(Last Updated On: Juli 23, 2019)

Curriculum vitae adalahDaftar riwayat hidup atau yang sering disebut dengan curriculum vitae adalah sebuah dokumen yang menggambarkan mengenai diri seseorang. Dokumen tersebut berisikan tulisan identitas diri seseorang baik riwayat pendidikan, pekerjaan maupun hal umum lainnya. Keberadaan curriculum vitae ini terbilang penting terlebih ketika seseorang sedang mencari pekerjaan. Hal tersebut yang biasa dijadikan hal utama untuk dipertimbangkan.

Karena keberadaan curriculum vitae ini terbilang penting, tentunya ketika membuat harus mempertimbangkan standar yang telah ditetapkan. Ketika daftar riwayat hidup ini dibuat secara maksimal, hal tersebut akan membuat penilaian yang positif terhadap diri anda. Untuk lebih lanjut mengenai curriculum vitae ini, simak informasinya berikut ini!

Kegunaan Dari Curriculum Vitae

curriculum vitae adalah

Curriculum vitae adalah kunci utama yang mampu menentukan seseorang akan diterima atau tidak ketika melamar pekerjaan. Ada beberapa kegunaan dari curriculum vitae ini, antara lain:

1. Untuk Mengetahui Latar Belakang Seseorang

Dalam curriculum vitae terdapat beberapa informasi dari seseorang. Hal tersebut meliputi latar belakang pendidikan maupun pengalaman kerja. Hal tersebut akan menjadi pertimbangan khusus bagi seorang HRD untuk mengetahui secara sekilas latar belakang yang dimiliki.

2. Mengetahui Kreativitas Seseorang

Kreativitas seseorang dapat terlihat hanya melalui sebuah curriculum vitae. Hal tersebut karena tampilan dari curriculum vitae seseorang akan berbeda-beda. Semakin unik daftar riwayat hidup yang dibuat, tentunya tingkat kreativitas seseorang akan semakin terlihat.

3. Mempermudah Dalam Melakukan Evaluasi

Dengan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae, sebuah perusahaan atau pihak pemberi kerja akan dengan mudah melakukan evaluasi kompetensi seseorang. Adanya bakat atau bahkan relevansi dengan peluang apa yang dibutuhkan dalam perusahaan akan dengan mudah ditemukan.

4. Mampu Mendiskripsikan Kemampuan

Dalam curriculum vitae, seseorang akan menuangkan apa yang menjadi kemampuan maupun keahlian mereka.  Hal tersebut biasanya terdapat pada riwayat pendidikan maupun kompetensi yang dimiliki. Bahkan kemampuan khusus yang diunggulkan juga degan mudah terlihat hanya dengan menuliskan apa yang menjadi keahlian mereka.

5. Mengetahui Minat Seseorang

Minat seseorang akan menjadikan jawaban apakah seseorang itu dapat dengan mudah melakukan apa yang seharusnya menjadi tugasnya tau bukan. Terkadang beberapa minat atau hobi menjadi pendukung terhadap suatu pekerjaan. Ketika minat mereka seusia, tentunya akan berpeluang besar dalam menjalankan pekerjaan yang hendak dilakukannya.

Bagaimana Membuat Curriculum Vitae Yang Baik?

Sebagus apapun keterampilan maupun kemampuan yang dimiliki oleh calon pelamar kerja, akan kalah bersaing ketika tidak mengerti cara membuat curriculum vitae yang baik. Hal ini karena curriculum vitae adalah langkah awal yang harus diunggulkan. Sebuah perusahaan akan melihat curriculum vitae anda sebelum bertemu langsung dengan anda. Hal ini menjadikan alasan mengapa harus membuat curriculum vitae semenarik mungkin. Nah, berikut beberapa hal yang akan menjadikan curriculum vitae anak terbilang baik bahkan menarik:

1. Mengunggulkan Keahlian Seperti Yang Ditawarkan Perusahaan

Semua keahlian terbilang bagus dan memiliki keunggulan masing-masing. Namun untuk membuat sebuah curriculum yang baik, hendaknya memunculkan keahlian seperti apa yang ditawarkan perusahaan. Hal ini akan menjadikan curriculum vitae anda lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya. Namun ketika keahlian yang tertulis tidak sesuai, tentunya untuk bisa lolos tahap berikutnya akan sengat minim.

2. Melengkapi Curriculum Vitae Secara Umum Dan Urut

Curriculum vitae tentunya akan dibaca oleh seseorang yang benar-benar telah ahli. Pastikan ketika melakukan penyusunan curriculum vitae tersebut, telah urut dan tidak membingungkan. Tulislah segala informasi umum yang memang harus ada pada curriculum vitae. Hak tersebut meliputi identitas diri, pendidikan, keterampilan, pelatihan, maupun informasi yang lainnya.

3. Pastikan Tidak Ada Kesalahan Ejaan

Dalam melakukan penulisan curriculum vitae, pastikan ditulis dengan rapi dan dibaca secara teliti. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan ejaan dalam curriculum vitae tersebut. adanya kesalahan menjadikan poin tersendiri yang sangat berakibat fatal pada aplikasi pelamar pekerjaan.

4. Menulis Secara Jelas

Terkadang ada beberapa perusahaan yang menginginkan curriculum vitae ditulis tangan dan bukan merupakan hasil ketikan. Untuk itu, pastikan anda menuliskannya secara jelas da rapi. Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan juga menggunakan tata bahasa Indonesia yang baku.

Karena curriculum vitae adalah dokumen ringkas yang bertujuan menjelaskan data diri seseorang, tentunya harus dibuat semenarik mungkin. Untuk itu pastikan membuatnya secara benar dan tepat agar terlihat sebagai diri yang berkualitas.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian