(Last Updated On: Januari 28, 2019)

Cara Memulai Bisnis Dropship – Dropship adalah model bisnis jaman sekarang yang hanya mendalakan internet dan tidak perlu stock barang. Karena itu saat ini dropship banyak diminati oleh orang dan nantinya orang yang dropship akan mendapatkan komisi dari si penjual.

Kita sebagai dropshipeer atau orang yang menjual barang orang lain tidak perlu mengurus pengiriman hanya menjadi penghubung atau makelar. Jadi ini sangat memudahkan kita dan merevolusi bisnis jaman sekarang.

tools instagram

Jadi itu sedikit penjelasan mengenai bisnis dropship, jadi kita tidak perlu repot untuk memikirkan barang cukup hanya ke penjualan saja. Nah di artikel kali ini saya akan bahas mengenai Cara Memulai Bisnis Dropship yang bisa anda coba lakukan.

Meski bisnis dropship bisa di lakukan oleh siapa saja karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang sangat besar, tetapi anda tetap harus belajar dan mempelajari bisnis model ini.

Ok jadi di artikel ini akan saya buka rahasia bagaimana anda bisa memulai bisnis dropship anda sendiri hari ini juga. Karena itu jangan lupa untuk membaca artikel ini dengan baik.

Cara Memulai Bisnis Dropship Yang Bisa Kamu Coba Sendiri

Cara Memulai Bisnis Dropship

1. Fokus dulu dengan satu barang

Untuk memulai bisnis online, anda tidak perlu khawatir untuk mencari produk. Karena mudahnya membuat bisnis online banyak orang yang menjual lebih dari 1 produk sehingga tidak fokus, karena itu fokus terlebih dahulu terhadap satu barang yang menguntungkan.

2. Pikirkan Tentang Branding

Kemudian jangan lupakan tentang promosi produk anda, yaitu branding. Dengan branding anda bisa menaikan harga dan kualitas dari bisnis online anda. Branding bisa meningkatkan penjualan anda, misal jika anda beli air kira-kira apa yang kalian pikir di pikiran anda? Aqua bukan yang pertama kali muncul di kepala. Itu adalah kekuatan dari branding.

3. Gunakan Strategi Cross Selling

Strategi ini pastinya tidak asing di telinga para dropshiper. Jika anda belum tau akan saya jelaskan sedikit singkatnya, cross selling adalah teknik untuk menjual dua barang dalam satu waktu. Saya contohkan ada seorang dropshipper yang menjual baju dan jika dia jeli maka dia bisa menerapkan strategi cross selling dengan cara menawarkan jaket, sweater atau barang lain yang masih terkait dengan produk utama.

Anda bisa gunakan cara ini untuk meningkatkan penjualan dropship anda dan bersaing di dunia dropship.

4. Berikan Pelayanan Konsumen Yang Cepat

Pelayanan konsumen yang cepat merupakan kunci sukes untuk memenangkan persaingan pada usaha. Bukan hanya cepat namun juga harus prima, intinya harus mampu memberikan pelayanan yang benar-benar bisa memuaskan pelanggan. Jika Anda sudah tidak mampu menghandle masukan atau keluhan dari pelanggan, maka menyewa Customer Service adalah jalan keluarnya.

Cara Memulai Bisnis Dropship

5. Minimalkan Resiko Rugi Waktu Dengan Toko Online

Menuliskan deskripsi yang lengkap pada produk yang Anda jual pada toko online akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan yang sama secara berulan dan ini artinya Anda akan menghemat banyak waktu yang mungkin akan terbuang yang sebelumnya Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan yang berulang. Toko online juga mampu meningkatkab kredibilitas Anda sebagai seorang dropshipper.

Tertarik belajar membuat toko online untuk keperluan dropship, pelajari selengkapnya di artikel ini Cara Membuat Toko Online.

6. Tingkatkan Diri Menjadi Reseller

Banyak yang masih berpikir bahwa reseller = dropshipper. Keduanya memang serupa namun tak sama, seorang reseller memiiki peran lebih besar daripada dropshipper. Reseller memiliki stok barang di gudang namun tidak dengan dropshipper. Reseller memiliki kendali quality control secara penuh dimana hal tesebut nyaris tidak bisa dilakukan oleh dropshipper.

7. Sampaikan ke Supplier Tentang Hak Anda Sebagai Dropshipper

Dalam bisnis dropship, kita sebagai dropshipper memiliki beberapa hak yang harus dipenuhi oleh si Supplier, misalnya hak untuk mencantumkan nama brand kita pada nama pengirim dan ada juga hak untuk meminta personal garansi. Seorang supplier profesional, saya yakin akan paham dengan hak yang harus mereka berikan kepada seorang dropshipper.

8. Temukan Supplier Yang Tepat

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pengiriman produk cacat atau produk yang tidak sesuai dengan pesanan, maka sebaiknya Anda benar-benar memilih supplier yang terpercaya, supplier yang sudah memiliki nama dan memiliki reputasi baik, karena disini nama Anda menjadi taruhan saat barang yang dipesan tidak bisa dipenuhi dengan baik.

Cara Memulai Bisnis Dropship

9. Test Supplier Dengan Menjadi User

User disini maksudnya adalah pembeli. Jadi jika Anda ingin mendapatkan supplier yang tepat, maka lakukan test kecil-kecil terlebih dahulu dengan menjadi pembeli, hal ini untuk memastikan bahwa supplier yang Anda pilih benar-benar layak untuk dijadikan partner. Test seperti ini juga bisa membantu Anda untuk mencari tahu kualitas produk yang dijual oleh Supplier.

10. Hindari Mental Mudah Pasrah

Kebanyakan (tidak semua) dropshipper memiliki mental yang mudah sekali pasrah, mental yang intinya jika barang terjual maka dia bersyukur dan jika barang tidak terjual ya sudah pasrah. Padahal mental seperti itu akan membuat mereka susah berkembang, karena sebagai seorang pebisnis atau dalam hal ini adalah dropshipper harus memiliki sebuah target pencapaian.

Itulah tips singkat yang bisa saya simpulkan selama menjadi dropshipper agar Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses berbisnis, mungkin ada rekan-rekan sekalian yang ingin menambahkan tips memulai bisnis dropship ? sangat ditunggu masukkannya.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian