Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Website Sendiri untuk pemula yang belum paham sama sekali soal seluk beluk web sebenarnya mudah sekali dan tidak perlu khawatir sama sekali soal pengetahuan script, html, php, css, javascript dan segala yang berbau ilmu pemrograman, karena sekarang ini tidak lagi serumit dulu yang mana harus bisa ini-itu baru bisa punya web sendiri. 

Perlu diketahui bagi semua yang baru mau belajar Cara Membuat Website Sendiri, bahwa kemampuan seperti ini sebenarnya bukanlah kepintaran atau pun kecerdasan, tapi hanya keterampilan yang hanya bisa dikuasai kalau sering diulang-ulang tekniknya dan terus dipelajari cara-caranya. Jadi, yang dibutuhkan dalam membuat blog sebenarnya hanya kemauan dan mau meluangkan waktu untuk berlama-lama di depan komputer.

Langkah-Langkah Cara Membuat Website Sendiri dengan mudah

Yang perlu dipersiapkan Cara Membuat Website Sendiri adalah hanya komputer dan jaringan internet, kalau bisa pakai paket internet yang bulanan agar lebih leluasa membuka situs mana pun saat belajar atau mengolah websitemu.

1. Memilih Tema Web

Cara Membuat Website Sendiri

Fungsi utama dalam memilih tema di sini adalah erat kaitannya dengan jumlah visitor atau kunjungan pada web kita nantinya. Bilamana tema website atau situsnya hanya dicari oleh kurang lebih 10ribu orang per bulannya maka nantinya kunjungannya juga bisa jadi kurang dari 1000 orang per hari. Tapi misalnya website yang akan anda buat memang untuk tujuan memasarkan bisnis atau memperkenalkan lembaga atau usaha Anda maka ini mungkin tidak perlu dilakukan. Hanya saja untuk memilih kata kunci yang tepat dalam tema pokok yang telah kita tentukan juga tak kalah pentingnya dan sangat disarankan memilih frase atau susunan kata yang memang banyak diketik orang di mesin pencari. Nah, untuk tujuan ini disarankan menggunakan bantuan dari alat yang disediakan oleh Google, yakni Google Adwords Keyword Planner.

2. Order domain .com yang bagus dan SEO Friendly

Jadi kalau mau buat website sendiri disarankan jangan tanggung-tanggung menggunakan yang gratisan, tapi langsung pakai domain (nama/alamat web) yang menggunakan ekstensi .com karena selain lebih profesional juga akan menambah kepercayaan orang yang mengunjunginya. Yang perlu diketahui soal domain di sini adalah bahwa harga untuk saat ini kurang lebih Rp. 120.000 (tergantung providernya) dan bagi orang yang sudah membelinya maka ia wajib membayar per tahun dengan jumlah yang sama atau mungkin berbeda, tergantung dari ketentuan situs penjualnya.

3. Menyediakan Hosting untuk Website

Pengertian hosting adalah server atau tempat penyimpanan semua data website kita. Umumnya jasa hosting ini disediakan oleh perusahaan yang mana stiap orang yang ingin menggunakan jasanya harus mengeluarkan biaya bulanan atau pun tahunan agar situsnya bisa tetap online. Ada banyak pilihan penggunaan, ada yang namanya Shared Hosting yang mana dalam satu server digunakan oleh banyak website, atau istilahnya hosting patungan. Inilah model jasa hosting yang banyak digunakan oleh pengguna website, termasuk Caraspot sendiri menggunakannya. Ada juga namanya VPS (Virtual Private Server), nah kalau yang ini lain lagi karena dalam satu server hanya dipakai oleh satu atau beberapa web saja, tapi sayang, jika memilih hosting jenis ini kita harus paham cara pengelolaan hosting termasuk ilmu pemrograman, selain itu harganya juga lebih mahal.

 

4. Memilih CMS untuk Membuat Situs

CMS adalah kependekan dari Content Management System, dan jika dibahasakan secara sederhana, CMS ini adalah sistem yang digunakan untuk mengelola website kita, tepatnya adalah halaman Admin untuk pemilik web yang mana dengannya kita bisa login dan melakukan segala yang diperlukan untuk situs yang dikelola, seperti menulis artikel, mengatur tata letak widget, membuat menu dan mengatur link, menata warna, tulisan, spasi gambar dan sebagainya. Intinya, CMS ini digunakan sebagai management untuk otak atik isi blog kita agar tampilannya lebih menarik saat dikunjungi oleh orang banyak.

CMS yang lazim digunakan dan bahkan paling banyak dipakai blog mana pun di seluruh dunia sebenarnya Cuma ada 2 yaitu,Blogger/Blogspot dan WordPress, selain keduanya mungkin hanya digunakan oleh beberapa saja, misalnya Joomla, Drupal, Oscommerce, dan lain sebagainya. Masing-masing mempunya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalnya untuk blogger pengaturannya lebih simple dan gampang sehingga lebih disarankan untuk pengguna pemula. Jadi kalau anda memilih blogger atau blogspot maka hampir tak ada bedanya dengan blog gratisan, hanya saja di sini kita telah merubah namanya jadi .com (dot com) agar lebih profesional, tentunya pula tak butuh biaya hosting untuk ini. Adapun WordPress kita lebih mudah menambahkan berbagai plugin di dalamnya yang mana dari plugin tersebut kita bisa menambahkan variasi dalam blog kita, seperti tombol share, halaman popup (melayang), fitur login untuk pengguna dan lain sebagainya. Hanya saja jika pakai WordPress, kalau tidak mau pake domain gratisan yang ada akhiran wordpress di belakangnya, seperti blogku.wordpress.com, maka kita sebaiknya menggunakan domain .com dan hosting berbayar sendiri, tentunya butuh biaya untuk ini. Selain itu, WordPress agak sulit penanganannya, apalagi kalau terjadi error. Buat pemula sebaiknya pakai blogspot dulu, kecuali mau meluangkan banyak waktu belajar otodidak seperti pemilik Caraspot ini, maka tidak masalah langsung menggunakan WordPress.

5. Pasang Theme atau Template Web

Jadi kalau kita sudah melakukan semua tahap di atas, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan memasang theme atau Template. Theme adalah tampilan atau tema dari website yang kita buat. Jadi bentuk layout dari web kita yang dilihat orang saat mengunjunginya itulah yang dinamkan  dengan Theme.  Tapi ada juga yang perlu diketahui bahwa umumnya Theme untuk WordPress disediakan berbayar, kalau pun ada yang menyediakan gratis umumnya kurang menarik dan juga ada hal penting yang tidak terdapat di dalamnya, yaitu bantuan dari pembuat Theme-nya jika sewaktu-waktu terjadi error.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba.

Leave a Reply