(Last Updated On: Juni 18, 2019)

cara mempercepat koneksi internet – Internet memang menjadi salah satu solusi untuk memperoleh informasi, komunikasi, berita serta pengetahuan dengan cepat.  Namun, permasalahan yang kerap terjadi saat browsing yakni internet lemot. Agar permasalahan ini tidak terjadi, ada cara mempercepat koneksi internet di laptop.

Pasti akan merasa kesal ketika saat browsing internetnya lambat atau tidak jalan sama sekali. Lambatnya koneksi internet bisa terjadi karena beragam faktor, baik dari laptop maupun jaringannya. Nah, apa saja cara mempercepat koneksi internet di laptop? Berikut ulasannya.

5 Cara mempercepat koneksi internet Dengan Instan

cara mempercepat koneksi internet

1. Atur Bandwith Internet PC

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet. Salah satu cara pertama yakni mengatur Bandwith Internet yang terhubung dalam laptop. Fitur ini merupakan sistem operasi windows dan berjalan di latar belakang. Berikut langkah-langkah untuk mengakses fitur dibelakang layar ini :

  • Klik tombol Start yang berada di taskbar pojok kiri bawah desktop.
  • Kemudian ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter pada kotak pencarian.
  • Pada menu Computer Configuration,  klik Administrative Templates Network yang berbentuk panah kecil.
  • Pilih tulisan QoS Packet Scheduler.
  • Pada bagian kanan jendela artinya sudah masuk ke tab Setting. Pilihlah Limit Reserveable Bandwith dan pilih option Enabled.
  • Pilihan Option Bandwith Limit (%), ketikkan angka 0.
  • Pilih tombol Apply dan OK dan proses telah selesai.

2. Tutup Aplikasi Yang Tidak Perlu

Semakin banyak aplikasi yang memakai internet, maka jaringan akan lebih bekerja keras dan membagi-bagi kecepatannya. Tentu saja koneksi internet juga menjadi lebih tidak optimal. Bayangkan saja jika hanya menggunakan satu aplikasi saja, maka koneksi internet hanya terfokus pada aplikasi tersebut.

Untuk itu, minimalkan aplikasi yang telah selesai digunakan atau tidak terpakai. Apa saja aplikasi yang berjalan dan mengkonsumsi internet? Lakukanlah pengecekan dan penutupan aplikasi dengan cara berikut :

  • Pada keyboard, tekan secara bersamaan ctrl + Shift + Esc untuk menampilkan windows task manager. Pilih option Resource Monitor pada tab performance.
  • Jendela windows baru akan terbuka. Dalam tab Network, maka akan menampilkan data yang mana saja memakai intenet.
  • Maksimalkan koneksi dengan menutup aplikasi yang tidak penting. Sehingga, internet lebih cepat dan tidak terbagi-bagi.

3. Periksa Dan Hapus Pencarian Di Website

Setiap pencarian di internet, browser akan menyimpan data yang dikunjungi. Semakin lama data tersebut bertumpuk sehingga memory hardisk menjadi penuh. Untuk itu, setiap minggu ataupun setiap bulan bersihkan cache, cookies dan history pada browser dengan cara :

  • Buka browser dan pilih histori atau riwayat.
  • Selanjutnya akan terbuka semua riwayat pencarian dari awal sampai akhir.
  • Pilih riwayat yang ingin dihapus dengan menekan tombol delete di keyboard. Cara lainnya yaitu klik kanan pada mouse dan pilih hapus.
  • Apabila ingin menghapus semua data pencarian, maka dapat di pilih semua atau dengan menekan tombol Ctrl+A dan delete.

4. Ubah Domain Name System Menjadi Miilik Google

Domain Name System (DNS) merupakan sebuah sistem yang berfungsi sebagai penerjemah nama domain menjadi alamat IP ataupun sebaliknya. Pada pengaturan default, maka secara otomatis akan mendapatkan DNS dari para ISP. Oleh karena DNS google lebih stabil dan responsive, disarankan untuk mengganti DNS ini dengan cara :

  • Langkah pertama klik kanan pada ikon network yang terletak di kanan bawah taskbar. Setelah tampilannya muncul, pilih opsi Open Network and Sharing Center dan windows baru akan terbuka.
  • Pilihlah opsi jaringan internet dan kemudian pilih properties.
  • Pada tampilan properties, klik dua kali pada pilihan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  • Pilih opsi Use DNS server addresses setelah jendela TCP/IPv4 muncul. Pada kolom pertama, isilah dengan 8.8.8.8 dan untuk kolom kedua dengan 8.8.4.4.
  • Selanjutnya klik OK.

5. Bersihkan Virus Dengan Memasang Anti Virus

Virus adalah salah satu penyebab koneksi internet menjadi lambat. Bukan hanya memperlambat kinerja laptop saja, namun juga dapat merusak data. Salah satu contohnya yakni kemunculan iklan aneh yang sangat mengganggu. Meskipun iklan tersebut ditutup, akan datang kembali iklan yang lain.

Kemunculan iklan ini juga telah memakai jaringan internet, sehingga koneksi menjadi lebih lambat. Untuk menghindari adanya virus, maka bersihkan virus dengan menginstal anti virus. Sebaiknya minimal instal dua antivirus di laptop untuk anti virus lokal dan virus luar.

Itulah cara mempercepat koneksi internet dan aplikasikan langsung pada laptop pengguna. Akses internet cepat, pekerjaan pun menjadi lancar. Jangan lupa juga untuk meng-upgrade browser versi terbaru serta memasang anti virus. Oleh karena virus ini bisa menghambat kecepatan akses laptop maupun merusak data.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian