Cara Website Tampil Di Halaman Awal Google

Cara Website Tampil Di Halaman Awal Google

Pastikan setelah Anda tahu cara membuat blog dan mempercantik tampilannya, selanjutnya belajar bagaimana cara Website Tampil Di Halaman Awal Google / Ranking No.1 di berbagai mesin pencari(SEO). Ini sangat penting mengingat trafik tertinggi suatu blog adalah umumnya didapatkan karena posisinya bisa menduduki halaman 1 di google. Ini disebabkan karena hampir semua pengguna internet selalu mengandalkan mesin telusur tersebut untuk mencari artikel apa saja dari berbagai web. Dalam dunia blogging ini dikenal pula dengan istilah SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah optimasi mesin pencari. Maksudnya di sini kita melakukan segala hal pada internal dan eksternal website kita agar mudah terindeks dan menduduki ranking terbaik, baik itu dari segi domain, artikel, template, dan juga backlinknya. Semua bagian tersebut harus dipahami satu per satu tekniknya agar mudah direalisasikan.

SEO website untuk halaman pertama atau Ranking 1 Google sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja butuh ketekunan dan kerja keras. Selain itu, konsisten melakukan tekniknya setiap hari adalah syarat penting untuk dapat berhasil, ini karena anda bersaing dengan jutaan blogger yang memiliki tujuan yang sama, sehingga sehari saja anda berhenti melakukan optimasi maka bisa dipastikan anda akan kalah saing. Untuk itu disarankan paling tidak sekali sehari melakukan update pada blog anda, terutama pada artikel dan link atau tautan yang mengarah pada situs yang kita kelola.

Langkah Cara Membuat Website Masuk Halaman Awal/Rangking 1 di Google

cara blog masuk halaman 1 google

Ada empat poin yang wajib dilakukan optimasi agar blog kita bisa jadi juara, yaitu tema dan domain, template, artikel dan linknya. Masing-masing butuh penanganan sendiri secara bertahap agar bisa maksimal dan itu dimulai saat pertama kali membangun situs yang akan kita kembangkan, yakni mulai dari memilih tema dan namanya sudah wajib mempertimbangkan apa yang paling pas atau sesuai dengan kaidah SEO dari para Master, berikut penjelasannya:

1.  Tema dan Domain

Setiap orang wajib menetukan tema apa yang akan difokuskan pada websitenya setiap kali ingin memulai membuat, ini karena fokus pada 1 kata kunci jauh lebih baik dari pada membangung blog dengan kata kunci yang beragam karena sudah pasti akan kalah bersaing dengan yang hanya berkutat pada keyword yang itu-itu saja. Pastikan anda tahu cara menggunakan Google Adwodrs Keyword Planner yang mana ini fungsinya sebagai alat untuk menganalisa kata kunci apa yang banyak dicari di google tiap bulannya, karena tidak ada artinya membuat website masuk halaman pertama di google kalau ternyata tema yang dibahas tidak ada yang mencari atau membutuhkannya. Sangat disarankan cari yang pencariannya minimal 5000 kali dalam sebulan.

  • Memilih Domain – Setelah diputuskan tema blog yang pas, selanjutnya catat dan usahakan saat membuat alamat website atau domain yang akan dibeli ada kemiripan dari temanya atau paling tidak menyertakan kata dari tema tersebut. Maksudnya begini, misalnya saja temanya soal “cara membuat blog’, nah usahakan nanti pada domainnya ada kata tersebut atau beberapa di antaranya, contoh panduanmembuatblog.com dan lainnya. Ini fungsinya agar google mudah membaca relefansi antara domain dan pembahasan dalam web anda yang tentunya akan berimbas pada posisinya di mesin pencari. Dan berhubung tema ini butuh penjelasan yang detail, untuk itu Caraspot mengulasnya di halaman berikut : Tips dan Saran Nama Domain yang Bagus dan SEO Friendly.
  • Domain .com – Mengenai Cara Membeli Domain .com yang sudah kami bahas, walau tidak menjadi faktor utama blog atau website berada di halaman pertama Google tapi ini bisa memberi sedikit pengaruh, apalagi sekarang ini banyak isu yang muncul di kalangan blogger bahwa TLD (Top Level Domain) mempengaruhi posisi artikel suat blog di pencarian. Selain itu, kepercayaan pengunjung blog akan lebih tinggi dibanding menggunakan yang gratisan yang sekarang ini banyak sekali ditemui yang memberikan tutorial yang tidak berkualitas.

