Cara Promosi Di Media Social Iklan Atau Ads

Cara Promosi Di Media Social – Promosi di media sosial bisa menjadi pilihan terbaik untuk beriklan saat ini, selain karena mudah, banyak yang lihat dan juga efisien di kantong. Selain itu juga didorong oleh perkembangan jaman yang semakin maju dan menuntut kita untuk menggunakan serba online.

Cara Promosi Di Media Social

Cara Promosi Di Media Social

Promosi di media sosial sangatlah mudah, anda hanya perlu banyak riset dan juga mengetahui teknisnya saja, lalu anda tinggal memasang iklan dengan riset yang benar maka akan mudah untuk mendapatkan klien.

Cara Promosi Di Media Social Dengan Mudah

  • Facebook
Cara Promosi Di Media Social

Cara Promosi Di Media Social

Untuk beriklan di Facebook anda membutuhkan fanpage untuk mempromosikan produk anda, dan kemudian baru anda dapat beriklan di Facebook dengan facebookads.  Beriklan di facebook sangat lah mudah dan tidak ribet, hanya saja anda membutuhkan riset dan targeting yang benar dan tepat.

Pertama anda harus menggunakan riset atas pelanggan produk anda agar lebih mudah untuk targeting, kemudian, jangan masuk dengan budget yang terlalu banyak karena nanti akan merugikan kita. Lebih baik coba terlebih dahulu, jika ada hasil baru anda menambah budget.

Setelah itu anda harus terus pantau iklan anda, jika menurut anda iklan sudah tidak efektif lebih baik matikan dan buat baru.

Selain itu juga, anda juga harus banyak add friend dan membut akun klonengan untuk menambah follower fanpage anda agar terlihat ramai. Klonengan adalah istilah akun fb palsu yang kita perbanyak untuk buat meramaikan fanpage kita.

Bisa juga digunakan untuk review atau mejadi pelanggan kita(pura-pura saja) agar lebih meyakinkan pembeli.

  • Instagram
Cara Promosi Di Media Social

Cara Promosi Di Media Social

Untuk beriklan di instagram, hampir sama dengan facebook, tetapi memiliki sesuatu yang sedikit berbeda, yaitu di instagram kita dapat beriklan dengan video yang menarik.

Kuncinya masih sama, selalu riset di instagram untuk produk yang anda jual. selain itu juga anda harus tau karaktek pengguna instagram, kapan banyak digunakan, selain itu juga umur yang perlu anda riset.

Pertama anda harus memiliki akun BM atau business manager, akun ini bisa dipakai oleh facebook ataupun instagram. Akun BM adalah milik facebook untuk beriklan.

Langkah:

1. Buka BM yang sudah kamu buat, dan tambahkan akun IG account ke dalam BM melalui menu Instagram Accounts. Setelah ditambahkan, jangan lupa assign-kan (limpahkan wewenang) IG Account itu ke Ad Account sudah kamu buat/claim di BM.

 

2. Buka PE di dalam Ad Account yang sudah diberi wewenang untuk mengiklankan IG tadi, di menu Ad Account, pilih Ad Account-nya, dan pilih “view ad account in power editor”.

 

3. Buka PE-nya, dan Anda siap beriklan dengan IG Ads. Perlu diketahui, Objective (jenis iklan facebook) yang bisa digunakan untuk membuat IG Ads ini sementara ada 3 jenis; Click to Website (CTW), App Install, dan Video Views. Tak usah risau, walau jenis iklan semisal CTW, namun nanti akan kelihatan persis seperti photo, jadi memungkinkan interaksi yang tak kalah beda dengan photo yang biasa kamu upload di IG brand kamu, tambahannya dengan CTW, ada opsi Call To Action (CTA) semisal tombol; shop now, sign up dll, yang akan lebih menarik appearance iklan kamu. (A) Mulailah dengan membuat Campaign, lalu Ad Set dan Ads. Tiga tingkatan berurut kebawah di bawah merupakan Campaign, Ads Set dan Ads. (B) Kamu bisa menargetkan penempatan iklan di Newsfeed IG dipilihan Ad set, artinya klik di bagian Ad Set dan edit. (C) Di bagian Ads, Edit dan pilihlah IG Account yang sebelumnya ditambahkan ke dalam BM di atas. Pilih juga salah satu fanpage yang kamu punya, serta lengkapi link dan gambar untuk bahan iklan kamu.

 

 

 

4. Catatan dan Perhatian:

a. Karena ini merupakan platform iklan facebook, maka IG Ads juga memenuhi peraturan iklan facebook, diantaranya luas porsi teks di dalam gambar tidak boleh lebih dari 20% total area gambar.

b. Sediakan gambar yang bukan merupakan hasil gabungan gambar beberapa product (bagi online shop), karena ini tidak memenuhi kriteria IG Ads, dan akan berakibat iklan not approved.

c. Setelah selesai dan upload di Power Editor, kamu juga dapat mengubahnya di Ad Account, di Ads Manager yang ada di BM.

d. Reach dan/Alogaritma antara IG dan FB berbeda, manfaatkanlah iG sebaik-baiknya mumpung alogaritmanya tidak se-crowded alogaritma EdgeRank di Newsfeed Facebook.

e. Anda akan menghemat budget karena tidak lagi terus bergantung kepada paid promote akun besar.

 

Semoga bermanfaat bagi anda para pembaca.

Leave a Reply