(Last Updated On: April 16, 2019)

Semakin pesat kemajuan teknologi, maka semakin banyak pula yang menawarkan kemudahan. Banyak yang beranggapan bahwa mengedit video hanya bisa dilakukan pada software video editing. Tapi ternyata, salah satu pemutar video yang dikenal dengan VLC Media Player juga bisa memangkas durasi video layaknya software video editing. Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana cara memotong video dengan VLC. Inilah cara memotong video menggunakan VLC

Cara Memotong Video Menggunakan VLC

cara memotong video menggunakan vlc

1. Install Software VLC Media Player

Pastikan perangkat komputer sudah memiliki software VLC Media Player. Tunggu sampai VLC berhasil diunduh lalu install untuk melanjutkan langkah selanjutnya. Tampilan VLC pada Windows akan berbeda dengan tampilan VLC pada Linux, begitu pun tampilan VLC pada Mac. Jangan khawatir jika terdapat sedikit perbedaan tampilan VLC, mengingat sistem operasi yang digunakan bisa saja berbeda-beda.

2. Pilih Video

Langkah selanjutnya pilih video yang akan dipotong menggunakan VLC Media Player. Ada dua cara untuk memindahkan file dari folder menuju VLC. Pertama, gunakan fitur Open File pada menu VLC di kiri atas agar video bisa langsung terbuka. Kedua, dengan cara menggeser file yang ingin dipotong sambil menekan kursor mengarah pada VLC. Setelah video terbuka, klik menu yang ada di kiri atas, tekan View> lalu pilih Advanced Controls.

3. Aktifkan Advanced Controls

Setelah Advanced Controls telah berhasil diaktifkan, maka akan muncul di kiri bawah 4 buah ikon yang berbeda-beda. Keempat ikon itu yang akan membantu dalam melakukan pemotongan video. Semua fungsi ikon tersebut berperan dalam proses pemotongan video. Ikon-ikon tersebut adalah Record, Snapshot, Loop dan Frame by Frame.

4. Kenali Fungsi Ikon pada Advanced Controls

Record berfungsi sebagai tombol perekam video yang ingin dipotong. Snapshot, tombol untuk merekam frame, hasil dari frame yang direkam menggunakan tombol ini maka secara otomatis tersimpan di folder Pictures yang ada pada perangkat komputer. Selanjutnya pada ikon Loop berfungsi untuk melakukan pengulangan dari titik A hingga ke titik B, tentukan kedua titik tersebut sesuai keinginan. Dan terakhir yaitu Frame by Frame, berfungsi untuk membantu dalam menentukan dimana frame untuk memulai direkam dan frame yang akan diakhiri untuk memotong.

5. Tentukan Durasi

Ikon record dengan titik besar berwarna merah terdapat pada sisi paling kiri di antara ke 4 tombol lainnya. Ikon ini yang akan membantu untuk memulai pemotongan video dari klip yang sedang dibuka di VLC. Klik pada frame pertama untuk menentukan titik memulai proses rekam dan klik pada titik yang kedua untuk mengakhiri rekaman. Sebenarnya kegiatan yang disebut dengan memangkas atau memotong durasi video ini, lebih tepat dikatakan proses merekam bagian tertentu pada video.

6. Pilih Frame pada Video

Untuk memulai proses ini, silahkan menuju frame yang akan dimulai untuk merekam dari video yang sudah dipilih sebelumnya. Proses ini bisa menggunakan bantuan ikon Frame by Frame agar frame yang dipilih bisa lebih spesifik. Setelah menentukan frame awal hingga frame akhir, maka akan terlihat berapa lama durasi yang dihasilkan dari video yang akan direkam.

5. Rekam Video

Setelah memanfaatkan ikon Frame by Frame untuk menentukan frame awal dimana proses rekam akan dimulai, lalu mainkan video dari titik pertama kemudian tekan ikon Record sampai pada frame titik kedua atau titik terakhir. Jika video yang dimainkan sudah sampai pada titik kedua, maka tekan Record untuk mengakhiri proses merekam video.

6. Simpan Hasil Video

Jika langkah-langkah di atas sudah diikuti dengan tepat maka video yang sudah ditentukan akan berhasil disimpan. Hasil rekaman tersebut secara otomatis akan disimpan di folder Videos. Silahkan diberi nama file yang berbeda dengan file sebelumnya agar tidak tertukar.

Langkah di atas merupakan cara memotong video menggunakan VLC, mudah bukan? Sayangnya sebagai pemotong video, VLC masih memiliki kekurangan. Pada dasarnya proses memotong video dilakukan dengan cara direkam, maka sejauh ini fitur memotong video pada VLC masih sering dilakukan pada video dengan durasi pendek. Meski begitu, software ini bisa sangat membantu kita dalam memotong video tanpa software editing tambahan.

 


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian