Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website

Tentang traffic atau lalu lintas pengunjung, hal itu adalah tujuan hampir semua website. Semakin banyak pengunjung atau traffic maka semakin popular, semakin popular tentu adalah semakin besar peluang Anda untuk mendapat income.

Bagi anda yang baru berkecimpung di dunia online, Anda harus tahu sedikit-banyak tentang perangkat / tool yang bisa digunakan untuk mengetahui dan menganalisa jumlah traffic pengakses website Anda secara berkala.

4 Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website

1. Alexa

Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web.

Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, dimana data-data tersebut disimpan dan di analisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Situs web Alexa sendiri hingga pada tahun 2014 ini memiliki traffic kunjungan lebih dari 8,8 juta setiap bulannya.

Alexa melacak statistik untuk semua orang yang memiliki Alexa toolbar di-install pada browser mereka, yang menyumbang kurang dari 1 % dari pengguna internet. Meskipun tidaklah 100 persen akurat, akan tetapi lumayan cukup memberi Anda gambaran kasar tentang popularitas sebuah website.

Bagaimana caranya?

  • Jika anda mengunakan browser Chrome, install the Alexa Extension
  • Jika anda mengunakan browser  Firefox, get the Alexa Add-On
  • Jika anda mengunakan browser Internet Explorer, Anda musti download Alexa Toolbar

2. Compete

Compete hampir mirip seperti Alexa, hanya saja Compete mendapatkan data statistik dari berbagai sumber yang hanya berbasis di Amerika Serikat. Menurut profil yang tercantum di website mereka, Compete memberikan kecerdasan digital yang membantu merek top dunia meningkatkan pemasaran mereka berdasarkan perilaku online jutaan konsumen.

Produk dan jasa dari Compete di-tenagai oleh integrasi besar-besaran secara online perilaku konsumen dan survei panel di industri. Wawasan digital di-interpretasikan oleh para ahli analisis di otomotif, jasa keuangan, media, mobile, online, retail, telekomunikasi dan wisata pasar untuk memberikan data dan rekomendasi untuk menciptakan pengalaman online yang efektif dan kampanye iklan yang profitable.

Beberapa webmaster yang telah menggunakan layanan Compete.com tersebut dan memeriksa web mereka pada fitur Income Diary, nampak jika jumlah statistik Pengunjung Unik lebih sedikit dari traffic yang sebenarnya.

3. Google Trends for Websites

Google Trends for Websites merupakan perangkat serupa seperti Alexa dan Compete. Tool ini adalah tentu saja sesuai namanya, dimiliki memang oleh Google. Tidak perlu diragukan lagi tingkat ke-akuratannya.

Perbedaan paling mencolok dibanding 2 tool online lainnya adalah berupa sebuah garis grafik tanpa di-ribetkan dengan angka-angka yang mewakili jumlah trafik unik harian.

Mungkin hitungannya tidak diberikan benar-benar secara riil oleh Google tapi perangkat ini tetap terbaik jika di komparasikan dari berbagai sisi.

Kabar buruk dari perangkat besutan google ini adalah bagi anda pemilik situs-situs kecil. Jika website anda tidak menghasilkan ratusan ribu traffic kunjungan setiap bulannya, jangan harap mendapatkan data trafik anda muncul di sana.

4. FeedCompare.com

Ini adalah alat hampir rapi yang memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak RSS pelanggan sebuah situs web memiliki selama mereka menggunakan FeedBurner.

  • Langkah 1: Cari ID FeedBurner untuk blog Anda yang akan anda periksa:
  • Kebanyakan situs harus mengambil link langsung ke mereka RSS feed pada Feedburner.
  • Cari ikon berwarna oranye.

Demikianlah setidaknya sekilas inf tentang 4 cara mengetahui jumlah pengunjung website.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply