Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun Website dan Blog sudah sangat banyak dijaman yang sudah semakin maju seperti saat ini. Banyak orang mulai membuat blog atau website sebagai salah satu media untuk mencari uang dari internet. Banyak orang bekeinginan untuk membuat website untuk mempromosikan produk ataupun untuk menghasilkan uang dari internet.
Karena itu di artikel kali ini saya akan membahas bagaiamana Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun dan gapake ribet. Anda hanya perlu ikuti langkah berikut ini:
Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

Order domain .com yang bagus dan SEO Friendly

Jadi kalau mau buat website sendiri disarankan jangan tanggung-tanggung menggunakan yang gratisan, tapi langsung pakai domain (nama/alamat web) yang menggunakan ekstensi .com karena selain lebih profesional juga akan menambah kepercayaan orang yang mengunjunginya.

Yang perlu diketahui soal domain di sini adalah bahwa harga untuk saat ini kurang lebih Rp. 120.000 (tergantung providernya) dan bagi orang yang sudah membelinya maka ia wajib membayar per tahun dengan jumlah yang sama atau mungkin berbeda, tergantung dari ketentuan situs penjualnya.

Menyediakan Hosting untuk Website

Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

Pengertian hosting adalah server atau tempat penyimpanan semua data website kita yang nantinya bisa dikunjungi atau dilihat oleh siapa saja di internet. Jika dibahasakan secara sederhana, jadi hosting ini adalah space tempat kita meng-online-kan web kita.

Umumnya jasa hosting ini disediakan oleh perusahaan yang mana stiap orang yang ingin menggunakan jasanya harus mengeluarkan biaya bulanan atau pun tahunan agar situsnya bisa tetap online. Ada banyak pilihan penggunaan, ada yang namanya Shared Hosting yang mana dalam satu server digunakan oleh banyak website, atau istilahnya hosting patungan.

Inilah model jasa hosting yang banyak digunakan oleh pengguna website, termasuk Caraspot sendiri menggunakannya. Ada juga namanya VPS (Virtual Private Server), nah kalau yang ini lain lagi karena dalam satu server hanya dipakai oleh satu atau beberapa web saja, tapi sayang, jika memilih hosting jenis ini kita harus paham cara pengelolaan hosting termasuk ilmu pemrograman, selain itu harganya juga lebih mahal.

Baca juga: Tips memilih web hosting yang bagus

Memilih CMS dalam Membuat Situs

Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

CMS ini digunakan sebagai management untuk otak atik isi blog kita agar tampilannya lebih menarik saat dikunjungi oleh orang banyak. Salah satu CMS yang biasa digunakan orang dalam membuat website atau blog adalah dengan memakai WordPress.

WordPress adalah CMS yang paling mudah digunakan dan WordPress sudah menyediakan banyak plugin dan juga theme agar untuk memudahkan kita para blogger untuk membuat artikel dan memasarkan blog kita. Jadi saya sarankan untuk menggunakan wordpress. Anda bisa melihat cara installnya dibawah ini:

  • Cara Install WordPress dalam Hosting

Ada dua cara dalam menginstall wordpress dalam di hosting Cpanel, yakni dengan menggunakan aplikasi langsung dalam Cpanel, dalam hal ini kita menggunakan Softaculous, dan juga dengan cara manual menggunakan FTP atau Filezilla yang mana sebelum itu blognya di kelola secara offline di localhost dengan bantuan software bernama XAMPP, baru kemudian di upload menggunakan Filezilla tadi.

Atau cara lain anda bisa langsung install dengan cara membuka cpanel lalu mencari softcalus dan klik WordPress, lalu install pada domain yang anda inginkan.

Pasang Theme atau Template Web

Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

Membuat Website Sendiri Tanpa Modal Apapun

Jadi kalau kita sudah melakukan semua tahap di atas, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan memasang theme atau Template. Theme adalah skin atau tampilan dari website yang kita buat. Jadi bentuk layout dari web kita yang dilihat orang saat mengunjunginya itulah yang dinamkan  dengan Theme.

Bedanya antara Theme dan Template adalah, theme adalah istilah yang dipakai dalam web wordpress, sedang template untuk pengguna blogspot.

Tapi ada juga yang perlu diketahui bahwa umumnya Theme untuk WordPress disediakan berbayar, kalau pun ada yang menyediakan gratis umumnya kurang menarik dan juga ada hal penting yang tidak terdapat di dalamnya, yaitu bantuan dari pembuat Theme-nya jika sewaktu-waktu terjadi error.

Baca juga: Cara memilih template yang SEO friendly

Leave a Reply