Cara Memasarkan Produk Ecommerce Anda Dengan Mudah

(Last Updated On: September 6, 2018)

Cara Memasarkan Produk Ecommerce – Jika anda memilik online store atau e commerce dan berusaha untuk memasarkan produk anda dengan cara mendatangkan traffik ke e commerce store anda maka anda datang ke artikel yang tepat.

Kita sudah tau bahwa e commerce saat ini sedang naik daun dan banyak ecommerce baru berdatangan bahkan dari luar negeri. Nah pertanyaannya apakah kita bisa bersaing dengan mereka ? Karena itu di aritkel ini saya akan memberikan kepada anda sedikit tips untuk mengembangkan e commerce store anda secara lengkap.

Artikel ini akan membantu anda untuk menjelaskan teknik dan tips bagaimaa cara memasarkan produk ecommerce anda ! Nah sebelum masuk kepembahasan lebi dalam kita lihat dulu apa yang mempengaruhi penjualan e commerce anda ?

Bagaimana penjualan ecommerce sebenarnya terjadi

Yang sesungguhnya terjadi adalah konsumen atau customer anda tidak langsung datang ke toko anda lalu langsung membelinya. Butuh adanya penawaran dan juga iklan agar mereka tertarik untuk mebelinya. Tetapi dalam proses membelinya pun juga membutuhkan berhari-hari untuk memikirkan produk yang ingin dibeli.

Jika anda belajar dan menerapkan ilmu yang banyak dipakai oleh e commerce besar diluar sana maka penjualan anda akan meningkat dan akan berkembang tidak hanya dari segi traffik tapi juga omzet.

Teknik Cara Memasarkan Produk Ecommerce Yang Harus Anda lakukan !

Cara Memasarkan Produk Ecommerce

Cara Memasarkan Produk Ecommerce

Berpikirlah seperti pelanggan

Misal anda adalah sebuah pelanggan, melihat toko anda sendiri apa yang pertama kali anda pikirkan ? Nah itu adalah dasar utama mengenai tampilan toko pelayanan dan juga lainnya.

Tampilan dari toko anda akan menetukan kenyamanan pelanggan anda selama berada di toko anda. Kemudian juga laynana yang anda berikan fast respon atau tidak akan berpengaruh sekali terhadap pelanggan anda yang ingin membeli. Bisa saja karena anda tidak cepat menjawabnya pelanggan anda sudah membeli di tempat lain.

Selain itu juga anda harus memiliki produk unggulan yang akan terus berada di halaman utama alias produk yang laku terus.

Buat tampilan yang menarik

Nah seperti yang sudah saya singgun sedikit diatas membuat tampilan yang menarik, kita juga bisa meng kategorikan produk agar lebih rapi dan terstruktur jelas. Selain memudahkan pembeli kita juga dimudahkan.

Anda bisa melakukan setting shorting berdasarkan harga, barang yang dicari dan masih banyak lagi. Jadi fitur ini wajib ada karena akan sangat memudahkan anda.

Selain itu juga Halaman produk anda juga harus anda perbarui, misal anda menjual produk baju jangan hanya anda upload beri judul dan tanpa deskripsi yang jelas. Berikan penjelasan yang jelas ukuran yang jelas dan selalu di update penjelasannya. Misal baju merk A warna putih available, warna hitam kosong.

Selain itu juga anda bisa menyambungkan halaman produk A ke halaman produk B, semisal anda dari halaman produk A baju anda bisa menyambungkan nya dengan produk B yaitu celana.

Fitur tersebut sudah banyak plugin nya dan anda bisa cari di Google.

Memperbanyak produk

yang namanya e commerce store pasti memiliki banyak produk, jangan sampai anda hanya memiliki beberapa pilihan produk saja. Selain produk yang diperbanyak, produk terbaru juga harus anda ikuti sehingga tidak ketinggalan tren dengan e commerce atau toko lainnya.

Dengan menambah banyak pilihan maka pelanggan akan suka dengan toko anda dan lebih lama berada di toko anda. Peluang ini bisa anda manfaatkan untuk si pelanggan menjadi pembeli dengan fitur berikut yang akan kita bahas.

Memiliki layanan live chat

Jika anda memiliki toko konvensional anda pasti menyediakan pegawai untuk menjawab segala pertanyaan pelanggan. nah kalau di toko online anda bisa menyediakan live chat sebagai wadah pelanggan untuk bertanya kepada anda mengenai produk,

Live chat ini sifatnya 24 jam dan pastinya anda harus menyediakan orang yang bisa anda jadikan sebgai admin. Fitur ini akan sangat banyak membantu terutama e commerce indonesia, karena di indonesia budaya tanya masih sangat kental. Kita bisa lihat saja jika anda mmebeli barang di toko online paling tidak anda pasti bertanya barngnya ready atau tidak bukan ?

Tips Cara Memasarkan Produk Ecommerce Yang Bisa Anda Lakukan

Cara Memasarkan Produk Ecommerce

Cara Memasarkan Produk Ecommerce

  • Upsell Produk Anda

Yang pertama pastinya anda bisa mengupsell produk anda misal jika anda sudah membeli baju, anda bisa memberikan lagi diskon 20% untuk pembelian celana, sehingga di pelanggan tertarik untuk mmebeli celana anda.

  • Newsletter Sign Up Popup

Ini adalah tips yang cukup ampuh yaitu dengan menambahkan fitur popsup ads atau iklan popup. Biasanya diminta untuk mengisi data email untuk diberi diskon. Dan dari data email tersebut kita bisa targeting mereka untuk beli barang kita dengan cara di email lagi dengan diberikan diskon khusus.

  • Abandoned Cart Email

Fitur ini juga perlu anda tambahkan, fungsinya adalah untuk mereiminder orang bahwa mereka ada menambahkan barang di cart mereka. Karena kebanyakan orang habis melihat produk anda lalu menambahkan barang ke cart mereka lupa untuk membayarnya atau tidak melakukan transaksi bukan ?

Sehingga tidak terjadi sales, dengan cara ini anda bisa meningkatkan sales yaitu dengan mengingatkan mereka jika masih ada pembelanjaan di cart mereka. dan hebatnya lagi terkadang cookies nya masih bisa bertahan hingga beberapa hari.

Jadi tools ini sangat direkomendasikan, anda bisa mencarinya di google karena sudah banyak.

  • Iklan FacebookAds atau GoogleAds

Berikutnya adalah penawaran iklan, dan mungkin ini tidak semua orang mau beriklan dan tidak semua orang memiliki budget iklan. Tetapi disini saya akan masukan sebagai tips dan salah satu faktor untuk meningkatkan toko online anda.

Jika anda memiliki data pelanggan seperti email dan no hp anda bisa retargeting iklan anda di facebook, atau anda bisa mencari leads baru. Tetapi sebaiknya anda melakukan retargeting karena sudah pasti dan tau toko anda.

  • Penawaran referal

Anda juga bisa menggunakan tips ini yaitu memberikan diskon referal kepada mereka yang mereferensikan kepada temannya. Misal si A memberikan referensi kepada si B maka Si A akan mendapatkan diskon 30% dan si B akan mendapat diskon 20%. Trik ini juga banyak digunakan toko online untuk mendapatkan pelanggan baru dan sales baru di tokonya.

 

Teknik referal ini sangat berguna jika anda ingin terus mengembangkan e commerce store anda, karena dengan cara ini anda bisa mendapatkan pelanggan baru. dan cara ini adalah alternatif dari cara beriklan di facebook atau google tadi.

Untuk terus berkembang pastinya anda harus mendapatkan pelanggan baru bukan ?

Jadi Cara Memasarkan Produk Ecommerce tidaklah hal yang mudah butu teknik dan perjuangan, karena itu anda harus terus belajar. Sekian tips dan teknik yang bisa saya berikan mengenai cara memasarkan produk ecommerce semoga bermanfaat dan dapat anda terapkan di toko oline anda.

Leave a Reply