Cara Membuat Toko Online Sederhana Kecil Kecilan

Cara Membuat Toko Online – Membuat toko online adalah hal yang sudah biasa kita dengar, tetapi berbeda dengan semasa saya dulu. Dulu waktu pertama kali belajar membuat website saya ingin sekali membuat toko online karena dalam pikiran saya salah satu cara mendapatkan uang dari website yang saya buat adalah dengan membuat toko online.Nah disitulah terjadi pertanyaan dan kebimbangan, bagaimana saya membuat toko online ? Oleh karena itu saya ingin membagikan kisah saya yaitu saat pertama kali ingin membuat toko online.

Sebenarnya membuka toko online itu enak dan menyenangkan karena selain kita dapat berinteraksi denga pelanggan kita juga dapat menyalurkan hobi kita terhadap barang yang kita jual, misalkan saja kita hobi dalam bidang fashion maka kita akan semakin semangat untuk menjual barang tersebut bukan?

Mengenai jenis toko online itu sendiri ada dua, yakni:

  1. SEMI TOKO ONLINE
  2. FULL TOKO ONLINE

Cara Membuat Toko Online, Jenis Semi Toko Online

Cara Membuat Toko Online

Cara Membuat Toko Online

Salah satu toko online sederhana yang saya pernah coba buat adalah dengan menggunakan yang namanya landing page, dimana nanti orang yang masuk kewebsite kita akan melihat produknya dan lalu akan diberi harga atau nomer WA.

Jika orang tertarik dengan produk yang ditawarkan biasanya langsung kontak kita atau telp kita untuk konfirmasi atau tanya-tanya. Dan biasanya produk yang dijual hanya satu macam dan tidak dapat bermacam macam categori.

Website semi toko online di desain tanpa plugin shopping cart, sehingga tidak ada fitur keranjang belanja yang sering kita temui di sebagian toko online di internet

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, toko online semi ini berbentuk seperti landing page dan biasanya banyak orang pake dan saya pun sampai sekarang masih pakai konsep atau model seperti ini.

1. Halaman depan “Home”, bisa diisi dengan “squeeze page” atau halaman pengantar maupun latar belakang mengapa harus menggunakan produk-produk Anda.

2. Halaman “Tentang Kami”, bisa diisi dengan profil singkat usaha Anda.

3. Halaman “Produk”, diisi dengan foto produk dan deskripsinya, disertai form pemesanan.

4. Halaman “Blog”, bisa diisi dengan artikel yang berhubungan dengan produk ataupun kegiatan seputar usaha yang dijalankan. Dan menurut saya, setiap website jualan tetap harus memiliki halaman blog untuk mendukung kemudahan pengelolaan SEO supaya website kita mudah ditemukan oleh GOOLGE ataupun mesin pencari lainnya.

5. Halaman “Cara Pemesanan”, diisi dengan petunjuk cara pemesanan produk, termasuk metode pembayarannya.

6. Halaman “Kontak”, diisi dengan info pemilik penjual / pemilik produk yang lebih lengkap, seperti alamat toko, no yang bisa dihubungi, dan tentunya form kontak.

7. Bagian “Sidebar” atau sisi sebelah kanan yang luasnya lebih kecil, bisa diisi dengan form pemesanan cepat, nomor HP, dan tombol akun social media. Bisa juga ditambahkan dengan link artikel atau produk terbaru supaya orang juga bisa langsung mengeklik info-info tersebut.

Untuk membuat website jenis ini saya menggunakan theme dan beberapa plugin yang bisa kita temukan secara gratis di Katalog Plugin WordPress.org. Antara lain:

  • Akismet
  • Contact Form 7
  • All-in-One SEO Pack, bisa juga diganti dengan WordPress SEO by YOAST
  • Jetpack
  • WordPress Supercache

Khusus untuk themes, Anda bisa memakai yang lain sesuai selera Anda. Namun yang saya pilih diatas itu lebih untuk kemudahan saya dalam mengatur layout website, disamping saya juga sudah cukup familier dengan Opsi Tema / Theme Options nya.

Cara Membuat Toko Online, Jenis Full Toko Online

Cara Membuat Toko Online

Cara Membuat Toko Online

Ya, lalu bagaimana dengan yang full toko online? 

Kalau mau yang lebih lengkap dan full, kita bisa menggunakan plugin toko online WordPress yang sudah banyak tersedia. Di plugin tersebut, kita bisa menambahkan fitur shopping cart, katalog produk, dan lain sebagainya.

Khusus bagi Anda yang memang membidik pasar wilayah Indonesia, Anda bisa juga menggunakan themes WordPress yang sudah support toko online yang sudah disesuaikan untuk konsumen negara Indonesia.

Disini fitur full toko online sudah dimasukkan ke dalam themes WordPress tersebut. Bahasanya pun juga sudah disesuaikan dengan Bahasa Indonesia, sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk memahami situs kita.

Beberapa referensi yang bisa saya temukan, antara lain:

  • Lapak Instan
  • Theme ID
  • Karatok Theme

Kebanyakan tema toko online ini bersifat premium, artinya Anda harus membelinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun mengingat kemudahan dan support after sales yang diberikan oleh masing-masing pembuatnya, saya rasa tetap menarik untuk dipertimbangkan.

Baiklah, saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan. Next akan saya update kembali jika ada informasi yang lebih baru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply