(Last Updated On: September 11, 2019)

Cara Membuat Video – Di era milenial saat ini memang video sudah berkembang dengan sangat pesat. Video saat ini menjadi media paling menarik dan menjadi salah satu media yang paling banyak diminati orang. Anda bisa membuat video untuk menjelaskan atau untuk menunjukan kegiatan anda sehari-hari.

Di era saat ini kebanyakan orang lebih suka melihat dan mempelajari sesuatu dari video, menurut data dan penelitian membuktikan “bahwa 80% pengguna lebih tertarik melihat informasi pada video” dan sisanya mempelajari dan melihat informasi dari sebuah buku atau teks seperti blog dll. Jadi di era sekarang ini, video bisa menjadi cara paling efektif untuk memberikan insight atau ilmu apa pun dan dapat diakses dengan mudah sekali. Selain itu, video juga bisa menjadi alat digital marketing yang bagus.

Dan bagusya lagi Membuat Video tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk bisnis saja tetapi bisa untuk membuat sebuah karya.

Pada artikel ini, saya akan memandu Anda melalui dasar-dasar cara membuat video tutorial untuk blog dan bisnis Anda pada umumnya.

Tujuan anda membuat video untuk apa ?

Untuk bisnis berbasis produk, pertanyaan ini biasanya mudah dijawab. Anda akan membuat tutorial tentang cara menggunakan produk Anda. Jika pelanggan Anda sering mengalami masalah tertentu, Anda dapat memulai dengan membuat video tutorial yang mengatasi masalah tersebut.

Untuk bisnis berbasis layanan, ini bisa lebih rumit. Anda tidak ingin menjelaskan bagaimana orang lain dapat melakukan apa yang Anda lakukan. Tapi Anda ingin menginspirasi dan menarik mereka agar menggunakan layanan Anda.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah membuat video tutorial untuk hal-hal yang dapat mereka lakukan sebelum menghubungi Anda. Misalnya, jika Anda menawarkan layanan membuat website, Anda dapat membuat video tutorial yang berisikan tentang website dan beberapa manfaat dari memiliki website.

Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat video “tips” yang terstruktur sebagai tambahan untuk (atau sebagai pengganti) video tutorial.

Jenis jenis Video Tutorial Untuk Bisnis Anda

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis tutorial apa yang akan Anda buat. Ada dua hal penting yang harus Anda pahami :

  • Jenis video yang cocok untuk menjelaskan video anda. Biasanya ini berbentuk seperti animasi atau membuat video tutorial.
  • Jenis video Vlog. Biasanya video ini akan ada orang yang menjelaskan bisnis anda. Konsep video vlog yang pastinya adalah harus ada muncul orang untuk menjelaskan.

Nah disini baru anda bisa menentukan kira-kira anda cocok menggunakan aplikasi apa dan yang mana. Karena itu kita coba sekarang untuk mencari tau apakah dibawah ini ada aplikasi yang cocok untuk membuat video anda.

    Bagaimana Cara Membuat Video Dengan Aplikasi Yang Ada

    Jadi membuat beberapa aplikasi dan template yang ada di website imersmuda ini akan sangat membantu sekali anda dalam membuat sebuah video animasi baik untuk bisnis anda atau untuk membuat karya YouTube.

    Karena itu anda bisa coba untuk melihat dibawah ini beberapa aplikasi dan juga theme yang bisa membantu membuat video yang lebih baik lagi. Jika anda masih belum tau konsep video yang anda buat, bisa melihat referensi dulu di Youtube.

    Berikut ini adalah rangkuman beberapa aplikasi membuat video yang bisa bikin videomu keren banget dan mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Penasaran dengan aplikasi ini, lihat beberapa referensi dibawah ini.

    Levidio Motion Pro

    Aplikasi yang satu ini sudah saya pakai sendiri dan sudah banyak membantu presentasi video saya dalam mempresentasikan bisnis, pelajaran, dan lainnya. Selain itu juga saya juga pernah memakai aplikasi ini untuk video YouTube saya.

    https://imersmuda.com/motionpro

    Nah anda bisa mendapatkan video motion pro ini disini Levidio Motionpro

    Levidio motion pro ini bisa anda pakai juga untuk membuat presentasi, karena basisnya adalah pptx. Jadi anda membuat video animasi menggunakan ppt dan versi minimal untuk menjalankannya adalah menggunakan ppt 360.

    Nah kalau anda ingin membuat video template ini, anda bisa mencoba untuk download.

    cara membuat video

    Levidio Youtuber

    Nah untuk anda yang ingin membuat video YouTube yang menarik, anda bisa memakai aplikasi ini, dan template ini bisa anda pakai untuk comercial. Jadi tidak ada copyright dan anda bisa memakai template ini.