2.  Template

Bagian ini sudah masuk pada tata letak dan tampilan dari website yang kita bangun, tapi jangan salah kalau ini juga bagian terpenting yang harus diperhatikan agar website kita mudah ranking 1 di google, terutama tampilannya yang sederhana dan memiliki kecepatan loading yang tidak lebih dari 5 detik setiap kali di akses, tapi untuk lebih jelasnya perlu diterangkan satu per satu:

Karena umumnya template atau theme bawaan tidak menarik dan tidak SEO Friendly maka sebelumnya baca ini :  Cara Mengganti Template Blog

a. Edit Script-nya

Script di sini adalah kode yang menjalankan templatenya dan dari sini Google membaca isi dari blog anda, semakin sesuai dengan cara kerjanya maka akan semakin gampang terbaca. Berikut adalah beberapa yang harus jadi pengaturannya:

Pastikan dilengkapi dengan Title Tag. Untuk blog wordpress biasanya tinggal pakai plugin seperti SEO by Yoast, tapi untuk pengguna blogspot bisa dengan langsung melakukan setting dengan masuk ke bagian Dashboard >> Setelan >> Dasar >> lalu atur Judul nya. Selanjutnya, di bagian Setelah >> Preferensi Penelusuran >> Aktifkan Deskripsi (cukup aktifkan dan kosongkan saja karena di atas sudah diatur deskripsinya).
Meta description jangan sampai tidak tertera dalam templatenya. Sekali lagi, untuk WordPress silahkan gunakan Yoast, tapi bagi yang memakai blogger maka cukup melakukan pengaturan ringan di bagian dashboard dan pada saat menulis artikelnya. Caranya, masuk ke Dashboard >> Setelan >> Dasar >> lalu atur Deskripsi-nya. Selanjutnya, di bagian Setelah >> Preferensi Penelusuran >> Aktifkan Deskripsi (cukup aktifkan dan kosongkan saja karena di atas sudah diatur deskripsinya).
Tersedia pengaturan struktur heading yang baik, mulai dari H1, H2, H3, H4 dan seterusnya. Kalau di blogspot usahakan di dalam artikel ulang kembali judulnya lalu di-Bold dan pilih Heading 2 di bagian toolbar di atasnya (klik danda panah kecil dekat tulisan ‘Paragraph”). dan bila ada sub judul lanjutan maka gunakan lagi Heading selanjutnya, yakni Heading 3 dan seterusnya.
Jangan sampai terlupakan, harus ada fitur “Artikel Terkait” atau “Related Post” di bagian bawah setiap artikel karena ini fungsinya untuk mengurangi Bounce Rate (persentase jumlah pengunjung yang meninggalkan blog kita begitu telah membaca 1 artikel, tanpa membaca artikel lainnya). Jika tidak mau repot sebaiknya sebelum memutuskan memakai sebuah template maka pilihlah yang sudah dilengkapi ‘senjata’ tersebut karena jika tidak nantinya akan mempengaruhi trafik, sebab google tidak senang dengan web yang jumlah bounce ratenya terlalu tinggi, dan umumnya akan mendapat hukuman berupa penurunan SERP (Search Engine Rank Page).
Terdapat sistem “breadcrumbs” di dalamnya untuk memudahkan Google mengenali struktur dalam blog, ini bisa anda lihat di bagian atas judul artikel saat membuka artikel sebuah blog dan akan tampil seperti ini: Home >> Blogging >> Cara membuat blog .
Selanjutnya baca : Cara Mengatur Template agar SEO Friendly
b. Faktor pendukung lainnya

Gambar – Template blog yang bagus dan bisa mempengaruhi posisinya di google adalah minim penggunaan gambar di dalamnya. Memang tidak akan mempengaruhi ranking artikel di mesin pencari, tapi secara tidak langsung akan memberi dampak pada jumlah pengunjungnya, karena jika mereka harus menunggu lama hanya untuk membaca 1 artikel saja disebabkan loadingnya yang lambat maka bisa dipastikan visitor tersebut akan lebih memilih menutupnya dan beralih ke website lain. Hal yang paling perlu diperhatikan di sini adalah gambar latar dari templatenya, disarankan sebaiknya gunakan kode warna saja.

