Cara Membuat Blog Yang Menarik Dengan Mudah

Cara Membuat Blog Yang Menarik

Bagi para master, mungkin Cara Membuat Blog Yang Menarik, Keren (Mempercantik Tampilan Website) ini bukanlah hal yang sulit dilakukan karena mereka telah paham dengan baik tekniknya, tapi bagi yang pemula alias newbie soal blogger tentu butuh pencerahan soal ini. Dan berhubung kita sudah menyelasaikan ulasan lengkap soal tutorial cara membuat blog sebelumnya, jadi silahkan merujuk ke sana buat yang belum paham. Tapi bila sudah maka fokuslah membaca segala saran dan rahasia yang akan dipaparkan berikut. Perlu diketahui bahwa dalam tips ini hanya ada 3 bagian yang harus dituntaskan, yaitu domain, theme, dan plugin atau widget

Menarik dan keren bisa punya banyak makna, tapi apa yang penulis tangkap dari hasil riset ringan di mesin pencari google, ternyata yang diinginkan dari banyak pemula adalah tampilannya yang bagus dengan jalan mempercantik template-nya agar enak dipandang, mulai dari warna, tata letak, widget dan segala pengaturan di dalamnya. Dan berhubung semua hal menyangkut cara otak-atik blog sudah saya lakukan semua sebelumnya, kurang lebih 3 tahun lamananya, jadi tidak ada yang sulit untuk menerangkan ini, apalagi kalau niatnya untuk berbagi kepada kawan-kawan semua.

Rahasia Cara Membuat Blog Yang Menarik

Ada banyak bagian yang harus dilakukan untuk menghasilkan sebuah blog yang tampilannya tampak menarik dan cantik seperti milik kebanyakan blogger umumnya. Dan berikut poin penting yang harus anda perhatikan agar blog lebih menarik.

1. Domain

Bagian ini mungkin menurut banyak orang tidak perlu di perhatikan, padahal blog akan tanpak professional kalau domain (alamat linknya) juga bagus. Nah pada tahap awal ini disarankan merubah domain blogspot anda (missal : bikinblog.blogspot.com) menjadi .com (dot com), seperti caraspot.com dan lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan melihat alamat blognya saja orang sudah bisa tahu bahwa ia dibuat dengan serius sehingga isi artikelnya juga paling tidak berbobot dan bisa dijadikan referensi, ini biasanya sudah bisa diputuskan oleh pengunjung saat pertama kali melihatnya di mesin pencari, apakah akan diklik untuk dikunjungi atau tidak, nah disinilah keuntungan yang sudah mempunyai blog .com. Tapi sebenarnya bukan cuma sampai disitu keunggulan dari blog dengan domain berbayar, masih banyak lagi.

a. Merubah alamat

Banyak yang belum tahu kalau ternyata blogspot gratisan itu bisa dirubah jadi .com dengan lokasi servernya yang tidak berubah, yakni masih ditempatkan di blogspot, hanya saja domainnya sudah dirubah. Caranya adalah cukup dengan mengunjungi situs yang menyediakan pembelian untuk domain, salah satunya adalah www.rumahweb.com , silahkan buka websitenya lalu ketik nama domain yang kamu inginkan, kalau misalnya sudah dimiliki orang maka kamu bisa cari alternativ dengan mengganti ekstensinya, seperti .net, .info, .org, atau yang lainnya. Jika sudah, langsung order saja dengan mengikuti langkah-langkahnya sesuai yang tertera, tapi jika tidak tahu minta bantuan operatornya dengan cara Chating langsung. Jika sudah, tinggal kamu minta langsung pada admin Rumahweb untuk dibantu mengarahkan ke blogspot, biasanya mereka akan meminta password login blog dan domainmu, gampang kan?

b. Usahakan seo friendly dan mudah diingat

Memilih domain yang SEO Friendly di sini maksudnya adalah yang mengandung kata kunci, misal anda buat blog soal panduan buat email, maka usahakan saat membeli domain memilih minimal yang ada kata Email-nya walau tidak semua keyword yang diincar disertakan, misal emailbaru.com dan selainnya. Adapun kalau kita mau lebih sempurna lagi maka kita cari nama yang lebih bagus minimal dua kata dan kata-katanya familiar, sebagai contoh ada yang buat website penyedia domain kemudian dia memilih alamat domainesia.com , kan ini selain SEO juga keren karena ada kata Nesia dibelakangnya yang merupakan potongan kata dari Indonesia yang merupakan tanda bahwa penyedianya orang asli pribumi.