    Buat Konsep Video Agar Lebih Menarik

    Satu hal yang sering terlupakan para pembuat video pemula adalah konsep. Banyak yang sering membuat video tanpa konsep, dan asal membuka aplikasi edit video tanpa tahu video seperti apa yang ingin mereka buat. Sehingga hasil video yang mereka buat kurang maksimal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu membuat sebuah konsep video. Lakukan corat-coret di kertas kosong. Kira-kira video seperti apa yang ingin kamu buat.

    cara membuat video

    FilmoraGo

    6 Aplikasi Editing Video di Android yang Bikin Videomu Sekeren Vlogger

    FilmoraGo adalah aplikasi edit video ini sangat praktis dan mudah digunakan. Pengunduh aplikasi ini di Play Store sudah mencapai 10 juta orang, lho. Dengan efek dan transisi yang keren dan dinamis, dijamin bikin videomu cantik. Serta ada pilihan musik yang keren buat backsound videomu.

    Tenang aja, tidak akan ada watermark atau batasan durasi video. Cara menggunakan FilmoraGo mudah banget. Tinggal pilih video maupun foto dari galeri, album, Facebook, atau Instagram. Kemudian bisa pilih tema, tambahkan musik, filter, judul dan bahkan transisi yang keren. Mudah, kan?

    Quik

    6 Aplikasi Editing Video di Android yang Bikin Videomu Sekeren Vlogger

    Namanya aja Quik, dijamin cepat bikin videonya dan tidak pakai ribet. Tagline aplikasi ini adalah buat video keren dengan hanya beberapa kali ketuk. Tinggal pilih foto dan klip video, lalu Quik akan memberikan sentuhan ajaib. Dalam hitungan detik, aplikasi ini akan menambahkan transisi dan efek cantik.

    Aplikasi yang juga sudah diunduh 10 juta pengguna ini bisa menambahkan teks, musik dan banyak lagi. Wajib dicoba nih!

    KineMaster

    6 Aplikasi Editing Video di Android yang Bikin Videomu Sekeren Vlogger

    KineMaster adalah editor video yang berfitur lengkap yaitu dapat menambah beberapa video sekaligus, gambar, dan teks, serta bisa memotong klip, menambah beberapa musik, kontrol volume, filter warna, dan lainnya. KineMaster ini cocok bagi para profesional sekaligus para amatir, karena memang memiliki fitur yang banyak, dan storyboard yang canggih tapi pemakaiannya tetap simple.

    VivaVideo

    6 Aplikasi Editing Video di Android yang Bikin Videomu Sekeren Vlogger

    Cukup familiar dengan aplikasi yang satu ini, bukan? VivaVideo merupakan salah satu aplikasi edit video favorit yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Di Play Store, aplikasi ini sudah diunduh oleh 100 juta pengguna, lho. Yang menarik dari VivaVideo ini, semua template, efek, judul, dan transisi bisa diunduh secara gratis.

    Sayangnya, setiap video yang disunting dengan menggunakan VivaVideo akan ada watermark dan durasi video yang terbatas, yaitu hanya 10 detik saja. Untuk menghilangkan watermark dan batasan durasi itu caranya dengan membeli versi Pro.

    Adobe Premiere Clip

    6 Aplikasi Editing Video di Android yang Bikin Videomu Sekeren Vlogger

    Nah pastinya anda sudah pernah dengar aplikasi yang satu ini. Jika anda edit video di laptop atau komputer pastinya anda akan sangat familiar dengan aplikasi ini.  Meski tidak secanggih versi desktop, aplikasi Adobe Premiere Clip ini tetap memberikan kemampuan berkreativitas dengan cara yang mudah. Adobe Premiere Clip memiliki fitur komplit, termasuk bikin video secara otomatis dari gabungan gambar dan video.

    Nah bagi kamu yang familiar dengan aplikasi adobe mungkin aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan anda.

    Videoshop

    6 Aplikasi Editing Video di Android yang Bikin Videomu Sekeren Vlogger

    Aplikasi sunting video yang terakhir ini gak kalah lengkap fiturnya. Bahkan, bisa tambah lagu dari memorimu. Selain menambah lagu, Videoshop juga memiliki fitur pemotong video dan efek suara. Dalam fitur efek suara tersebut, kamu bisa menambahkan suara tertawa, suara binatang bahkan efek suara kentut. Unik sekali, bukan?

    Fitur yang tidak boleh dilewatkan dalam aplikasi yang sudah diunduh 10 juta pengguna ini adalah slow motion dan fast motion. Pasti bikin videomu tambah kece!

    iMovie

    Nah bagi kamu yang pakai apple, ini adalah aplikasi yang gratis dan mudah sekali dipakai. Di iMovie kamu bisa membuat video menarik untuk video presentasi atau memuat video untuk YouTube.

    Baik, itu dia ke-9 aplikasi sunting video yang bisa bikin videomu sekeren para vlogger. Yuk, langsung torehkan kreativitasmu melalui aplikasi-aplikasi keren di atas. Pendapatan jadi vlogger juga lumayan, lho!


    Shannaldo Karsten

    Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    id_IDIndonesian
    en_USEnglish id_IDIndonesian