Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah, Gratis!

Cara Membuat Website

Cara Membuat Website

Cara membuat website – untuk pemula yang belum paham sama sekali soal seluk beluk web sebenarnya mudah sekali dan tidak perlu khawatir sama sekali soal pengetahuan script, html, php, css, javascript dan segala yang berbau ilmu pemrograman, karena sekarang ini tidak lagi serumit dulu yang mana harus bisa ini-itu baru bisa punya web sendiri.

Nah, disini Anda bisa belajar bagaimana cara membuat website dan juga memasarkannya hingga kemancanegara. Anda juga bisa berjualan dari website Anda tersebut.

Yang perlu dilakukan di sini adalah hanya melakukan beberapa langkah ringan yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelumnya bahwa semudah itu melakukannya,

yaitu dengan mempersiapkan tema, memilih domain (alamat website .com mu), dan menata template (atau tampilannya) hingga membuatnya terindeks oleh Google agar mudah ditemukan banyak orang di mesin pencari raksasa tersebut.

Perlu diketahui bagi semua yang baru mau belajar membuat website

bahwa kemampuan seperti ini sebenarnya bukanlah kepintaran atau pun kecerdasan, tapi hanya keterampilan yang hanya bisa dikuasai kalau sering diulang-ulang tekniknya dan terus dipelajari cara-caranya.

Langsung aja kita praktek dan lihat caranya.

Tutorial Cara Membuat Website Gratis Sendiri dengan Domain .com

Yang perlu dipersiapkan pertama kali dalam memulai membuat blog atau web adalah hanya komputer dan jaringan internet, kalau bisa pakai wifi agar lancar. Pastikan Anda sudah menyiapkan semua, terutama nama website Anda. Ingat! tidak bisa di ulang kalau salah.

1. Memilih Tema Web

Sebelum Anda membuat website nya, Anda tentukan dulu tema dari website Anda contohnya travelling, gadget, internet marketing atau yang lainnya. Karena penting banget untuk memilih tema dari website Anda untuk memudahkan google meng-index.

2. Order domain .com yang bagus dan SEO Friendly

Kalau saya sarankan membuat domain langsung menggunakan .com karena lebih bagus dan lebih private di banding memiliki seperti blogspot.com atau wordpress.com. Anda cukup hanya inves sekitar 100 – 120 ribu untuk membeli nama domain .com ini.

3. Menyediakan Hosting untuk Website

Pengertian hosting adalah server atau tempat penyimpanan semua data website kita yang nantinya bisa dikunjungi atau dilihat oleh siapa saja di internet.

Ibaratnya jika domain adalah nama toko kita, hosting adalah tempat atau sebesar apa toko kita mau ?

Hosting sendiri adalah tempat menyimpan semua file website Anda mulai dari gambar sampai tulisan artikel. Sehingga penting sekali untuk memilih hosting yang tepat.

Baca disini: Cara Memilih Hosting Yang Bagus

Dan hosting sendiri punya istilah yang berbeda-beda yaitu VPS dan Shared Hosting, Vps adalah private server, jadi Anda tidak perlu berbagi server dengan orang lain.

Kalau Shared hosting Anda harus berbagi server dengan orang lain sehingga jika bandwith nya memelibih kapasitas maka website Anda akan down atau lemot, bisa juga tidak bisa di akses.

4. Cara instalasi WordPress

Ada dua cara dalam menginstall wordpress dalam di hosting Cpanel, yakni dengan menggunakan aplikasi langsung dalam Cpanel (software induk untuk mengelola akun hostingmu dan termasuk pula sistem dalam webm),

dalam hal ini kita menggunakan Softaculous, dan juga dengan cara manual menggunakan FTP atau Filezillayang mana sebelum itu blognya di kelola secara offline di localhost dengan bantuan software bernama XAMPP, baru kemudian di upload menggunakan Filezilla tadi.

Sebaiknya saya menyerankan yang lebih mudah yaitu melalui cpanel saja, karena memang sudah disediakan dan mudah cara penggunaannya.

5. Pasang Theme atau Template Web

Jadi kalau kita sudah melakukan semua tahap di atas, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan memasang theme atau Template. Theme adalah skin atau tampilan dari website yang kita buat.

Jadi bentuk layout dari web kita yang dilihat orang saat mengunjunginya itulah yang dinamkan  dengan Theme. Bedanya antara Theme dan Template adalah, theme adalah istilah yang dipakai dalam web wordpress, sedang template untuk pengguna blogspot.

Anda bisa melihat theme yang bagus disini : Theme SuperPower

Tapi ada juga yang perlu diketahui bahwa umumnya Theme untuk WordPress disediakan berbayar, kalau pun ada yang menyediakan gratis umumnya kurang menarik dan juga ada hal penting yang tidak terdapat di dalamnya, yaitu bantuan dari pembuat Theme-nya jika sewaktu-waktu terjadi error.

 

Jika Anda ingin melihat panduannya secara jelas dalam pembuatan blog atau web bisa kunjungi di sini:

Baca disini – Panduan: Cara Membuat Blog

Sekian artiekl ini saya buat, semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba!

Leave a Reply