Mengenai pemilihan domain yang menarik, sebagaimana nama Caraspot ini kami temukan, sebaiknya baca tipsnya dan gunakan tools menemukan domain keren (silahkan baca).

2. Template (Mengganti Template jadi Profesional)

Ini cara membuat blog yang menarik sebenarnya, jika kita ingin mempercantik tampilan sebuah blog agar terlihat menarik dan keren, karena dari bagian inilah kita melakukan pengeditan tata letak widget-nya, mengatur jarak letaknya, hingga mengganti warna latar, gambar dan lain sebagainya. Tapi karena berhubung ini pembahasannya panjang, kita bahasa satu per satu di bawah ini.

Untuk bisa memiliki template/skin atau tampilan blog yang menarik dan tampak bagus layaknya blogger professional maka syaratnya kita harus merombak semua, tapi soal ini bukan berarti kita harus rubah satu per satu kode scriptnya karena kalau bukan Programmer sudah pasti tidak akan bisa melakukannya. Solusinya adalah dengan jalan mengganti template bawaan dengan yang baru, berikut caranya :

a. Untuk Blogspot

Kunjungi situs http://btemplates.com/
Pilih template yang bagus tampilannya, dan karena sekarang lagi marak penggunaan HP pintar untuk mengakses internet maka disarankan pilih jenis template yang ukurannya bisa menyesuaikan semua gadget dan perangkat, dalam hal ini disebut juga dengan Template Responsive. Kebetulan di tahun 2015-2016 ini Google baru saja meluncurkan algoritma baru bernama Mobilegeddon yang mana dengannya pencarian dari pengguna internet akan disesuaikan dengan perangkat yang mereka gunakan, misalnya saja si visitor sedang pakai gadget ketika melakukan Browsing maka secara otomatis google akan mendahulukan blog yang responsive dari pada yang tidak karena umumnya blog demikian menyulitkan pembaca saat dibuka.

Lihat demonya – ini penting dilakukan, yakni melihat tampilan sebenarnya pada saat online, bukan cuma dengan gambar dan screenshot, dan baru setelah itu bisa diputuskan akan digunakan atau tidak.

Download – Untuk tahap ini mudah saja dilakukan, cukup cari tulisan ‘Download’ di bawah gambar tampilan template di btemplates.com tersebut dan secara otomatis akan muncul halaman kecil yang meminta kamu men-savenya di komputermu.

Upload – Setelah tersimpan di komputer, sekarang waktunya menggunakan template tersebut dengan mengganti yang lama.

Selanjutnya, jika anda sudah mengganti dengan tampilan yang custom maka tinggal menatanya agar semakin baik di mata mesin pencari, terutama Google. Ini karena jika sebuah blog dianggap baik maka ia akan diberi ranking yang baik pula, paling tidak, walau tidak jadi ranking 1, tapi bisa masuk halaman pertama, nah berikut ulasan lengkapnya: Cara Mengatur Template Agar SEO Friendly dan Mudah Ranking di Google

b. Untuk WordPress

Sebenarnya ada banyak tempat mengambil Theme untuk wordpress yang gratis alias tanpa bayar sama sekali, hanya saja ada beberapa kekurangan jika kita hanya menggunakan yang free saja, terutama kita tidak punya tempat bertanya yang tepat kalau misalnya terjadi error atau ada pengaturan yang kita tidak tahu caranya, ini karena pada Theme berbayar selalu disediakan file Documentation yang mana dari situ kita bisa belajar semua cara pengaturannya. Selain itu kita juga punya kesempatan bertanya langsung lewat email pada pembuat theme-nya. Dan beberapa penyedia Theme berbayar untuk cara membuat blog menarik sebagaimana kita bahas pada kesempatan ini adalah:

http://themeforest.net/category/wordpress – Sudah sejak dulu ini dikenal sebagai situs penyedia berbagai kebutuhan virtual termasuk Theme. Penulis sendiri pernah membeli theme di sana yang mana umumnya setiap theme masing-masing dibuat oleh developer berbeda, tapi dari segi layanan purna jualnya semua bagus karena sudah menjadi syarat jika mereka menjadi penjual theme di sana.
https://mythemeshop.com/ – Ini juga provider dari luar negeri, hanya saja bedanya dengan yang di atas adalah yang mana ini dikelola oleh satu usaha yang mana semua themenya dibuat oleh satu developer saja, tentunya pelayanannya juga jauh lebih baik.
http://www.oketheme.com dan http://theme-id.com/theme – Keduanya sama-sama produk asli anak Indonesia, jika anda ingin komunikasinya lebih baik saat membeli maka pada cara membuat blog keren ini penulis lebih merekomendasikan membelinya di sini karena adanya kesamaan bahasa tentu mau bertanya apa saja jauh lebih mudah.

3. Mengubah Widget

Untuk kepentingan tampilan saja mungkin anda akan menggunakan widget seperti Jam, gambar flash dan sebagainya, tapi untuk tujuan SEO sebaiknya jangan digunakan, lebih baik pakai widget yang baik untuk mensin pencari saja, seperti untuk Artikel Terpopuler dan Terbaru, Profil Google Plus dan Likenya, Fanpage Facebook atau Twitter. Selain yang disebutkan sebaiknya dihindari saja karena akan memperlambat loading blog. Dan untuk mendapatkan semua widget tersebut sudah tersedia di dalam blogspot anda. Caranya, pilih menu “Tata Letak” lalu tulisan biru “Tambahkan Widget” anda klik dan selanjutnya tinggal pilih jenis widget blog yang mana yang mau digunakan.

Untuk pengguna WordPress kami sarankan gunakan yang lazim dan paling penting saja digunakan, seperti Tombol Share di setiap Artikel dan untuk ini disarankan pakai yang simple saja seperti AddToAny dan AddThis. Selain itu, jika ingin membuat blog lebih menarik lagi maka disarankan gunakan Plugin seperti :

Catatan : Untuk menemukan plugin di bawah maka pada Dashboard blog masuk pada menu Plugin >> Add New >> ketik di Search kata kunci di bawah.

FeedBurner Form – Plugin ini untuk menggait banyak pembaca setia dengan jalan mereka menginput alamat emailnya.

Protect WP-Admin – Gunanya untuk menyamarkan alamat login blog sehingga lebih aman.

WP Social Popup and Get Traffic – Sebagai halaman popup untuk mengajak orang me-like sosial media anda.

WP Super Cache – Gunanya untuk mempercepat loading blog dengan mencatat cache dari pengunjung sebelumnya.

WordPress SEO by Yoast – Untuk menata meta tag dan teknik SEO lainnya. Ini penting sekali.

No Follow All External Links – Untuk membuat semua link keluar jadi no-follow.

4. Menata Warna dan style template

Terakhir untuk cara mempercantik blog dan membuatnya jadi menarik, mulai dari latar, sidebar, gambar, dan semua warna yang ada dalam template maka cukup baca : Cara Otak Atik Blog (ganti warna blog, kode font, gambar, spasi dll) dengan Inspect Element. Dalam tutorial tersebut anda akan belajar bagaimana menemukan kode tertentu dalam theme WordPress maupun pada template untuk pengguna blogger untuk selanjutnya dirubah ukuran maupun jenisnya. Intinya di sini seorang pemilik blog akan dibantu mencari tempat dari kode yang akan dirubah, namanya “Inspect Element”, yakni melakukan inspeksi pada elemen dari penataan sebuah blog yang dengan kita bisa melakukan beberapa perubahan sesuai yang diinginkan.

5.  Menulis Artikel yang SEO Friendly

Walau semua teknik di atas telah dilakukan tapi artikel atau item pada tiap produk toko online anda tidak dibuat SEO Friendly maka bisa dibilang sia-sia saja. SEO sendiri adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari yang mana tujuannya adalah untuk membuat blog mudah terindeks oleh mesin pencari, dan untuk ini silahkan baca : Tips Artikel SEO yang mudah ranking 1 di Google. Setelah anda memahami dengan baik teknik ini maka sudah dipastikan bahwa semua teknik untuk membngun blog yang keren sudah anda lakukan. Dan jika ini dilakukan secara konsisten maka trafik pengunjung web juga pasti akan terus naik dari hari ke hari.

Semoga artikel bagaimana cara membuat blog menarik dan keren atau tepatnya mempercantik tampilan website ini bisa jadi rujukan terpercaya anda. Silahkan bertanya jika ada yang kurang dipahami, dengan senang hati kami membantu. Penulis juga menyediakan pelatihan mengelola blog buat pemula, baik pada Blogspot maupun yang menggunakan platform WordPress.

 

Leave a Reply