(Last Updated On: Juni 18, 2019)

Cara membuat email baru – Di era digital membuat segala sesuatunya mulai beralih pada teknologi digital. Dulu, mengirim surat cukup menggunakan kertas laku dikirim menggunakan layanan kirim surat dan menunggu sampai berhari-hari hingga surat atau dokumen bisa sampai. Namun kini, keberadaannya mulai tergeser dengan email atau surat elektronik. Salah satu layanan email yang paling banyak digunakan adalah Gmail. Lalu bagaimana cara membuat email baru Gmail? Berikut ini ulasannya.

Cara Membuat Gmail Dari Komputer

Cara membuat email baru

Sebenarnya membuat email baru Gmail cukup sederhana dan mudah bahkan oleh pemula. Pengguna hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada pada komputer. Berikut ini beberapa langkah cara membuat email baru Gmail dari komputer :

1. Kunjungi Situs Gmail

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka dan mengunjungi situs Gmail pada browser komputer. Ketikkan alamat www.gmail.com pada kolom pencarian yang tersedia. Pastikan bahwa koneksi internet tersambung dengan baik agar tidak menghambat proses pembuatan email.

2. Klik Create Account

Setelah berhasil masuk di halaman utama google mail, pengguna bisa mengklik tombol “create Account”. Tombol ini biasanya berada pada bagian bawah halaman utama google mail. Setelah mengklik tombol ini pengguna akan masuk pada tahap pengisian formulir.

3. Isi Data Diri Secara Lengkap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, akan muncul halaman pengisian formulir setelah pengguna mengklik tombol “create account”. Disana pengguna harus mengisikan nama lengkap, nama pengguna, kata sandi, tanggal lahir dan nomor telepon dengan benar. Untuk kata sandi atau password usahakan yang unik agar tidak mudah disadap oleh orang lain.

4. Klik Next Step

Setelah semua data terisi dengan benar dan lengkap, bisa langsung klik tombol “next step”. Ketika sudah diklik akan muncul kotak persyaratan dan pernyataan, scroll saja ke bawah lalu ceklis pada “I Agree”.

5. Klik “Lanjutkan Ke Gmail”

Sudah klik “I Agree” itu berarti gmail sudah bisa digunakan. Pengguna cukup klik tombol “lanjutkan ke gmail” jika ingin langsung menggunakannya. Untuk menambahkan foto profil atau mengedit background dashboard bisa langsung masuk pada menu setting atau pengaturan pada akun gmail yang baru saja dibuat.

Cara Membuat Gmail Dari Android

Cara membuat email baru

Selain menggunakan komputer atau laptop, email baru juga bisa dibuat melalui android. Berikut ini langkah cara membuat email baru gmail dari android :

1. Masuk Pada Menu Setting

Pada android yang pertama kali harus dilakukan adalah masuk pada menu setting atau pengaturan. Kemudian bisa cari menu account dan pilih “add account” untuk melanjutkan proses pembuatan email baru.

2. Cari Ikon Google

Setelah memilih “add account”, pengguna bisa mencari ikon google yang kemudian akan muncul pilihan “sign in” dan “create a new account”. Pengguna bisa memilih pilihan “create a new account” untuk melanjutkan proses pembuatan email baru.

3. Isi Data Diri

Pengguna kemudian akan masuk pada pengisian data diri. Pengguna bisa isi nama depan dan belakang kemudian klik “next”. Setelah itu bisa isi tanggal lahir dan klik lagi tombol yang sama lalu isi jenis kelamin. Jangan lupa untuk klik “next” kembali.

4. Pilih Nama Sebagai Username

Selanjutnya akan muncul beragam rekomendasi username berdasarkan nama pengguna. Pengguna bisa memilih nama-nama yang sekiranya disuka. Namun apabila terdapat tulisan “username sudah digunakan” itu berarti pengguna harus menggunakan nama lain. Dalam hal ini bisa diakali dengan penambahan angka pada usernamenya. Setelah itu klik “next”.

5. Masukkan Password

Untuk password minimal 8 karakter dengan kombinasi baik itu angka, huruf besar maupun huruf kecil. Pastikan bahwa password unik dan sudah ditebak oleh orang lain. Jika sudah bisa kembali klik tombol “next”.

6. Klik “I Agree” Dan Konfirmasi Username Maupun Password

Setelah mengklik tombol “next” tadi, akan muncul kotak Privacy and Term, pengguna bisa klik pada tombol “I Agree”. Kemudian pengguna juga akan diminta untuk melakukan konfirmasi username dan password yang sebelumnya sudah dibuat. Jika sudah bisa lanjut pada tahap selanjutnya.

7. Tunggu Hingga Proses Selesai

Ketika sudah konfirmasi username dan password lalu muncul pilihan pembayaran namun melewatinya dan mengklik tombol “next”, maka pengguna hanya perlu menunggu. Proses atau tahap akhir dari pembuatan email sedang berjalan hingga kemudian pengguna akan mendapat pemberitahuan bahwa gmail sudah bisa digunakan.

Nah itulah penjelasan tentang cara membuat email baru Gmail dari komputer maupun android. Selain gmail, pengguna juga bisa membuat email baru di yahoo mail maupun hotmail. Jika sudah, jangan lupa untuk memasang foto profil pada akun email dan atur background pada dashboard agar tampilan semakin bagus.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian