(Last Updated On: April 16, 2019)

Bisnis Kedai Kopi – Kopi merupakan salah satu minuman populer di Indonesia sejak dulu. Mulai dari kelas bawah hingga kelas atas, mereka semua menyukai kopi. Karena kepopulerannya, kini banyak pengusaha Indonesia memulai bisnis kopi, dari kedai kopi tradisional hingga kafe-kafe modern. Bisnis kedai kopi atau coffee shop adalah peluang besar dan menjanjikan. Namun, itu semua tergantung bagaimana cara Anda mengelola dan mengembangkannya. Lalu bagaimana cara memulai bisnis coffee shop atau kedai kopi? Ikuti tipsnya di bawah ini.

Bisnis Kedai Kopi

Modal Bisnis Kedai Kopi

Untuk memulai sebuah bisnis hal pertama yang terpikir pasti kita membutuhkan modal. Untuk memulai bisnis kedai kopi, modal Rp1 juta pun cukup. Seperti yang dikatakan Dibyo Atmadji, owner D’bjono Coffee dia mengatakan bahwa modal itu tergantung dari segmen pasar kita. Kalau bisnis kopi itu sebenarnya modalnya cuma 2, kopi dan air (panas) saja. Kalau mau pakai alat racik manual yang sederhana, asal sudah ada tempatnya modal Rp 1 juta pun cukup untuk beli alatnya dan bahan baku”. Mulailah dengan kedai kopi sederhana dan jangan pernah paksakan untuk membuat kedai kopi yang mewah. Bagaimanapun Anda harus melihat bagaimana kemampuan Anda.

Target Konsumen Kedai Kopi

Seperti yang sudah sempat disinggung diatas, kita harus melihat segmen dan menetukan segmen pasar kedai kopi kita. Setelah anda mengetahui segmen pasar dan target konsumen, Anda harus mulai menganalisa behaviour pelanggan anda, berapa penghasilannya, apa yang merekasuka mengenai cita rasa kopi, dan apakah mereka sudah berkerja atau masih mahasiswa ? Dengan anda memahami konsumen anda dan apa yang mereka mau, anda sudah 1 step lebih baik dari pada kedai kopi lainnya diluar sana. Dengan begitu desain kedai kopi dan juga menu dan harga bisa anda buat dan sesuaikan dengan target pasar anda.

Mencari Supplier Kedai Kopi

Untuk memulai sebuah bisnis kedai kopi, hal yang harus dipersiapkan adalah supplier selain modal. Untuk mencari pastinya anda harus mencari yang tepat dan sesuai dengan target konsumen anda. Karena harga akan sangat menetukan juga jika anda memilih suplier yang salah. Selain itu juga kualitas dari setiap suplier berbeda dan kelebihan kopi mereka juga masing masing berbeda.

Selain memikirkan kualitas dari kopi, anda juga harus memikirkan bagaimana suplier ini dapat memasok anda dengan rutin atau tidak, jika terjadi masalah atau sampai tidak dapat supply secara berkala, maka itu akan menghambat bisnis anda. Selain itu juga anda juga harus memiliki suplier yang terpercaya dan paling cocok untuk anda ajak kerjasama.

Konsep Bisnis Kedai Kopi

Untuk meminimalkan persaingan dan menambah nilai plus dari bisnis kedai kopi, Anda harus membuat konsep yang berbeda dari kedai lain. Selain membedakan jenis kopi yang anda jual, juga anda bisa membedakan menu dan juga campuran dari minuman yang anda sajikan.

Membuat konsep bisnis sangat penting untuk meningkatkan nilai dari kedai anda, karena itu jangan malas untuk memikirkan konsep ide bisnis. Misalnya, Anda ingin membuat konsep sederhana dengan pangsa pasar anak muda, maka anda bisa membuat menu dan juga tempat yang menarik bagi anak muda. Konsep seperti menu yang unik bisa anda pakai, dan juga tempat yang instagramable agar anak muda tertarik untuk mengunjungi kedai anda.

Lokasi Bisnis Kedai Kopi

Sebenarnya kita selalu tau bahwa tempat dan lokasi strategis adalah salah satu faktor yang bisa membuat bisnis anda terus berkembang atau tidak. Jika anda memiliki kedai kopi yang sederhana mungkin anda harus memilih tempat yang lebih banyak orang seperti di dekat kampus atau dekat sekolahan. Tetapi jika anda memiliki konsep kafe yang lumayan bisa menjual konsep yang baru, anda bisa mencari tempat seperti di daerah yang lebih elite seperti di mall atau mencari lokasi yang strategis.

Promosi Bisnis Kedai Kopi

Agar brand kopi atau kedai kopi anda di kenal banyak orang, anda harus melakukan promosi. Banyak cara untuk melakukan promosi seperti beriklan di media sosial atau anda bisa membuat website sendiri. Anda juga bisa mempromosikan kedai kopi anda dari mulut ke mulut, menggunakan sosial media instagram agar lebih banyak orang melihat, dan menggunakan promosi seperti harga diskon atau gratis minuman untuk yang sedang merayakan event tertentu. Selain promosi di sosial media, anda bisa juga melakukannya dengan bantuan social media agency.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kedai kopi. Setelah bisnis Anda berhasil dijalankan dengan baik, Anda juga harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan. Dengan laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi keuangan hingga membuat keputusan ketika ingin mengembangkan bisnis. Untuk membuat laporan keuangan dengan mudah dan instan, Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi Jurnal. Dengan mendaftarkan perusahaan ke Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis Anda di mana pun dan kapan pun. Jurnal juga memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda mengelola bisnis, misalnya memonitor stok barang, mengirim invoice, dan lain sebagainya.


Shannaldo Karsten

Selamat datang di Blog ini! Salam Kenal! Saya adalah seorang pengusaha di Surabaya yang sekarang juga aktif sebagai Internet Marketer. Pada blog ini saya ingin membantu Anda untuk bisa mengerti dan memulai berBisnis Online...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish