Pengertian Dan Cara Optimasi SEO Off Page Dan SEO On Page

Cara Optimasi SEO – Membuat blog pasti ideal dengan kata-kata SEO atau Search Engine Optimization. SEO ini hangat sekali diperbincangkan oleh para master dalam bidang blogger dan pembuatan website. Optimasi SEO tidaklah mudah, perlu banyak pengalaman dan ilmu untuk mengetahui teknik ini.

Biasanya SEO dikenal dengan 2 teknik yaitu SEO Off Page dan SEO On Page. di artikel kali ini akan saya berikan cara optimasi 2 teknik SEO tersebut. Sebelum kita mulai saya sedikit menyinggung mengenai SEO. Jadi apa itu SEO dan apa gunanya?

SEO adalah Search Engine Optimization yang berguna untuk mengoptimasi artikel kita dipencarian Google agar ranking dan muncul di halaman satu Google. Gunanya adalah menambah trafik pastinya jika artikel anda berada di no 1 pencarian di Google. Langsung aja tanpa perlu lama-lama lagi.

Cara optimasi SEO on page dan SEO off page

Cara Optimasi SEO

Cara Optimasi SEO

Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO on page adalah optimasi yang dilakukan dari dalam website itu sendiri. Biasanya teknik ini dari tahun ketahun tidak berubah dan hanya seperti itu saja.

  • Kata kunciĀ 

Yang pertama paling penting dalam optimasi SEO on page adalah kata kunci, karena kata kunci inilah artikel kita dapat dicari oleh orang. Kata kunci kita harus riset yang sering banyak di cari orang tetapi sedikit persaingan. Google sudah menyediakan tools untuk meriset kata kunci yaitu Keyword Planner. Anda bisa mencarinya di google

  • Internal linking

Setelah kata kunci yang kedua harus dilakukan untuk optimasi adalah internal linking yaitu link dari dalam. Contohnya adalah jika anda memilik artikel bisnis online anda bisa link ke artikel website anda ke artikel lain yang masih ada di dalam satu website.

  • Install plugin SEO

Anda bisa install plugin SEO untuk memudahkan anda untuk mengoptimasi kata kunci anda. Biasanya yang dipakai adalah YOAST SEO atau All in one SEO pack. Plugin ini sangat direkomendasikan dan sudah banyak dipakai oleh para pembuat website.

  • Optimasi gambar

Biasanya orang jarang untuk mengoptimasi gambar mereka dan ini adalah kesalahan yang biasanya terjadi di kalangan blogger atau pembuat website. Penting sekali ini meng optimasi gambar karena, gambar juga merupakan salah satu jalur untuk menambah trafik website anda.

Cara mengoptimasinya mudah, anda tinggal memberi kata kunci pada ALT text dan caption gambar agar dapat muncul di mesin pencari Google.

Optimasi SEO Off Page

Cara Optimasi SEO

Cara Optimasi SEO

Optimasi SEO Off Page adalah optimasi yang dilakukan dari luar website kita, contohnya adalah dengan memberi backlink. Biasanya lebih susah dibanding dengan SEO on page, tetapi lebih menghasilkan banyak trafik.

  • Backlink Anchor text dan Naked url

Untuk mengoptimasi SEO Off Page anda bisa memberi backlink dengan cara blog walking, yaitu memberi komentar dengan naked url atau anchor text di kolom komentar website lain. Backlink ini biasanya akan terindex oleh google 1 minggu sampai 2 minggu dari hari H sejak di aprove komentarnya. Biasanya backlink ini akan memeperkuat artikel dan menambah jumlah trafik website anda.

Cara Optimasi SEO

Cara Optimasi SEO

  • Sosial media

Sosial media juga menjadi salah satu backlink untu optimasi SEO off page. Anda bisa copy link artikel website anda untuk di share ke facebook atau media sosial lain. Dengan cara ini juga termasuk backlink yang sangat powerfull karena bisa mendapatkan trafik yang banyak juga. Dan juga artikel anda bisa menjadi viral karena sosial media.

  • Web 2.0

Cara berikutnya adalah dengan web 2.0 yaitu adalah web sejenis blogspt atau wordpress yang bisa membuat backlink untuk website anda. Caranya mudah, anda bisa membuat artikel di blogspot atau wordpress lalu diberi link menuju website artikel anda yang ingin anda beri backlink.

Bisa juga anda menulis artikel di kompasiania atau detik dan memberi link artikel anda di dalam artikel yang anda tulis. Dengan cara ini anda bisa meningkatkan trafik dan backlink sehingga website anda dapat terkenal dan lebih mudah di temui orang.

 

Leave a Reply