(Last Updated On: April 26, 2019)

Cara Membuat Ebook – Di era digital, segala sesuatu kini mulai beralih juga menggunakan teknologi digital. Salah satu yang seringkali ditemukan adalah ebook atau buku digital. Selain praktis, ebook juga jauh lebih tahan lama karena berbentuk digital bukan buku fisik. Berikut ini beberapa langkah cara membuat ebook PDF dengan android dan keunggulan Ebook format PDF.

Cara Membuat Ebook Format PDF Dengan Android

Cara Membuat Ebook

Membuat ebook dengan format PDF bisa dilakukan dengan mudah tidak hanya melalui komputer namun juga android. Berikut ini langkah cara pembuatan ebook dengan format PDF menggunakan android, antara lain :

1. Buka Aplikasi Kingsoft Office

Langkah pertama dalam proses pembuatan ebook PDF di android adalah membuka aplikasi kingsoft office. Apabila belum ada pengguna bisa download terlebih dahulu di Google Play atau Apps Store kemudian di pasang pada perangkat android. Aplikasi ini ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan pada ponsel pengguna.

2. Klik Logo WPS

Setelah terbuka dengan tampilan sempurna, pengguna kemudian bisa mengklik logo WPS dan klik “New Document”. Setelah itu akan muncul halaman baru yang berfungsi untuk membuat dokumen yang diinginkan. Namun jika sudah mempunyai dokumen yang akan diubah ke PDF berarti tinggal dibuka saja dokumen tersebut.

3. Pilih Template

Jika dokumen sudah dalam format PDF, selanjutnya pengguna bisa memilih template yang akan digunakan untuk dokumen tersebut. Pilihlah template sesuai dengan keinginan dan kesukaan agar tampilan ebook semakin menarik. Template yang disediakan cukup banyak sehingga pengguna bisa bebas memilih.

4. Mulai Menulis Di Lembar Baru

Untuk lembar baru yang masih kosong, dalam hal ini pengguna belum memiliki tulisan, maka bisa mulai menulis pada lembar baru tersebut. Selanjutnya tinggal di simpan dan pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan seperti SD card atau telepon. Jangan lupa untuk membuat cover dengan disertai gambar yang menarik jika perlu bisa ditambahkan juga dengan daftar isi.

5. Ubah Ke Bentuk PDF

Selama proses penyimpanan, pengguna akan menemukan pilihan bentuk dokumen yang berada di bagian kanan bawah. File atau dokumen yang sudah dibuat tadi kemudian bisa diubah dalam bentuk PDF. Pengguna bisa memilih format PDF lalu simpan dan beri nama dokumen agar mudah untuk ditemukan.

6. Tunggu Hingga Converting Selesai

Langkah terakhir dalam cara membuat ebook format pdf dengan android adalah menunggu hingga proses converting selesai. Setelah itu akan muncul pemberitahuan di bagian bawah yaitu notifikasi apabila ingin memeriksa file yang sudah jadi. Jika pengguna ingin memeriksanya bisa langsung mengklik notifikasi tersebut.

Keunggulan Ebook Format PDF

cara membuat ebook

Dibandingkan dengan format lain, PDF memiliki banyak keunggulan yang mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Berikut ini 3 keunggulan ebook format PDF yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Fleksibel Untuk Berbagai Perangkat

Salah satu keunggulan dari format PDF adalah fleksibel untuk berbagai perangkat. Dalam hal ini file PDF bisa diakses tidak hanya pada perangkat komputer namun juga android. Tampilan PDF juga bisa menyesuaikan dengan besaran perangkat yang digunakan sehingga lebih mempermudah pengguna. Selain itu pembuatannya juga sangat mudah dan praktis.

2. Mendukung Kualitas Digital Atau Cetak

Pengguna bisa membuat dokumen sesuai dengan kebutuhan baik itu berkas digital resolusi layar (72 dpi) maupun siap cetak dengan resolusi tinggi (300 dpi). Untuk kode warna pun bisa disesuaikan yaitu RGB untuk digital atau CMYK untuk keperluan cetak. Jika ingin langsung dicetak juga bisa langsung diproses tanpa harus mengubah banyak pengaturan. Namun dengan catatan bahwa pengguna juga sudah mengaturnya dengan benar.

3. Memiliki Fitur Lock

Keunggulan lainnya dari format ini adalah fitur lock yang dikembangkan oleh adobe system pada PDF. Fitur ini berfungsi untuk mengunci dokumen agar tidak bisa disalin atau dilihat oleh orang lain. Pengguna hanya tinggal menyematkan password untuk menjaga kerahasian dari dokumen yang dimiliki.

Nah itulah beberapa langkah cara membuat ebook format PDF menggunakan android dan keunggulan format PDF. Selain beberapa keunggulan di atas, ebook dengan format PDF juga bisa diedit kembali menggunakan software PDF reader. Sehingga tidak perlu khawatir apabila susunan teks yang dibuat masih berantakan padahal sudah dikonversikan dalam bentuk PDF.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian