(Last Updated On: April 19, 2019)

contoh usaha kreatif – Pernahkah bertanya pada diri sendiri akan jadi apa masa depan nanti, apakah sesuai keinginan atau malah sebaliknya? Maka dari itu, tidak salahnya untuk mencoba menjalankan usaha kreatif tanpa harus mengeluarkan modal besar. Banyak contoh usaha kreatif yang dapat dijalankan.

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial artinya saling membutuhkan satu sama lain. Lalu apa pentingnya menjadi pengusaha kreatif? Salah satunya memberikan manfaat kepada masyarakat, bayangkan jika bisnisnya sukses bisa memberikan lapangan kerja kepada orang lain. Maka akan dijelaskan beberapa contoh bisnis kreatif sebagai bekal untuk memulai.

Contoh usaha kreatif untuk anda mahasiswa yang ingin dicoba !

contoh usaha kreatif

1. Membuat Aksesoris Menggunakan Daur Ulang Sampah

Mungkin akan bertanya mengapa harus ikut serta dalam usaha bisnis industri, kenapa tidak yang lainnya? Selain menguntungkan, usaha kreatif ini relevan dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan pastinya tidak akan pernah berubah.

Contoh usaha kreatif pertama yaitu membuat aksesoris seperti tas, tempat tisu, dompet, dengan bahan daur ulang dari sampah. Tidak hanya menyelamatkan bumi dari efek globalisasi, melainkan ikut serta dalam membantu perekonomian masyarakat agar lebih baik lagi.

Hasil karya ini sangat banyak peminatnya, apalagi para wisatawan mancanegara dan untuk harga sekitar Rp 60.000. Biasanya sebagai buah tangan atau sekedar koleksi saja, sangat menjanjikan bukan?

2. Catering Makanan

Nah ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang bingung mau memulai bisnis apa, bisa ajak tetangga saudara, ataupun teman. Mungkin bisnis kreatif ini masih di anggap sebelah mata karena untung yang di dapatkan kurang memuaskan. Padahal jika ditekuni bersama tidak kalah menariknya sama bisnis yang lain.

Hanya modal pintar memasak dan memahami selera setiap konsumen, ada yang suka pedas maksimal, gurih, manis. Maka dari itu, dalam menjalankan bisnis catering ini diperlukan daya kreativitas dalam meramu bumbunya. Dan tentunya dapat memenuhi keinginan konsumen agar merasa puas.

Tentunya ini sebagai tantangan tersendiri dan tidak mudah memenuhi setiap selera konsumen. Tapi jadikan sebagai motivasi agar terus berkembang maju hingga mempunyai pelanggan setia.

3. Toko Roti

Apabila keahliannya membuat roti ataupun kue, mulai dengan usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Jika sudah menguasai dalam bidang ini bisa langsung membuat toko roti di tempat yang strategis, apalagi kalau sudah memiliki resep rahasia.

Walaupaun usaha bakery ini tergolong banyak pelakunya, tetapi tidak salah kan untuk mencobanya. Yang diperlukan adalah daya kreativitas agar mampu bersaing di luar sana.

Dan mampu menyesuaikan dengan harga di pasaran, jangan lupa cantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi sebagai aplikasi pesan antar, atau menerima dalam bentuk paket.

4. Jual Barang Tempo Dulu

Contoh usaha yang sangat menjanjikan selanjutnya yaitu menjual barang. Mungkin kebanyakan orang menganggap barang tempo dulu ini adalah rongsok, yang tidak ada nilainya sama sekali. Namun, ada juga orang yang sangat menyukainya sebagai hiasan di kamar, atau dijual kembali.

Padahal jika mengetahuinya secara mendalam lagi, barang antik memiliki harga yang begitu fantastis dan bisa miliyaran rupiah. Selain karena harganya yang begitu menjanjikan, barang yang satu ini mampu membawa pecintanya bernostalgia.

Mengenang masa-masa dulu, suasana yang sangat hangat yang tidak mampu dirasakan kembali pada zaman sekarang.Inilah yang membuat kolektor rela menghabiskan uangnya hanya untuk membeli barang yang di idamkan. Tak heran banyak kolektor yang telah sukses mendirikan toko barang antik.

5. Bisnis Es Krim Menggunakan Kulit Pisang

Ternyata tidak hanya buahnya yang kaya akan manfaat, tetapi kulit dari pisang juga bisa dijadikan sebagai olahan es krim yang lezat. Kandungan yang terdapat pada kulit pisang seperti vitamin A bagus untuk kesehatan mata, dan vitamin C sebagai pencegah sariawan.

Baru sedikit yang mencoba contoh usaha kreatifi tersebut, jika dipikir kembali ini bisa menjadi bisnis yang begitu inovatif tentunya sangat direkomendasikan melihat peluangnya yang cukup menjanjikan. Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu siapkan kulit pisang secukupnya, susu, bubuk coklat , dan tepung es krim.

Kemudian rebus kulit pisang dalam panci berukuran sedang  sekitar 10-15  menit. Setelah itu blender kulit pisang sampai halus, dan saring bahan yang halus tadi lalu ambil sarinya. Campurkan sari tadi dengan bahan lainnya, aduk sampai rata dan masukan ke dalam mesin pendingin.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian