan sangat berpengaruh terhadap konsumen anda.

Tidak boleh menyinggung

Dan yang terpenting copywritting tidak boleh menyinggung orang atau golongan tertentu karena akan sangat berpengaruh jelek terhadap audience anda. Kreatif tetapi tetap menggunakan kata atau bahasa yang tidak menyinggung golongan mana pun.

 

Sekian duluTips dan Cara Memasarkan Produk Dengan Media Cetak yang bisa saya berikan kepada anda jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat.

Jika kalian ingin memasarkan produk dengan instagram bisa membaca artikelnya disini.

Baca Juga: Cara Memasarkan Produk Dengan Instagram

Jika anda ingin belajar membuat website anda bisa mengikuti kelas cara cepat membuat aurthority blog dengan harga khusus. Jika anda minat klik gambar dibawah ini:

Membuat Authority Blog

Membuat Authority Blog

Ini nantinya akan sangat berguna jika anda mencoba mempromosikan produk anda lewat online !

Leave a Reply