Widget – Kebanyakan blogger pemula yang juga ingin blognya muncul di halaman pertama google tidak memperhatikan soal penggunaan widget, kebanyakan dari mereka asal pasang saja sekalipun tidak penting, padahal efeknya akan mengakibatkan loading blog juga semakin melambat, selain itu belum tentu semua yang kita pakai akan digunakan orang, misalnya widget tanggal, animasi, dan lainnya. Jika ingin meniru para Master, umumnya mereka hanya menggunakan widget Artikel Terpopuler dan Terbaru serta Like Box media sosial untuk menambah pembaca blog mereka, selebihnya mereka hindari karena tidak baik buat SEO.

Pelajari : Cara Otak Atik Blog (ganti warna blog, kode font, gambar, spasi dll) – Silahkan baca! – Anda masih bisa melakukan ini asalkan jangan berlebihan dan lakukan seperlunya. Sebab walau kita ingin blog kita ranking 1 di semua mesin pencari tapi tampilannya kurang menarik juga tidak akan memberi kepuasan. Bukan begitu?

3. Backlink

Makna backlink di sini adalah link atau tautan dari website lain yang mengarah ke halaman utama atau artikel blogmu. Untuk saat ini bukan jumlahnya yang diperhitungkan melainkan kualitas dari tautan tersebut, dan yang paling baik adalah yang mengandung anchor text atau kata kunci yang sesuai dengan tema blog, misalnya temanya soal ‘cara membuat semua hal’ seperti yang dilakukan CaraSpot ini, maka paling tidak backlinknya menyertakan salah satu dari kata tersebut agar mudah mendapat poin ranking dari google. Dan untuk ini kami sangat menyarankan untuk membuat blog dummy yang terus dioptimasi setiap harinya. Selain itu anda juga harus pelajari beberapa ketentuan dalam cara mencari backlink yang aman agar terhindar dari penalty google karena efeknya bisa sangat buruk.

Lanjutkan baca : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Mau panduan langsung dari Admin Caraspot soal cara ini?

Pada dasarnya bagian terpenting dari trik dan tutorial ini adalah pada optimasi backlink dari website itu sendiri. Jika anda tahu persis bagaimana melakukan ini maka anda tak perlu lagi jasa atau pun belajar lama mengenai ini yang biayanya selangit, dan bahkan ada yang mematok biaya hingga 5 juta untuk sekali belajar. Berbeda dengan kami biayanyacuma Rp. 1.000.000 untuk sekali pelatihan. Karena rahasianya simple sekali, jadi dalam satu malam, kurang lebih 2 jam saja, anda sudah bisa tau persis bagaimana melakukannya. Cara belajarnya adalah dengan chating menggunakan Facebook, jadi lebih akrab dan mudah menjelaskannya. Lebih lengkapnya silahkan baca : Jasa Kursus SEO Langsung via Chating Facebook

Jadi ranking 1 di Google atau agar blog masuk halaman pertama Google dan mesin pencari lainnya hanya dengan mengetahui 3 pokok pengaturan di atas, untuk pastikan tidak ada yang terlewatkan agar anda bisa memenangkan persaingan dengan website lainnya. Sekali lagi, apa pun yang kita lakukan sebenarnya tergantung pada ketekunan kita, semakin disiplin dilakukan maka akan semakin cepat dilihat hasilnya. Tidak perlu tahu banyak untuk bisa menjadi Master dalam hal apa pun, tapi ‘Cukup tahu satu dan langsung praktek satu. Tidak perlu menunggu tahu seribu kemudian praktek seribu ilmu tersebut.’ Maksudnya, kalau mau jadi Master dalam semua hal maka kuncinya adalah tiap mengetahui sesuatu langsung diterapkan saja maka lambat laun tanpa disadari pengetahuan anda sudah selangit.

Leave a Reply